Sukses

Parenting

5 Tanda Anak yang Cerdas Dilihat dari Perkembangan Unggulnya

Fimela.com, Jakarta Membahas soal kecerdasan, bakat, dan talenta cakupannya bisa sangat luas. Termasuk bahasan tentang anak berbakat. Memiliki anak yang berbakat bisa membantu kita sebagai orangtua untuk mengarahkan dan mengoptimalkan kelebihannya untuk menjadi pribadi yang sukses di masa depan.

Sebelumnya, mari kita pahami dulu soal anak berbakat. Mengutip buku The Introvert Advantage, seorang anak berbakat diperkirakan mempunyai gen bawaan yang menyebabkan otak mereka berkembang dengan lebih cepat dan lebih unggul. Penggabungan fungsi kognitif, emosi, fisik, dan intuisi mereka mengahsilkan kecerdasan tinggi. Anak berbakat bisa memiliki perkembangan yang lebih unggul dan mencerminkan kecerdasan yang lebih tinggi. Tanda-tandanya bisa dilihat dari hal-hal berikut ini.

1. Memiliki Pemikiran Abstrak yang Lebih Baik

Tanda seorang anak berbakat adalah punya pemikiran abstrak yang unggul. Dia memiliki keahlian dalam menyelesaikan masalah. Selain itu, dia memiliki perkembangan signifikan dalam masa pertumbuhan. Rasa ingin tahu anak pun sangat tinggi.

2. Memiliki Perkembangan Bahasa yang Dini

Perkembangan bahasa yang dini dan luas juga bisa menjadi tanda anak berbakat. Ada kemampuan berbahasa yang lebih baik yang dimilikinya. Ketika masih kecil, anak mampu mengenali pengasuhnya atau orang yang terbiasa mengasuhnya sejak dini seperti dengan tersenyum. Selera humor yang tinggi juga bisa mencerminkan anak yang cerdas.

3. Memiliki Perkembangan Ingatan yang Sangat Baik

Ingatan yang sangat baik juga tanda anak berbakat. Anak berbakat juga ditandai dengan tingkat aktivitas tinggi. Reaksinya terhadap suara, rasa sakit, atau frustrasi juga cepat. Ketika saat masih bayi membutuhkan waktu tidur yang lebih sedikit, ini juga bisa jadi tanda anak berbakat.

4. Memiliki Perkembangan Tingkat Kewaspadaan yang Tinggi

Anak yang menunjukkan tingkat kewaspadaan yang tidak biasa saat masih bayi juga bisa menjadi tanda anak berbakat. Sikap yang sensitif dan memiliki rasa iba juga tanda kecerdasan anak. Bahkan sisi perfeksionis anak juga bisa pertanda dirinya punya bakat tertentu.

5. Memiliki Kemampuan Berkonsentrasi yang Baik

Coba perhatikan kemampuan anak dalam berkonsentrasi. Anak yang mampu berkonsentrasi pada topik atau kegiatan yang menarik minat untuk waktu yang lama juga tanda dirinya memiliki kecerdasan. Daya imajinasi yang tinggi juga bisa menjadi kelebihannya sendiri.

Perkembangan unggul anak bisa menjadi tanda ada kelebihan dan potensi anak yang bisa dioptimalkan jadi lebih baik. Dampingi anak dan senantiasa bantu anak untuk bisa tetap nyaman menjadi dirinya sendiri dan bisa sukses dengan potensi dirinya sendiri.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading