Sukses

Parenting

7 Tanda Bayi Memiliki Kecerdasan di Atas Rata-Rata

Fimela.com, Jakarta Memiliki buah hati yang sehat, lucu dan menggemaskan menjadi kebahagiaan tersendiri bagi setiap orangtua. Kebahagiaan itu sendiri akan bertambah berkali-kali lipat ketika buah hati adalah pribadi yang cerdas

Kecerdasan buah hati bisa dilihat sejak usianya masih sangat dini atau bayi. Sejak bayi berusia 9 bulan, tanda-tanda kecerdasan itu sudah bisa terlihat jelas. Mengutip dari laman parents.com, berikut tanda bayi cerdas yang bisa diketahui orang tua sejak sedini mungkin.

Tumbuh Kembangnya Optimal

Tanda pertama dari bayi cerdas adalah tumbuh kembangnya optimal. Anak memiliki pertumbuhan yang mengesankan. Ia juga menunjukkan perkembangan yang baik, bahkan lebih baik dan cepat dari anak seusainya. 

Kontak Mata

Bayi cerdas menunjukkan kontak mata yang baik. Ia mendengarkan dan memandang orang yang mengajaknya berbicara. Ia juga mudah memahami serta mengerti apa yang dikatakan orangtua padanya. Tanda ini bisa terlihat dari bayi sejak usianya satu tahun.

Terlihat Waspada

Bayi yang waspada adalah mereka yang seolah mengerti dengan keadaan sekitarnya. Ia juga peka terhadap apa yang sedang terjadi. Bayi dengan kewaspadaan yang baik, berpotensi memiliki kecerdasan mengesankan saat ia dewasa. Bayi yang waspada umumnya memiliki indera yang optimal, baik itu indera penglihat, pendengar dan lainnya. 

Aktif dan Energik

Bayi yang cerdas juga memiliki gerak aktif serta energik. Ia seolah memiliki tenaga ekstra untuk bermain dan beraktivitas. Studi menemukan jika anak yang sehat secara fisik dan aktif, umumnya juga memiliki IQ yang tinggi.

Mampu Bersosialisasi dengan Baik

Bayi yang cerdas menunjukkan bahwa ia mampu bersosialisasi dengan baik. Ia tahu mana orang-orang yang dekat dan baik padanya. Ia juga tahu mana orang-orang yang tak dikenalnya, berpotensi berbuat jahat dan kurang nyaman dengan keberadaannya. Bayi ini sudah bisa mengenali ayah, ibu, kakek, nenek dan suadara-saudaranya dengan baik.

Memiliki Kemampuan Motorik dan Kognitif yang Baik

Bayi yang cerdas terlihat dari kemampuan motoriknya dan kognitifnya yang baik. Ia sudah mampu menggenggam mainan dengan baik, ia sudah mampu memindahkan mainan dari tangan kanan ke tangan kiri. Ia juga sudah bisa duduk dengan baik bahkan belajar berdiri sendiri pada usia seharusnya, bahkan sebelum waktunya. 

Memiliki Rasa Ingin Tahu Tinggi

Bayi cerdas juga ditandai dengan rasa ingin tahunya yang tinggi. Ini bisa terlihat dari ia mudah penasaran dengan aneka benda yang baru ia lihat. Ia juga rentan bosan dengan mainan atau sesuatu yang ia pegang. 

Bayi Tampak Bahagia

Apakah bayi Mom mudah tertawa dan bahagia dengan aktivitasnya sehari-hari? Bayi yang cerdas biasanya juga sangat bahagia, banyak tertawa dan menyukai segala aktivitasnya. Ia juga nyaman saat bermaian. Bayi yang bahagia menunjukkan ia memiliki tumbuh kembang yang baik selama ini. 

Itulah sekian tanda bayi memiliki kecerdasan di atas rata-rata. Yuk Mom, beri stimulus terbaik untuk anak agar kecerdasannya bertambah maksimal. Cukupi juga kebutuhan nutrisinya setiap hari. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading