Sukses

Parenting

Pahami 5 Aturan Ini saat Menjenguk Bayi Baru Lahir

Fimela.com, Jakarta Mengunjungi atau menengok bayi baru lahir memang sudah menjadi kebiasaan kita ketika kerabat terdekat baru saja melahirkan. Namun, perilaku tertentu dari pengunjung terkadang bisa membuat kita was-was. Saat mengunjungi bayi yang baru lahir, penting bagi teman dan keluarga untuk menghormati orangtua baru dan mematuhi aturan mereka.

Saat sebelum merencanakan berkunjung untuk melihat bayi baru lahir, penting untuk mengingat beberapa aturan ini, agar bayi aman dan tidak terganggu. Apa saja? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Segera Berikan Kepada Ibunya Ketika Bayi Menangis

Menggendong si kecil baru lahir memang menyenangkan. Namun perlu diingat, jika bayi menangis cobalah untuk segera mengembalikannya ke gendongan ibu. Orangtua baru membutuhkan waktu untuk membangun hubungan dengan bayi mereka yang baru lahir, jadi jangan berharap untuk menggendong bayi sepanjang waktu selama berkunjung. Bayi yang baru lahir membutuhkan banyak waktu untuk membangun ikatan melalui skin to skin dengan ibu.

2. Jangan Merokok

Perlu diingat bahwa asap rokok begitu berbahaya bagi bayi. Asap rokok bisa sangat berbahaya bagi sistem pernapasan yang sedang berkembang. Pengunjung harus berhati-hati untuk tidak merokok di sekitar bayi baru lahir atau mengenakan pakaian yang mungkin memiliki residu asap di permukaannya.

3. Berkunjung saat Kondisi Sehat

Meskipun ini harus masuk akal, jangan mengunjungi bayi yang baru lahir jika Sahabat Fimela sakit, berpotensi sakit, atau menular. Mengingat pandemi saat ini, cukup sulit untuk melupakan bahwa kita harus ekstra hati hati di sekitar mereka dengan sistem kekebalan tubuh yang rendah. Sistem kekebalan bayi yang baru lahir tidak seperti orang dewasa, jadi berhati-hatilah untuk hanya mengunjungi bayi yang baru lahir saat merasa tidak sehat.

Jika kamu merasa tidak sehat atau baru-baru ini sakit, cobalah untuk menunggu sebelum mengunjungi bayi yang baru lahir. Hubungi orangtua dan atur waktu baru untuk melihat si kecil. Menunggu beberapa hari atau bahkan berminggu-minggu dapat membantu mencegah bayi baru lahir terinfeksi virus yang berpotensi mengancam jiwa.

4. Tidak Mengambil Foto Sembarangan

Jangan mengunggah foto di media sosial tanpa izin. Meskipun bisa menarik untuk mengunggah foto dan video bayi di media sosial, penting untuk membiarkan keluarga untuk menjadi yang pertama mengunggah foto bayi mereka. Ketahuilah bahwa beberapa orangtua baru sangat berhati -hati tentang memamerkan foto anak -anak mereka secara online.

5. Mencuci Tangan

Selalu cuci tangan sebelum menyentuh bayi yang baru lahir. Selama beberapa bulan pertama setelah lahir, bayi baru lahir sangat rentan terhadap penyakit. Penting bagi setiap pengunjung untuk mencuci tangan sebelum menyentuh bayi. Pengunjung harus berhati -hati untuk mempraktikkan kebersihan cuci tangan yang baik dengan mencuci dengan sabun dan air hangat untuk waktu yang baik sebelum menggendong bayi.

Well, jangan sembarangan ya, Sahabat Fimela ketika menjenguk bayi yang baru lahir. Karena daya tahan tubuhnya masih rentan, jadi kita juga harus menjaga si kecil dari paparan virus yang mungkin menempel pada kita. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading