Sukses

Parenting

5 Sikap Orangtua yang Bisa Bantu Anak Tumbuh Lebih Cerdas

Fimela.com, Jakarta Orangtua perlu berperan aktif dalam memaksimalkan atau mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Agar anak bisa makin cerdas, orangtua perlu melibatkan diri dalam proses tumbuh kembangnya. Walaupun tugas ini terasa berat, tapi sebenarnya bisa dimulai dari cara-cara sederhana.

Melansir laman Lifehack.org, ada sejumlah cara yang bisa dilakukan orangtua untuk membuat anak makin cerdas. Lima di antaranya adalah sebagai berikut. Langsung saja simak uraiannya di bawah ini.

 

 

1. Melibatkan Anak dalam Hobi

Pembelajaran aktif sangat penting dalam perkembangan kecerdasan anak. Salah satu cara agar anak bisa merasakan pembelajaran aktif adalah dengan melibatkannya dalam hobi yang kita tekuni. Hobi seperti membaca, membuat kue, merajut, mendengarkan musik, atau berkebun bisa menjadi kegiatan yang bisa berdampak positif pada tumbuh kembang anak. Melibatkan anak dalam hobi yang kita sukai juga bisa bantu meningkatkan keakraban dengan anak.

 

 

2. Mengikuti Arahan Anak

Saat anak tampak tertarik terhadap sesuatu, cobalah untuk mengikuti dan berusaha ikut memahaminya. Anak-anak sangat suka diberi dukungan, dan bisa makin bersemangat mempelajari sesuatu saat hal yang disukainya mendapat dukungan positif dari orangtua. Sikap kita yang suportif terhadap hal yang disukai anak bisa membantunya mengoptimalkan potensi diri yang ia punya.

 

3. Memberi Waktu Tidur yang Cukup

 

Sebelum menuntut anak untuk menjadi juara satu atau mendapat nilai bagus di sekolah, cobalah untuk membantunya mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Memberi waktu tidur yang cukup dan sesuai kebutuhan anak bisa membantu anak lebih optimal dalam mengembangkan kecerdasannya. Daya ingat dan kemampuan konsentrasinya pun bisa lebih terjaga dengan baik. Kemampuan anak dalam menyerap informasi juga bisa lebih baik saat dirinya bisa mendapat istirahat yang cukup.

 

 

4. Membaca Bersama Anak

Membaca bisa menjadi kegiatan yang membantu mengasah kecerdasan anak. Untuk membuat anak suka membaca, orangtua perlu terlibat aktif dan langsung. Caranya dengan membaca bersama anak. Hal ini juga terkait dengan pembelajaran aktif karena ketika orangtua membaca bersama anak, kegiatan memahami cerita, melihat-lihat ilustrasi dan gambar, dan memahami kata bisa menjadi pengalaman baru bagi anak. Kemampuan berbahasa anak pun bisa meningkat.

 

 

5. Mengapresiasi Usaha Anak

Saat anak melakukan kesalahan, tak perlu langsung memarahinya. Cobalah untuk mengapresiasi usaha yang sudah ia lakukan. Anak bisa belajar banyak hal dari kegagalan atau kesalahan yang ia buat. Selain itu, saat anak mendapat apresiasi atas usaha yang dia lakukan, dia bisa belajar untuk menempa mentalnya jadi lebih kuat lagi. Anak pun tidak akan gampang merasa stres atau tertekan berlebihan ketika ada hal yang terjadi di luar rencana atau harapannya.

Itu tadi lima hal yang bisa dilakukan orangtua untuk membantu anak bisa tumbuh lebih cerdas. Semoga informasinya bermanfaat, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading