Sukses

Parenting

10 Tanda Anak Ber-IQ Tinggi

Fimela.com, Jakarta Setiap anak memiliki kemampuan dan kecerdasan yang berbeda-beda. Memang beberapa diberikan kecerdasan atau IQ yang tinggi dan biasanya itu merupakan anugerah dari Tuhan yang sudah ada sejak lahir. Anak yang memiliki IQ tinggi, cenderung memiliki proses tumbuh dan kembang yang lebih cepat daripada anak sepantarannya. Namun, para orangtua juga perlu mengarahkan anaknya supaya dapat terus mengasah kecerdasannya. 

Dilansir dari innervoiceartists.com, IQ atau Intelligence Quotient merupakan ukuran kemampuan penalaran dan pemecahan masalah seseorang. Seseorang yang memiliki IQ tinggi mampu menyusun strategi, beradaptasi dengan perubahan, memecahkan masalah secara logis, dan memahami ide-ide abstrak. Tes IQ digunakan untuk menentukan seberapa cerdas seseorang, tetapi bukan penentu sukses seseorang.

Setiap orangtua perlu mengetahui kemampuan dan bakat yang dimiliki oleh anak, sehingga mereka dapat membantu anak dalam mengasah kecerdasannya. Secara umum, terdapat beberapa ciri seseorang memiliki IQ yang tinggi seperti memiliki otak yang dapat bertanggung jawab untuk mengarahkan perhatian, ingatan, bahasa, persepsi, dan interpretasi. Lalu, peningkatan konektivitas wilayah otak dan peningkatan sensitivitas sensorik dan pemrosesan emosional, dilansir dari webmd.com

 

Tanda Anak Memiliki Otak yang Jenius

Dilansir dari webmd.com, berikut beberapa tanda jika anakmu memiliki otak yang jenius:

  1. Memiliki kebutuhan yang kuat akan stimulasi dan keterlibatan mental
  2. Mampu untuk mempelajari hal baru dengan cepat
  3. Mampu memproses informasi baru yang kompleks dengan cepat
  4. Memiliki keinginan untuk menjelajahi topik tertentu secara mendalam 
  5. Memiliki rasa ingin tahu yang ditunjukkan dengan memberikan banyak pertanyaan
  6. Memiliki kedalaman dan kepekaan emosional
  7. Memiliki selera humor yang dewasa atau unik
  8. Imajinatif dan mampu menemukan solusi kreatif atas permasalahan yang dihadapi
  9. Cepat belajar
  10. Lebih sadar akan diri sendiri, situasi sosial, dan masalah global daripada anak-anak lainnya.

Tanda Anak Memiliki IQ yang Tinggi

Peran orangtua tentu membantu anaknya dalam mengasah kecerdasannya. Oleh karena itu, mereka harus mengetahui tanda jika anak mereka memiliki IQ yang tinggi, dilansir dari indiaparenting.com:

  1. Bayi lahir dengan sehat. Bayi yang lahir dengan sehat dan memiliki berat badan normal atau di atas rata-rata dipercaya memiliki gizi yang baik saat hamil. Berdasarkan studi yang dilakukan oleh British Medical Journal menyimpulkan bahwa bayi yang lahir dengan berat badan tinggi dari normal memiliki otak yang dapat berkembang dengan baik.
  2. Mengetahui banyak bahasa, Anak yang dapat berbicara dengan bahasa menunjukkan bahwa mereka memiliki IQ yang tinggi.
  3. Memiliki kreativitas di usia dini. 
  4. Dapat memainkan alat musik. Bermain alat musik dapat membuat anak mampu untuk mengatasi perasaan emosional dan kecemasan mereka.
  5. Pembaca yang baik. Dengan membaca dapat memudahkan anak untuk mempelajari kosakata baru, membuat pembelajaran menjadi mudah dan efisien, dan mengembangkan keteraturan serta konsistensi.
  6. Memiliki kekuatan memori dan orisinalitas. Anak-anak yang dapat mengingat sesuatu dengan baik dalam waktu yang lama berarti menunjukkan bahwa anak memiliki otak yang berkembang baik. 
  7. Memiliki rasa ingin tahu yang dituangkan dengan bertanya dan mempelajari hal-hal baru.
  8. Memiliki kedisiplinan diri.
  9. Memiliki konsentrasi tinggi. Anak yang cerdas biasanya memiliki konsentrasi yang kuat dan pikiran yang penuh perhatian sehingga mampu memahami konsep lebih cepat dan memiliki pemahaman yang lebih mendalam mengenai suatu hal.
  10. Dapat berpikir secara fleksibel. Anak yang cerdas mampu untuk membuat hubungan antara benda-benda dan menjelaskannya dengan penalaran mereka. 

 

 

 

*Penulis: Fani Varensia

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading