Sukses

Parenting

Kapan Usia Ideal Anak Mulai Masuk PAUD? Cek di Sini

Fimela.com, Jakarta Apakah Mom sering bertanya kapan usia ideal buah hati mulai masuk PAUD? Apalagi, jika melihat anak-anak lain sudah mulai masuk PAUD dan menunjukkan kebahagiaannya berada di sekolah bersama teman-temannya.

Sebenarnya setiap anak memiliki kesiapan masing-masing untuk memulai PAUD. Ada anak-anak yang masih  berusia dua tahun tapi sudah siap dan nyaman berada di PAUD. Tidak sedikit anak yang usianya sudah lima tahun, tapi ia baru masuk PAUD. Bahkan, beberapa anak lagi sudah berusia lebih dari lima tahun tapi belum mau sekolah apapun. 

Lantas, sebenarnya berapa usia paling ideal untuk anak memulai masuk PAUD?

Usia Ideal Anak Masuk PAUD

Beberapa orangtua ada yang menganggap jika masuk PAUD terlalu dini bisa mengganggu tumbuh kembang anak. Tapi, beberapa orangtua lainnya mengaggap hal ini baik. Anak bisa lebih mandiri dan mengalami perkembangan yang lebih cepat, saat ia mulai masuk PAUD sejak usia sedini mungkin. 

PAUD sendiri adalah pendidikan yang diberikan ke anak di usia prasekolah. Ini bisa diberikan ke anak usia 0 - 6 tahun. Tak hanya diberikan di lembaga PAUD atau sekolah PAUD, pendidikan ini bisa mulai diberikan orangtua selama anak di rumah. Tak ada patokan pasti kapan usia ideal anak masuk PAUD. Selama anak menunjukkan kesiapannya, anak sudah bisa mulai masuk PAUD.

Tanda Anak Siap Masuk PAUD

Ada beberapa tanda yang menunjukkan bahwa anak sudah siap masuk PAUD. Adapun tanda tersebut antara lain sebagai berikut: 

  • Anak sudah bisa buang air sendiri. Ketika anak sudah bisa melakukan kegiatan buang air sendiri baik itu buang air kecil atau besar, ini tandanya anak sudah siap masuk PAUD. Anak yang bisa melakukan perawatan diri seperti memakai sepatu, celana, cuci tangan dan mengancingkan baju, itu tandanya ia bisa memulai masuk PAUD tanpa pendampingan orangtua. 
  • Anak bisa mengikuti instruksi dan arahan. Ya, hal ini cukup penting agar anak merasa lebih nyaman, tenang dan aman selama mengikuti pendidikan anak usia dini. Saat anak tahu instruksi sederhana dari guru atau orangtua, itu tandanya ia bisa bersosialisasi dengan baik di sekolah. 
  • Anak mampu berkomunikasi dengan baik. Saat anak sudah bisa berkomunikasi dengan baik dan jelas, ini tandanya anak siap memulai PAUD. Saat masuk PAUD, diharapkan anak sudah bisa mengatakan kalimat jelas setidaknya yang terdiri dari 3 sampai 5 kata. 
  • Anak memiliki kesiapan mental dan fisik yang baik. Anak-anak yang sehat secara fisik, bahagia secara mental dan berani, ini juga menandakan ia sudah bisa masuk PAUD. Bahkan, ia bisa memulai pendidikannya dengan nyaman tanpa pendampingan dari orangtua atau pengasuhnya. 

Itulah sekilas mengenai usia ideal bagi anak untuk masuk PAUD. Siap tidaknya anak untuk masuk PAUD, hal itu Mom yang jauh lebih tahu. Pantau keseharian anak dan lihat bagaimana ketika ia sedang bersama banyak teman di sekitarnya. Semoga informasi ini bermanfaat. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading