Sukses

Parenting

9 Rekomendasi Buku Parenting Bagus untuk Para Calon Orangtua

Fimela.com, Jakarta Menjadi orangtua berarti siap untuk senantiasa memelajari hal-hal  baru. Mengasuh, mendidik, dan membesarkan anak jelas bukan tugas yang mudah. Ada begitu banyak hal yang perlu dipelajari. Ada begitu banyak hal baru yang perlu dipahami.

Membekali diri dengan pengetahuan yang cukup soal mendidik anak sangatlah penting. Kita pun bisa membekali diri dengan membaca buku-buku bertema parentingKali ini, Fimela punya sembilan rekomendasi buku bagus yang bisa jadi referensi untuk lebih memahami dunia parenting. Para calon orangtua, calon ibu, hingga yang sudah menjadi orangtua pun bisa mendapat banyak pemahaman baru melalui buku-buku berikut ini. Selengkapnya, langsung saja simak uraiannya di bawah ini. 

1. Good Childhood Memories

Menghadirkan dan memberikan kenangan baik dan positif pada anak-anak bisa memberi dampak yang luar  biasa untuk tumbuh kembangnya kelak. Orangtua punya peran penting untuk menghadirkan kenangan-kenangan baik untuk anak. Hanya saja, tak semua orangtua merasa sempurna tetapi itu bukan halangan untuk mengusahakan yang terbaik dalam menghadirkan kenangan baik untuk buah hati tercinta. Buku ini berisi pengalaman penulis terkait mengasuh dan membesarkan anak dengan kenangan-kenangan baik. Ada sejumlah kiat serta panduan sederhana yang bisa diikuti untuk membesarkan anak dengan perasaan bahagia dan kenangan indah. 

2. Self Theories

Menjadi orangtua berarti siap untuk membimbing dan memandu anak untuk tumbuh dengan optimal. Buku ini berisi hasil riset selama 30 tahun yang menyorot cara orang berpikir dan bertindak. Tak hanya cocok dibaca oleh para peminat psikologi sosial atau pendidik saja, buku ini juga sangat membantu para orangtua untuk bisa memahami karakter dan kepribadian anak. 

3. Bringing Up Bebe

Ada buku menarik soal pengasuhan anak ala Prancis. Judulnya Bringing Up Bébé, Rahasia Kedamaian Pengasuhan ala Prancis. Buku ini ditulis oleh Pamela Druckerman seorang mantan reporter The Wall Street. Setelah dipecat dari pekerjaannya, ia pindah ke Prancis dan tinggal di apartemen bersama Simon, jurnalis Inggris yang telah membuatnya jatuh cinta. Tak lama kemudian, ia pun mengandung dan memiliki anak. Setelah melahirkan anak pertama, Pamela melahirkan anak kembar. Membesarkan tiga anak di Prancis memberinya banyak pengalaman baru sekaligus memahami gaya pengasuhan ala Prancis.

4. Mommyclopedia, 567 Fakta tentang MPASI

Pada usia berapa bayi perlu diberi makanan pendamping ASI (MPASI)? Seberapa penting peran MPASI pada tumbuh kembang anak? Apa yang terjadi bila kita salah langkah dalam pemberian MPASI? Perlu kita tahu bahwa seribu hari pertama kehidupan sejak janin masih berada dalam kandungan hingga anak berusia dua tahun adalah periode penting dalam menentukan kesehatan, pertumbuhan, dan perkembangan saraf optimal. Buku Mommyclopedia, 567 Fakta tentang MPASI ini hadir untuk memberi sejumlah informasi penting tentang MPASI dalam perannya untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak pada periode emasnya.

5. Mommyclopedia: 78 Resep MPASI

Mommyclopedia: 78 Resep MPASI, buku yang satu ini merupakan buku yang sangat bagus untuk membantu para orangtua membuat MPASI dengan porsi dan kandungan nutrisi yang tepat. Buku ini diawali dengan penjelasan pentingnya pemberian MPASI pada bayi. Serta, dijelaskan pula soal MPASI yang mengandung zat gizi yang lengkap dan seimbang.

6. The Montessori Toddler, Simone Davies

The Montessori Toddler, buku ini memuat berbagai informasi penting terkait ide aktivitas Montessori yang sesuai dengan perkembangan anak, prinsip-prinsip penting untuk membangun rasa ingin tahu anak, manfaat keterampilan dasar Montessori untuk masa depan anak, berbagai cara dan pendekatan yang bisa dilakukan dalam menghadapi perilaku anak, mengarahkan anak untuk memiliki keterampilan serta sikap positif yang dapat menjadi bekal pentingnya saat dewasa nanti, hingga inspirasi-inspirasi terkait menerapkan metode Montessori di rumah.

7. Parenting tanpa Galau, Hadapi Tumbuh Kembang Anak 0-3 Tahun

Saat pertama kali punya momongan seringkali orangtua bingung memastikan tumbuh kembang si kecil berjalan dengan baik. Belum lagi dengan berbagai permasalahan baru yang harus dihadapi untuk pertama kalinya, mulai dari perawatan si kecil sehari-hari hingga memantau tumbuh kembang si kecil. Buku Parenting tanpa Galau hadir untuk memberi informasi ringkas dan komprehensif terkait tumbuh kembang bayi usia 0-3 tahun.

8. Prenatal Gentle Yoga

"Melahirkan dengan nyaman, lancar, bahkan nikmat adalah impian semua wanita di dunia," itu sepenggal kalimat yang ada dalam buku Prenatal Gentle Yoga. Buku yang ditulis oleh penulis buku mega bestseller #BEBASTAKUT HAMIL DAN MELAHIRKAN ini memuat info penting dan lengkap mengenai proses yang perlu dilakukan untuk berhasil melakukan gentle birth. Untuk bisa mendapatkan proses persalinan lembut yang minim trauma, baik bagi ibu maupun bayi, juga bagi ayah, keluarga, dan bidan atau dokter yang merawat tentu butuh sejumlah persiapan yang baik dan benar.

9. 9 Bulan Menjalani Kehamilan dan Persalinan yang Sehat

Buku 9 Bulan Menjalani Kehamilan dan Persalinan yang Sehat hadir untuk membantu para calon ibu dan ayah dalam mempersiapkan kehadiran buah hati tercinta. Bagi yang baru pertama kali menjalani kehamilan biasanya akan mengalami berbagai macam keresahan dan kekhawatiran. Penting sekali membekali diri dengan ilmu mengenai menjalani kehamilan yang sehat serta mencegah terjadinya berbagai komplikasi yang mungkin terjadi.

Semoga rekomendasi buku-buku di atas bisa jadi referensi bermanfaat, ya. Happy reading!

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading