Sukses

Parenting

Benarkah ASI Bikin Anak Makin Cerdas? Cek Faktanya

Fimela.com, Jakarta ASI atau Air Susu Ibu merupakan sumber nutrisi utama pada bayi yang baru lahir. Ahli kesehatan merekomendasikan ibu agar memberikan ASI Eksklusif ke bayi setidaknya selama 6 bulan usia pertamanya. ASI sebaiknya juga diteruskan hingga anak berusia 2 tahun. Ditambah dengan pemberian MPASI atau Makanan Pendamping ASI yang seimbang. 

Memberikan ASI Eksklusif ke bayi, ini akan memberikan banyak manfaat. Bayi dipercaya akan lebih sehat secara fisik pun psikis. Bayi juga akan memiliki tumbuh kembang yang optimal di 1000 hari pertamanya. Beberapa orang juga percaya jika ASI bisa bikin anak makin cerdas. Namun, benarkah demikian?

ASI Asupan Paling Sempurna untuk Si Kecil

Penelitian menemukan jika ASI adalah asupan paling sempurna untuk bayi. Mengutip dari laman parents.com, di 6 bulan pertama usianya, ASI adalah makanan serta minuman terbaik untuk bayi. Tapi harus diingat, ASI ini sebaiknya didapat dari asupan makanan dengan nutrisi seimbang oleh ibu. 

Selama menyusui, penting bagi Mom untuk lebih memperhatikan asupan makanan yang masuk ke tubuhnya. Semakin baik kualitas dan nutrisi makanan yang dikonsumsi, maka akan semakin baik kualitas ASI yang dihasilkan. 

ASI adalah sumber nutrisi dengan kandungan tepat untuk bayi. ASI juga mengandung lemak yang sesuai dengan kebutuhan harian bayi. Sejauh ini, studi menemukan jika ASI mengandung antibodi dan enzim yang sangat baik dalam menunjang tumbuh kembang bayi. ASI juga mengandung beberapa senyawa yang sangat penting untuk tumbuh kembang otak. Mengingat begitu banyaknya nutrisi di dalam ASI, tak heran jika ia menjadi salah satu asupan nutrisi yang mampu mencerdaskan otak anak. 

Kecerdasan Anak Dipengaruhi Oleh Banyak Hal

Penelitian menemukan jika ASI saja tidak cukup mendukung untuk membuat anak semakin cerdas. Ada banyak hal lain yang dikatakan berpengaruh besar terhadap kecerdasan anak. Beberapa hal yang berpengaruh pada kecerdasan anak tersebut antara lain sebagai berikut: 

  • Genetik. Anak yang terlahir dari orangtua cerdas, besar kemungkinan juga akan menjadi anak yang cerdas. Genetik berpengaruh besar terhadap apapun dalam diri seseorang. 
  • Asupan nutrisi sehari-hari anak. Makan makanan dengan nutrisi seimbang, bisa meningkatkan kecerdasan anak. Ini juga bisa mendukung tumbuh kembangnya dengan lebih baik. 
  • Lingkungan. Para ahli percaya jika lingkungan berpengaruh besar terhadap kecerdasan anak. Lingkungan yang bersih, sehat dan menyenangkan, bisa membuat anak semakin cerdas, berwawasan luas dan bahagia. 
  • Pola asuh orangtua juga berpengaruh pada kecerdasan anak. Anak yang diasuh dengan penuh kesabaran, cinta dan kasih sayang, lebih mungkin memiliki kecerdasan yang lebih baik. 
  • Stimulasi. Perkembangan saraf di otak berlangsung lebih cepat dan kompleks ketika buah hati diberikan stimulasi yang tepat. Tanpa stimulasi, perkembangan otaknya tidak akan melaju pesat dan cenderung terhambat.
  • Kesehatan. Kesehatan anak berperan penting pada kecerdasannya. Anak yang sehat, bebas dari berbagai masalah kesehatan, lebih mungkin memiliki otak cerdas.

Itulah sekilas mengenai kecerdasan anak dan juga pengaruh ASI untuknya. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading