Sukses

Parenting

5 Manfaat Liburan Bersama Buah Hati

Fimela.com, Jakarta Liburan menjadi hal yang dinanti-nantikan oleh beberapa orang terutama anak sekolah. Momen libur lebaran dan libur kenaikan kelas menjadi momen liburan yang paling dinantikan karena memiliki jangka waktu libur yang cukup lama sehingga biasanya momen tersebut akan dimanfaatkan oleh para keluarga untuk berlibur baik ke luar kota maupun ke luar negri sehingga persiapannya sudah dari jauh-jauh hari.

Liburan yang diberikan orangtua mungkin juga tak hanya sekedar refreshing, tetapi juga bisa mengajak anak untuk menambah pengetahuannya seperti bepergian ke taman safari. Tentu setiap liburan, orangtua akan memberikan yang terbaik supaya dapat menjadi masa-masa terindah dan berkesan yang dapat diingat anak ketika mereka beranjak dewasa. 

Hal tersebut selaras dengan hasil studi Family Holiday Association di Inggris tahun 2015 yang menyebutkan bahwa hampir separuh responden mengaku liburan keluarga saat kecil merupakan masa-masa terindah. Momen-momen tersebut juga menjadi ingat yang akan disimpan anak dalam jangka panjang. Liburan juga terbukti dapat membantu tumbuh dan kembangnya anak.

 

 

Manfaat Liburan Bersama Anak

Menurut Desti Apryanggun, M.Psi., Psikolog, seorang psikolog anak, berikut manfaat dari liburan bersama keluarga bagi anak:

Menambah wawasan anak 

Banyak hal yang dapat dilakukan anak ketika berlibur ke suatu tempat seperti mengeksplorasi dan mengamati keanekaragaman kuliner, bahasa, budaya, daerah dan sejarah baru dari suatu tempat yang dikunjungi sehingga secara tidak langsung akan menambah wawasan baru bagi anak.

Menumbuhkan rasa percaya diri

Rasa percaya diri anak dapat meningkat ketika mempelajari hal baru saat berkunjung pada suatu tempat, terutama jika anak dapat mencoba hal baru dapat membuat anak menjadi lebih berani untuk mencoba.

Mendorong anak untuk belajar beradaptasi

Ketika mengunjungi suatu lingkungan baru akan mendorong anak untuk beradaptasi. Tak hanya beradaptasi saat berkunjung suatu tempat baru, tetapi anak juga dapat beradaptasi selama perjalanan yang mungkin tidak semulus itu sehingga membuat anak akan belajar untuk beradaptasi dalam segala situasi yang dialami.

Membangun kesadaran sosial

Perjalanan ketika liburan dapat membuat anak bertemu dan melihat dengan banyak orang baru dengan latar belakang yang berbeda di berbagai daerah lain. Hal tersebut, dapat mengembangkan rasa empati dan simpati anak. Disinilah peran orangtua menjadi penting untuk memberikan penjelasan pada anak mengenai perbedaan supaya tidak ada kesalahpahaman pada anak. 

Mempererat hubungan anak dan orangtua

Setiap orangtua tentu memiliki pekerjaannya masing-masing sehingga mungkin jarang memiliki waktu bersama anak sehingga momen liburan ini dapat menjadi waktu yang tepat bagi orangtua dan anak untuk menghabiskan waktu bersama dengan berbincang-bincang, bermain bersama, dan lainnya. 

Milkita Permen Teman Liburan

PT United Family Food (UNIFAM) menghadirkan permen susu Milkita yang berkualitas tinggi, higienis, dan aman karena dibuat dengan susu asli dari New Zeeland. Kandungan kalsium dan berbagai rasa yang dimiliki Milkita tentu akan disukai anak-anak sehingga Milkita siap menemani liburan kamu dan keluarga. 

“Kegiatan liburan bersama anak ini tentunya menjadi sarana bagi Ibu dalam memberikan edukasi tentang makanan yang dikonsumsi anak. Misal ketika menikmati camilan seperti Milkita lollipop saat di mobil, Ibu bisa mulai menceritakan kandungan yang terdapat dalam sebuah permen susu. Kegiatan seperti ini selain memberikan pemahaman mengenai makanan, juga dapat menjadi momen kedekatan Ibu dan Anak untuk berkomunikasi secara interaktif dan nyaman bagi keduanya. Hal ini sejalan dengan kampanye kami #mykidsmyfriends, yang memberikan sarana  bagi hubungan Ibu dan Anak sebagai teman berbagi cerita yang nyaman.” kata Anastasia A. Marketing Communication Manager UNIFAM.

  

*Penulis: Fani Varensia

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading