Sukses

Parenting

5 Cara Mengenalkan Makanan Baru kepada Bayi

Fimela.com, Jakarta Untuk memastikan si kecil mendapat gizi dan nutrisi yang cukup, kita perlu memberikan makanan yang tepat. Memilih dan menyajikan makanan bergizi sangat penting untuk mendukung tumbuh kembang bayi. Namun, bagaimana jika bayi malah rewel dan tak mau makan?

Memperkenalkan makanan baru pada bayi memang tak selalu mudah. Namun, ada sejumlah strategi sederhana yang bisa dicoba agar bayi mau mencoba makanan baru. Seperti yang dirangkum dari buku Parenting tanpa Galau, berikut lima cara yang bisa dicoba.

1. Kenalkan Satu Per Satu

Perkenalkan jenis makanan satu per satu. Tak perlu langsung mencampur semua jenis makanan untuk diberikan sekaligus pada si kecil. Beri waktu dan kesempatan pada bayi untuk mengidentifikasi rasa makanan baru yang diperkenalkan.

2. Beri Waktu Lebih Lama pada Pengenalan Sayur

Untuk mengenalkan sayur, beri waktu yang lebih lama agar anak suka sayur di kemudian hari. Berikan 2-3 jenis sayuran dalam waktu sepekan. Baru setelahnya bisa dilanjutkan dengan memperkenalkan buah dan makanan lain.

 

 

3. Beri Rentang Waktu antar Jenis Makanan

Usahakan untuk memberi rentang waktu dalam pengenalan jenis makanan baru. Satu jenis makanan bisa diberikan 2-3 hari berturut-turut. Lalu bisa diselingi misalnya dengan sereal polos atau bubur susu, lalu baru beralih ke puree wortel.

4. Perhatikan Reaksi Alergi

Tiap kali mengenalkan jenis makanan baru, perhatikan ada tidaknya reaksi alergi. Ini juga yang menjadi alasan makanan perlu diperkenalkan satu per satu untuk memudahkan kita melacak dan mencari tahu apakah si kecil punya alergi terhadap makanan tertentu.

5. Ajak Anak Makan Bersama

Pengalaman makanan sebisa mungkin dibuat dengan cara menyenangkan. Ajak anak makan bersama. Serta, ciptakan suasana yang nyaman agar anak mau mencoba makanan baru yang diperkenalkan.

Itu tadi lima cara sederhana yang bisa dicoba dalam mengenalkan makanan baru kepada bayi. Semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat, ya!

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading