Sukses

Parenting

Usia Berapa Anak Sebaiknya Dilatih Berpuasa? Ini Kata Ahli

Fimela.com, Jakarta Ramadan telah tiba. Saatnya umat muslim menjalankan kewajiban beribadah puasa. Ya, puasa menjadi rukun wajib dalam agama Islam. Ibadah ini wajib dilakukan oleh umat muslim yang sudah baligh dan sehat. Namun, bagaimana dengan anak-anak? Meski anak-anak tak diwajibkan berpuasa, ia penting dilatih atau diajarkan berpuasa. Usia berapa kira-kira anak bisa mulai dilatih berpuasa?

Usia anak-anak adalah usia emas di mana ia harus menerima nutrisi cukup setiap harinya. Meski begitu, anak juga tetap dianjurkan untuk dilatih puasa. Tanpa mengurangi asupan nutrisi yang masuk ke tubuhnya. Dan melatih anak berpuasa, ini bisa dilakukan sejak usia anak sedini mungkin.

Usia Tepat Mengenalkan Puasa ke Anak

Usia berapa sebaiknya orangtua mengenalkan puasa pada anak? Apakah menunggu ia berusia di atas 7 tahun? Atau bisa dilakukan di usia sebelumnya? 

Mengutip dari laman emc.id, mengenalkan anak dengan momen Ramadan termasuk kewajiban berpuasa, bisa dimulai sejak anak berusia 3 tahun. Memang, di usia ini anak belum mengerti apa itu puasa. Tapi, cobalah untuk mengenalkan puasa ini ke anak. Mengenalkan puasa bukan berarti anak harus berpuasa, melainkan beri tahu apa itu berpuasa, kenapa harus berpuasa dan bagaimana tetap sehat selama berpuasa. 

Mulai mengenalkan anak dengan hal-hal yang berhubungan dengan puasa. Mulai dari sahur, berbuka puasa dan salat tarawih. Kenalkan juga manfaat dan pahala yang didapat karena telah menjalankan kewajiban berpuasa. 

Pendapat lain menganjurkan agar anak dikenalkan puasa pada usia 4 tahun. Pada usia ini, anak juga sudah bisa dilatih untu

Cukupi Nutrisi Anak Saat Berpuasa

Pastikan untuk mencukupi nutrisi anak secara optimal saat melatih mereka berpuasa. Tak hanya cukup, nutrisi yang didapat anak dari makanan yang ia konsumsi penting untuk seimbang. Hal ini mengingat bahwa anak masih dalam tahap bertumbuh dan berkembang. Jadi. ia memerlukan asupan nutrisi yang cukup serta seimbang setiap harinya.

Saat melatih anak berpuasa, pastikan jika anak memiliki waktu istirahat cukup. Pastikan pula ia memiliki daya tahan tubuh kuat meski menunda makan dan minum. Latih anak berpuasa dengan cara yang menyenangkan, untuk membuatnya nyaman dan bahagia berpuasa. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading