Sukses

Parenting

10 Tanda Anak Memiliki Otak Cerdas, Daya Pikirnya Cemerlang

Fimela.com, Jakarta Anak adalah anugerah terindah bagi setiap orangtua. Apalagi, jika anak ini tak hanya memiliki tumbuh kembang yang baik, tapi juga memiliki otak cerdas dengan daya pikir cemerlang. Anak-anak dengan kecerdasan di atas rata-rata, selalu berhasil membuat kedua orangtuanya bangga. 

Mengenai anak cerdas, pada dasarnya setiap anak memiliki potensi kecerdasan masing-masing. Setiap anak memiliki kecerdasan maksimal yang tak sama antara anak satu dengan anak yang lain. 

Dan mengenai kecerdasan anak, mengutip dari laman parents.com, ada beberapa tanda yang menunjukkan anak memiliki otak cerdas. Beberapa tanda ini menunjukkan bahwa anak memiliki daya pikir yang cemerlang dan mengesankan. Apa saja tandanya? Simak yang berikut dan cari tahu di buah hati Mom ya. 

Komunikasi yang Baik

Ketika anak memiliki kemampuan komunikasi yang baik, ini menandakan bahwa ia cukup cerdas. Anak ini bisa memahami dan merespon apa yang dikatakan orang lain padanya. Anak ini bahkan bisa memahami apa yang dikatakan orangtua sejak usianya 1 tahun. 

Berkepribadian Kuat Secara Emosional

Studi menemukan jika anak yang cerdas memiliki kepribadian kuat secara emosional. Mereka mengerti dan memahami dengan baik sikap positif pun negatif dari orang-orang di sekitarnya. Mereka juga memiliki pemikiran yang matang, meski usianya masih cukup dini. 

Responsif

Beberapa ahli mengungkapkan jika anak cerdas sangat responsif terhadap sekitarnya. Mereka bisa memahami keadaan sekitar dengan baik. Mereka juga menyimak orang yang sedang mengajaknya berbicara. Mereka akan menatap mata orang yang sedang mengajaknya bicara. 

Memiliki Milestone Lebih Awal

Anak dengan otak cerdas dan daya pikir cemerlang akan menunjukkan milestone yang lebih awal dibandingkan dengan anak-anak seusianya. Mereka sudah bisa duduk, jalan, merangkak atau bermain sendiri di usia yang masih sangat belia. Beberapa bahkan sudah bisa berbicara sejak usianya di bawah satu tahun.

Suka Menyendiri

Melansir dari laman healthline.com, beberapa anak dengan otak cerdas diketahui lebih suka menyendiri atau bermain sesuka hatinya. Umumnya, mereka lebih suka beraktivitas atau menekuni segala hal secara sendiri. Ia juga suka belajar banyak hal dengan memantau sekitar secara pribadi. 

Keras Kepala

Anak yang cerdas tidak sedikit yang keras kepala. Mereka juga tak pernah takut untuk mencoba berbagai hal baru. Beberapa hal tersebut bahkan cukup berisiko untuknya. Meski begitu, mereka sudah bisa memprediksi risiko yang akan dihadapi sehingga membuatnya lebih hati-hati dan waspada.

Memiliki Fokus yang Baik

Para ahli menemukan jika anak yang cerdas cukup fokus terhadap apapun yang ia suka. Anak-anak ini memiliki fokus yang baik. Mereka juga tak mudah bosan akan sesuatu yang ia suka atau pelajari. 

Rasa Ingin Tahu Tinggi

Beberapa percaya jika anak dengan otak cemerlang dan kecerdasan di atas rata-rata, memiliki rasa ingin tahu tinggi. Anak-anak ini memiliki kemampuan lebih baik dibanding anak seusianya untuk beberapa hal. Mereka juga memiliki kemampuan belajar yang mengesankan.

Mampu Menyelesaikan Masalahnya Sendiri

Beberapa anak dengan otak cerdas umumnya mampu menyelesaikan masalahnya sendiri dengan baik. Anak ini memiliki berbagai cara unik untuk menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi. Mereka juga tak segan untuk meminta bantuan orangtua mengenai masalah yang dihadapi. 

Jarang Tidur

Beberapa penelitian menemukan jika anak dengan otak cerdas dan daya pikir cemerlang biasanya lebih jarang tidur. Ini karena anak cerdas umumnya memiliki tingkat energi yang lebih. Mereka juga memiliki daya ingat serta imajinasi yang lebih baik. Kalaupun tidur, mereka akan tertidur secukupnya setiap hari. 

Itulah beberapa tanda anak dengan otak yang cerdas. Yuk Mom, lebih peka terhadap buah hati dan cari tahu kecerdasan yang ada dalam diri anak. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading