Sukses

Parenting

5 Tanda Anak Memiliki IQ di Atas Rata-Rata, Namun Jarang Disadari Orangtua

Fimela.com, Jakarta Sejak lahir, anak-anak telah dibekali kecerdasan dan keunikan masing-masing dalam dirinya. Setiap anak memiliki keahlian di bidang masing-masing. Memiliki anak dengan kecerdasan atau IQ yang mengesankan, menjadi kebahagiaan serta kebanggan tersendiri bagi setiap orangtua. Kecerdasan yang dimiliki anak, memberikan harapan besar bagi orangtua agar anak menjadi orang yang sukses di masa depan. 

Mengenai kecerdasan anak, ada beberapa tanda sederhana yang bisa dikenali oleh orangtua dari anak. Mengutip dari laman parents.com, anak yang mencapai milestone lebih awal, bisa jadi menandakan anak memiliki kecerdasan yang mengesankan. Anak-anak yang lebih terampil di bidang tertentu sejak kecil, kemungkinan besar ia juga memiliki IQ yang tinggi. 

Sementara dari romper.com, ada beberapa tanda lain yang menunjukkan bahwa anak memiliki kecerdasan yang mengesankan. Berikut beberapa tanda tersebut:

Daya Ingat Kuat

Han Ren, Ph.D., seorang psikolog anak usia sekolah yang berbasis di Amerika Serikat mengungkapkan jika anak cerdas memiliki daya ingat kuat. Ia memiliki memori yang luar biasa. Memorinya yang luar biasa ini bisa terlihat sejak usianya sedini mungkin. Besar kemungkinan, anak sudah bisa mengingat di mana ia meletakkan mainan sejak usia 1 tahunan. Ia juga hafal dengan setiap suara dari orang-orang di sekitarnya meski tanpa melihat orang yang berbicara.

Keterampilan Membaca Lebih Awal

Ketika anak memiliki keterampilan membaca lebih awal, ini juga menandakan bahwa ia memiliki kecerdasan di atas rata-rata. Seorang penulis sekaligus psikolog Tracy Packiam Alloway mengatakan jika anak-anak dengan kecerdasan di atas rata-rata, umumnya mulai bisa membaca di usia kurang dari 4 tahun. Anak-anak ini juga bisa menghafal dengan baik setiap tulisan yang pernah ia baca. 

Menurut seorang ahli, “menulis sama dengan olahraga untuk tubuh, terutama otak. Ia memiliki segudang manfaat mengesankan.”

Memiliki Rasa Ingin Tahu Tinggi

Saat anak memiliki rasa ingin tahu tinggi, sering bertanya dan mencoba melakukan hal-hal baru di hidupnya, ini juga menandakan anak memiliki kecerdasan di atas rata-rata. Sayang, tak banyak orangtua yang menyadari akan hal ini. Beberapa orangtua bahkan menganggap anak yang sering bertanya, memiliki rasa ingin tahu tinggi dan sering bikin berantakan pun khawatir, dinilai sebagai anak yang menyebalkan.

Humoris

Studi menemukan jika anak-anak yang cerdas adalah anak-anak dengan sifat humoris yang mengesankan. Anak-anak ini bisa membuat orang di sekitarnya tertawa dan terhibur bersamanya, meski dengan sikap paling sederhana dan tak masuk akalnya. Sejarah juga mencatat bahwa orang-orang yang sukses di masa lalu, memiliki sifat humoris yang mengesankan dengan cara mereka sendiri. 

Lebih Suka Ngobrol dengan Orang Dewasa

Banyak anak yang memiliki kecerdasan di atas rata-rata, dinilai sebagai orang dewasa kecil. Hal ini karena karakternya yang bijaksana sejak usianya sedini mungkin. Mereka memiliki kecenderungan suka ngobrol dengan orang dewasa dibandingkan dengan anak-anak seusianya. Ia juga memiliki perasaan yang lebih peka serta sensitif. Ia memiliki kesadaran dan pemahaman tentang sekitar sejak usianya sedini mungkin. 

Itulah sekian tanda anak memiliki IQ di atas rata-rata namun cukup jarang disadari oleh orangtua. Apakah buah hati memperlihatkan tanda di atas Mom? Karena setiap anak memiliki kecerdasan masing-masing, kita pun sebagai orangtua harus bangga dengan setiap kecerdasan yang anak miliki. Semoga informasi ini bermanfaat. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading