Sukses

Parenting

Punya Family Time yang Asik Bantu Bentuk Karakter Anak yang Kuat Hadapi Tantangan Hidup

Fimela.com, Jakarta Masa tumbuh kembang anak tidak hanya dipengaruhi oleh asupan yang dikonsumsi dan pola pengasuhan yang tepat. Perhatian dan waktu berkualitas yang diberikan untuk anak turut membantu perkembangan anak secara psikologis.

Jika tidak bisa memberikan waktu berkualitas di hari biasa karena pekerjaan, orangtua tetap bisa memberikan waktu di akhir pekan sepenuhnya untuk anak dan anggota keluarga. Menghabiskan akhir pekan bersama-sama dengan anggota keluarga dapat meningkatkan hubungan antara orangtua dan anak yang akan berpengaruh terhadap kepribadian sang anak.

Psikolog Klinis Anna Surti Ariani atau yang akrab disapa Nina menjelaskan setiap keluarga memang harus menyediakan 'family time' atau waktu yang disiapkan secara khusus untuk berkumpul satu sama lain. Family time mampu memberikan rasa aman dan nyaman bagi anak. Dampaknya, anak bisa memiliki pondasi karakter yang kuat.

"Kedekatan keluarga bisa membantu anak memiliki pondasi yang kuat dari dirinya. Karena salah satu pondasi anak itu adalah orangtua dan keluarganya," ujar Nina.

 

Manfaat punya family time

Rasa nyaman yang didapat anak melalui family time bisa memberikan rasa aman yang menjadi dasar pembentukan karakter anak ketika dewasa nanti. Anak-anak yang telah terpenuhi waktunya bersama keluarga akan memiliki rasa percaya diri yang baik sehingga lebih mudah menerima kehadiran orang lain.

"Anak jadi merasa secure, punya rasa percaya terhadap orang lain di sekitarnya dan rasa percaya diri sendiri," ujarnya.

Nina menuturkan, kasih sayang orang tua melalui waktu yang diberikan bisa menjadi dasar pembentukan kepribadian anak yang lebih matang. Anak akan bisa menghormati orang lain dan juga dirinya sendiri. Anak yang berkembang dengan rasa aman dan nyaman terutama di 12 tahun pertama akan memiliki perkembangan psikologis hingga fisik yang lebih baik.

"Penting sekali untuk keluarga punya waktu berkumpul. Memang perlu ada family time yang disarankan dilakukan saaat waktu luang seperti saat weeekend atau akhir pekan," ujarnya.

Di saat semua anggota keluarga memiliki waktu untuk satu sama lain seperti di akhir pekan, usahakan untuk berinteraksi lebih intim dengan menjauh dari gawai. Banyak cara yang bisa dilakukan seperti berpergian bersama, bermain di luar rumah, hingga berekreasi ke tempat-tempat baru yang ramah bagi keluarga.

 

Ide Family Time

Jika bosan family time di rumah, kamu bisa mengajak anggota keluarga mengunjungi Canna Sunday Festival 2023 yang berlangsung di Canna Beach Club Bali, hari ini (26/2/2023).

Canna SunFest merupakan kegiatan yang tepat untuk keluarga bersama-sama menghabiskan akhir pekannya. Dengan mengusung budaya Bali yang kental, setiap anggota keluarga yang mengunjungi Canna SunFest bisa merasakan pengalaman menarik seperti kelas yoga, bootcampt anak, mejejahitan dari potongan bahan daun, membuat gebogan, mengikuti kelas gamelan, bermain voli pantai, kelas tari, live musik dan hingga DJ di malam hari.

"SunFest ini kami buat dengan konsep yang menarik agar seluruh keluarga bisa menghabiskan akhir pekannya bersama-sama. Acara berlangsung dari pagi hingga malam," jelas Head of Marketing & Public Relation Canna Bali Pipit Djatma.

 

Festival ramah keluarga

Direktur Marketing dan Public Relation Canna Bali Kiki Utara menjelaskan SunFest merupakan kegiatan akhir pekan teraman dan ternyaman yang ramah bagi seluruh anggota keluarga. Tim Canna Bali telah memastikan semua pihak yang terlibat dalam SunFest adalah pihak yang profesional dan ahli dibidangnya masing-masing.

"Jadi ini adalah festival terbaik untuk keluarga. Jangan khawatir dengan keamanannya, kami telah bekerjasama dengan ahli yang sangat profesional di bidangnya. Dan tim kami juga memastikan semuanya aman dan terjamin sebelum acara berjalan di hari H," jelas Kiki Utara.

Canna Bali merupakan beach club ramah keluarga yang berlokasi di kawasan Nusa Dua, Bali yang menghadap langsug ke arah pantan laut lepas dengan pasir putih yang cantik dan lembut. Siapa pun yang berkunjung akan dimanjakan oleh keindahan pantai sekitar dari beach club berkelas tersebut.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading