Sukses

Parenting

5 Superfood untuk Bayi yang Memaksimalkan Tumbuh Kembangnya

Fimela.com, Jakarta Pada 1000 hari usia pertamanya, bayi perlu mendapat perawatan, stimulasi dan asupan nutrisi terbaik. Ini agar ia memiliki tumbuh kembang yang lebih optimal. Sangat penting bagi orangtua untuk memilihkan makanan terbaik untuk bayi. Mengutip dari laman parents.com, makanan yang masuk ke tubuh bayi, berperan penting untuk tumbuh kembangnya. Ini juga berperana penting dalam mengoptimalkan kesehatan fisik pun psikisnya. 

Ada beberapa makanan terbaik yang bisa diberikan ke bayi. Makanan ini bahkan bisa diberikan ke bayi sejak hari pertama mendapat MPASI. Selain sangat sehat, aneka makanan ini juga memiliki tekstur yang tepat untuk sistem pencernaan bayi yang belum sepenuhnya sempurna. Apa saja makanan tersebut? Simak yang berikut ini.

Pisang

Makanan pertama yang terbaik ada pisang. Pisang mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi. Pisang juga memiliki tekstur yang lembut, cita rasa yang tepat dan beragam vitamin terpenting untuk bayi. Salah satu jenis pisang terbaik yang bisa diberikan ke bayi adalah pisang ambon. Pisang juga bisa diberikan sebagai finger food untuk bayi dengan metode BLW (Baby Led Weaning).

Ubi Jalar

Makanan terbaik selanjutnya yang bisa diberikan ke bayi ada ubi jalar. Makanan ini mengandung karbohidrat, serat dan berbagai vitamin. Ubi jalar kukus, juga memiliki tekstur yang lembut. Ini bahkan mengandung gula alami yang sangat baik untuk mengoptimalkan tumbuh kembang bayi. Mom bisa menjadikan ubi jalar sebagai menu MPASI bayi atau camilan untuknya. 

Alpukat

Buah alpukat adalah makanan terbaik untuk bayi selanjutnya. Asam folat, serat dan berbagai vitamin pada buah ini begitu penting untuk tumbuh kembang bayi. Buah alpukat juga menjadi buah yang tinggi lemak sehat di dalamnya. Ini memiliki tekstur yang lembut dan cita rasa yang disukai oleh semua kalangan. Jika ingin memberikan menu MPASI terbaik untuk buah hati, jangan lupa masukkan alpukat ke daftar makanan hariannya.

Telur

Telur juga menjadi makanan terbaik untuk bayi. Telur mengandung berbagai nutrisi terbaik untuk tubuh. Telur juga sebagai sumber nutrisi yang bisa mencerdaskan otak. Ini bahkan bisa mencegah risiko alergi pada bayi. Tapi ingat, pastikana telur dimasak hingga benar-benar matang sebelum diberikan ke buah hati.

Wortel

Wortel adalah sayuran yang sebaiknya diberikan rutin ke bayi. Wortel mengandung berbagai nutrisi dan vitamin yang bermanfaat mengoptimalkan tumbuh kembang bayi. Wortel baik untuk menjaga kesehatan kulit, mata dan organ tubuh bayi secara keseluruhan. Wortel bahkan menjadi salah satu sumber makanan yang bisa mencerdaskan otak bayi. 

Itulah sekian makanan terbaik atau superfood yang memiliki segudang manfaat untuk bayi. Selain makanan di atas, ikan laut, yogurt, keju, kacang-kacangan, brokoli dan daging ayam juga dikatakan sebagai superfood untuk bayi. Yuk Mom, senantiasa berikan nutrisi terbaik untuk buah hati di rumah. Selain meningkatkan tumbuh kembangnya, nutrisi yang baik akan mencegah bayi dari risiko stunting. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading