Sukses

Parenting

8 Nutrisi Wajib untuk Ibu Hamil, Cegah Kenaikan Berat Badan Berlebih

Fimela.com, Jakarta Saat hamil seorang ibu tentu mengalami kenaikan berat badan, hal ini tentu wajar. Sayangnya, masih banyak ibu mengalami kenaikan berat badan yang berlebih.  Hal ini dikarenakan penambahan kuantitas konsumsi makanan tanpa memerhatikan jenis nutrisi yang tepat dapat menimbulkan berat badan berlebih.

Data Maternal Nutrition Southeast Asia Regional Report 2021 tentang Nutrisi Ibu dan Makanan Pendamping, Indonesia mencatatkan maternal overweight (kelebihan berat badan pada ibu hamil dan paska melahirkan) tertinggi di antara enam negara lain di Asia Tenggara. 

Padahal, kenaikan berat badan berlebih bisa menyebabkan seorang ibu hamil mengalami preeklamsia, diabete s , kelahiran bayi dengan pembedahan, pramatang, hingga kemarian. Maka dari itu, kenaikan berat badan perlu diperhatikan selama kehamilan. 

Pemenuhan jenis nutrisi yang kurang tepat juga tentunya memberikan risiko bagi janin, yakni gangguan tumbuh kembang setelah lahir atau stunting. Pencegahan stunting perlu dilakukan sejak 1,000 hari pertama kehidupan – dimulai dari awal masa kehamilan.

dr. Boy Abidin, SpOG(K)-FER menyampaikan kebutuhan gizi berubah saat kehamilan. Ini masa yang penting untuk ibu dan cabang bayi. Maka dari itu sebaikanya mengonsumsi makanan dengan gizi cukup dan seimbang agar berat badan tidak kurang dan berlebih.

“Biasanya kalau anak pertama semua dimakan, padahal sebaiknya yang penting gizi cukup seperti konsumsi daging, telur, sayuran, buah, atau susu,” ujar dr. Boy dalam peluncuran sisu Anmum Lite. 

dr. Boy juga mengatakan pada masa kehamilan, tubuh ibu membutuhkan asupan nutrisi makro dan mikro. Ada delapan yang harus dipenuhi seperti protein  bermantaat untuk membangun &memperbalkin Jaringan tubuh. Proteín merupakan salah satu komponen essentlal dalam pertumbuhan & perkembangan anak.

 Zat besi membantu pembentukan hemoglobin, zinc berkontribus terhadap  fungsi normal daya tahan tubuh, jlka disertal dengan diet seimbang. Asam folat untuk membentuk sel darah merah dan mememilhara pertumbuhan dan perkembangan janin.

Kalsium untuk membentuk dan mempertahankan kepadatan tulang dan gigi, Vitamin B 6 untuk membantu metabolisme energi dan pembentukan jaringan, B 12 membantu sel darah merah. Serat pangan membantu memelihara fungsi pencernaan. Ioudium untuk pembentukan hormon tiroid. 

“Penambahan berat badan yang sehat dan pemenuhan nutrisi yang tepat dibutuhkan untuk kehamilan yang sehat,” paparnya. 

Mencapai kehamilan yang sehat

Untuk mencapai kehamilan yang sehat, ibu hamil sebaiknya tetap melakukan olahraga ringan seperti yoga dan senam, sekaligus menjaga pola makan bergizi seimbang. 

dr. Boy menyarankan makan sesuai dengan tumpeng gizi seimbang dari Kementerian Kesehatan yang sudah memetakan porsi ideal dari tipe-tipe makanan bisa menjadi sumber referensi terbaik dalam mengatur pola makan yang tepat pada masa kehamilan. Kuncinya ada pada variasi dan jumlah makanan yang dikonsumsi, serta aktivitas fisik sesuai kondisi tubuh.

“Konsumsi makanan minuman bukanlah tentang kuantitas, namun lebih kepada kualitas,” paparnya. 

dr. Boy menambahkan mombinasi makanan dengan susu kehamilan bisa menjadi solusi bagi ibu hamil yang ingin memenuhi nutrisi lengkap tapi kesulitan memenuhi asupan dari makanan pokok karena merasakan mual dan tantangan lainnya. 

“Susu kehamilan bisa menjadi pilihan dalam meyakinkan kebutuhan gizi tubuh ibu hamil dan janin terpenuhi.” tambah dr. Boy.

Haryadi Raharjo, Scientific & Nutrition Manager, Fonterra Brands Indonesia menyampaikan memenuhi kebutuhan ibu hamil, Anmum memperkenalkan susu ibu hamil rendah lemak. Anmum Lite yang mengandung nutrisi lengkap dengan kandungan 25% lebih rendah lemak, tanpa tambahan gula, dengan total 100 kkal per gelasnya. 

Dilengkapi dengan nutrisi kehamilan yang diperlukan ibu yakni 8 zat gizi makro dan mikro Pemenuhan variasi nutrisi tersebut mendukung delapan (8) tanda kehamilan yang sehat, berkembangnya otak janin, pertumbuhan sel-sel janin, munculnya fungsi otot, fungsi pencernaan dan fungsi imunitas yang baik, adanya metabolisme energi, kepadatan tulang dan gigi, hingga terhindar dari anemia.

“Meminum Anmum Lite dua gelas sehari nutrisinya setara dengan konsumsi 1 porsi makanan tambahan gizi seimbang ibu hamil, tentunya dengan kandungan lemak yang lebih rendah. Dengan rasa coklat premium yang lezat, karena campuran rasa manis dan gurih yang pas untuk mencegah mual pada ibu,” paparnya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading