Sukses

Parenting

5 Makanan Terbaik yang Sehat dan Aman untuk Finger Food Bayi

Fimela.com, Jakarta Saat bayi sudah berusia 6 bulan, sebaiknya Mom mulai memperkenalkan MPASI atau makanan pendamping ASI untuknya. Seiring dengan bertambahnya usia bayi, konsumsi ASI saja tidak mencukupi kebutuhan nutrisi dalam tubuhnya. Pada masa awal MPASI, sebaiknya Mom memberikan makanan dengan tekstur lumat atau lunak. Baru, setelah bayi berusia 9 bulan ke atas, Mom boleh memperkenalkan finger food ke dia. 

Pada usia 9 bulan, umumnya bayi sudah memiliki kesiapan untuk mengenal berbagai makanan. Termasuk makanan yang dikonsumsi sendiri oleh tangannya sendiri. Mengutip dari laman webMD.com, finger food yang boleh diberikan ke bayi adalah makanan dengan ukuran sebesar jari tangan orang dewasa. Mom, pun harus lebih hati-hati dalam memilih jenis makanan. Ini untuk meminimalisir risiko tersedak dan alergi pada bayi saat makan. 

Ada beberapa makanan yang dipercaya sebagai makanan terbaik pun sehat dan aman untuk finger food. Apa saja? 

Sayur Rebus atau Kukus

Makanan pertama yang bisa jadi finger food adalah sayur kukus atau rebus. Sayuran berupa brokoli, wortel, terong ungu, kacang panjang, manisa, lobak dan sejenis, kaya akan vitamin yang dibutuhkan tubuh bayi. Sayuran ini juga memiliki cita rasa yang lezat dengan kandungan glukosa alami di dalamnya sebagai sumber energi.

Buah Potong

Makanan selanjutnya untuk finger food adalah buah potong. Apel, pir, pepaya atau alpukat adalah buah terbaik untuk finger food. Aneka buah-buahan juga kaya akan vitamin di dalamnya, buah-buahan memiliki cita rasa yang disukai oleh anak-anak.

Roti Panggang

Makanan ini adalah finger food yang sehat dan aman untuk bayi. Roti panggang memiliki tekstur yang empuk saat terkena air liur bayi. Sebaiknya, roti panggang dipotong kecil-kecil sebelum diberikan sebagai finger food ke bayi.

Telur

Telur adalah sumber protein yang diperlukan anak bahkan sejak pertama kali dikenalkan ke MPASI. Telur rebus, bisa menjadi finger food untuk bayi. Telur merupakan makanan yang kaya akan protein, kolin, vitamin B2, vitamin B12, dan folat yang baik untuk perkembangan bayi. Pastikan telur dimasak hingga benar-benar matang.

Keju

Keju adalah finger food terbaik juga untuk bayi. Keju mengandung kalsium yang baik untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi. Memberikan keju sebagai makanan pendamping ASI (MPASI) di tahun pertamanya merupakan hal yang tepat. Sebaiknya potong keju kecil-kecil sebelum diberikan ke bayi. 

Itulah sekian makanan yang bisa diberikan sebagai finger food untuk bayi. Yuk Mom, cukupi kebutuhan nutrisi buah hati dengan lebih baik sejak sedini mungkin. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading