Sukses

Parenting

5 Makanan yang Bermanfaat Melancarkan BAB Anak

Fimela.com, Jakarta Jangan sampai membiarkan anak mengalami konstipasi berkepanjangan ya Mom. saat anak mengalami konstipasi, itu artinya ada sesuatu yang tidak beres dengan kesehatan sistem pencernaan anak. Mengutip dari laman parents.com, jika hal ini dibiarkan, ini bisa mengganggu kesehatan organ tubuh anak secara keseluruhan. 

Ada banyak cara yang bisa dilakukan orangtua agar BAB anak lancar. Salah satunya yakni memberi anak makanan yang tepat. Berikut adalah beberapa makanan yang bermanfaat melancarkan BAB anak dan menyehatkan sistem pencernaannya.

Gandum dan Olahannya

Makanan pertama untuk melancarkan BAB anak adalah gandum dan olahannya. Ini juga bermanfaat menutrisi tubuh anak secara optimal. Gandum bahkan sebagai salah satu makanan yang rendah kolesterol namun bisa mencerdaskan otak anak.

Buah Pir

Agar sistem pencernaan anak sehat dan lancar, salah satu makanan yang sebaiknya dikonsumsi adalah buah pir. Buah ini juga mengandung berbagai vitamin yang bisa mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Namun, untuk anak yang masih MPASI, sebaiknya pemberian buah pir ke anak selalu dalam pantauan orangtua.

Buah Apel

Seperti buah pir, buah apel juga kaya nutrisi yang baik untuk kesehatan anak. Buah apel mengandung berbagai nutrisi terbaik untuk pencernaan anak pun orang dewasa. Buah apel kaya akan vitamin yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak. Buah ini juga memiliki tekstur yang nyaman untuk anak-anak.

Kacang Hijau

Makanan selanjutnya untuk melancarkan sistem pencernaan anak atau BAB adalah kacang hijau. Bubur kacang hijau, tauge dan olahan kacang hijau lain, sangat baik untuk mengatasi sembelit. Studi bahkan menemukan jika kacang hijau bisa menjadi super food bagi anak karena kaya akan vitamin serta nutrisi di dalamnya.

Sayur Brokoli

Sayur brokoli adalah super food yang bisa mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Sayur ini juga dipercaya bisa melancarkan BAB atau sistem pencernaan. Sayur brokoli bisa diolah menjadi berbagai masakan lezat pun menggugah selera. 

Itulah sekian makanan yang bisa melancarkan BAB dan sistem pencernaan anak. Aneka makanan di atas bahkan memiliki segala sumber nutrisi yang dibutuhkan tubuh anak. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading