Sukses

Parenting

7 Makanan Terbaik untuk Meningkatkan Kecerdasan Otak Anak

Fimela.com, Jakarta Orangtua mana yang tak ingin memiliki buah hati cerdas, berpengetahuan luas dan berprestasi? Siapapun pasti menginginkan hal ini. Tak hanya otak yang cerdas, orangtua juga menginginkan buah hatinya memiliki fisik yang sehat. 

Untuk meningkatkan kecerdasan anak, mengutip dari laman uclahealth.org, ada beragam cara yang bisa dilakukan orangtua. Salah satunya adalah memberikan makanan yang tepat bagi mereka. Ya, makanan berperan penting dalam membentuk dan meningkatkan kecerdasan anak. Selain warisan genetik, pendidikan yang diterima anak dan faktor lingkungan, faktor makanan memiliki pengaruh yang besar. 

Sekian adalah beberapa superfood atau makanan terbaik yang dipercaya bisa meningkatkan kecerdasan otak anak.

Telur

Makanan pertama yang bisa meningkatkan kecerdasan otak anak ada telur. Telur mengandung kolin, vitamin B12 dan asam folat yang baik bagi otak anak. Telur tak hanya meningkatkan kecerdasan, ini juga bisa menutrisi tubuh anak secara maksimal. Studi menemukan jika telur bisa mengoptimalkan fungsi otak anak. Telur bisa diberikan sejak anak berusia sedini mungkin, bahkan sebagai menu MPASI harian.

Makanan Hasil Laut

Seafood atau makanan hasil laut adalah makanan terbaik untuk meningkatkan kecerdasan anak selanjutnya. Aneka makanan hasil laut ini memiliki segudang nutrisi terbaik untuk fisik pun psikis anak. Ini juga bisa diolah menjadi berbagai masakan menggugah selera yang disukai anak. Sebaiknya, pilih makanan hasil laut yang rendah merkuri seperti udang, salmon, sarden dan kepiting.

Sayuran Berdaun Hijau

Pastikan untuk memberikan anak sayuran berdaun hijau untuk menunjang dan meningkatkan kecerdasannya. Selain sangat baik untuk otak, sayuran berdaun hijau sangat baik untuk kesehatan fisik anak. Ini juga tinggi vitamin serta serat.

Yogurt

Yogurt adalah makanan selanjutnya yang bisa mencerdaskan otak anak. Yogurt bisa disajikan secara langsung atau sebagai topping untuk salad buah dan sayur. Yogurt tinggi akan kolin, zinc, protein dan berbagai vitamin yang dibutuhkan oleh otak serta organ tubuh secara menyeluruh.

Kacang-Kacangan dan Biji-Bijian

Aneka kacang-kacangan dan biji-bijian adalah makanan terbaik selanjutnya yang bisa meningkatkan kecerdasan anak. Kacang almond, kacang mede, biji bunga matahari, biji gandum, biji kacang hijau adalah beberapa nutrisi terbaik untuk otak. Ini juga bermanfaat meningkatkan daya ingat anak dan menjaga berat badannya agar stabil.

Daging Tanpa Lemak

Ingin anak cerdas dan tumbuh tinggi? Usahakan untuk memberinya daging tanpa lemak. Untuk daging ayam, pilih bagian dada. Sementara untuk daging merah, pilih bagian yang rendah lemak atau rendah lemak. Daging adalah sumber protein dan nutrisi terbaik untuk otak pun organ tubuh secara menyeluruh.

Alpukat

Buah alpukat adalah buah yang kaya akan asam folat di dalamnya. Buah ini juga mengandung beragam vitamin terbaik untuk tubuh. Berikan ke anak sejak usianya sedini mungkin agar anak makin cerdas dan sehat. Bila perlu, konsumsi alpukat sejak Mom hamil untuk dapatkan hasil yang lebih optimal. 

Itulah sekian makanan terbaik yang bisa meningkatkan kecerdasan anak. Yuk Mom, berikan nutrisi ke anak secara cukup dan seimbang setiap harinya. Jangan lupa untuk memberikan sumber karbohidrat seperti nasi agar anak tetap aktif, energik dan penuh semangat. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading