Sukses

Parenting

Apakah Sekolah Paud Berguna Bagi Anak? Ini Kata Penelitian

Fimela.com, Jakarta Selama ini banyak orangtua terbagi pemikirannya, antara apakah harus mendaftarkan anak masuk PAUD atau tidak. Beberapa orang berpikir sekolah PAUD tak begitu berguna, dan sebagian lainnya menganggap sebaliknya. Lalu sebenarnya bagaimana, apakah sekolah PAUD beguna untuk anak?

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Child Development menunjukkan bahwa sekolah PAUD memiliki manfaat untuk anak. Penelitian menemukan bahwa anak-anak yang mengkuti sekolah PAUD yang berkualitas menunjukkan perilaku mampu mengatur diri sendiri dan memiliki keterampilan akademik lebih baik dibanding temna-teman seumurannya yang tidak mengikuti PAUD.

 

Manfaat Sekolah PAUD Bagi Anak

Anak-anak juga melatih kemampuan bersosialisasinya dengan orang baru, menambah kosakata dengan seringnya interaksi dengan guru dan teman sekolah serta memiliki perkembangan akademik yang lebih cepat ketika sudah masuk sekolah formal.

Studi yang disebut dengan Chicago School Readiness Project (CSRP) ini merupakan penelitian yang dilakukan secara jangka panjang, 10 tahun, terhadap anak-anak PAUD usia 3-4 tahun. Secara teknis, anak-anak dibimbing oleh guru PAUD profesional yang telah melakukan training ruang kelas sehingga mampu mengajarkan anak keterampilan yang positif.

Jadi apakah sekolah PAUD berguna untuk anak? Sangat berguna, selama diketahui juga kualitas PAUD-nya.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Kesehatan Mental pada Anak Harus Diperhatikan Sejak Dini, Ini Caranya
Artikel Selanjutnya
Fitur Kekinian Bikin Suasana Belajar Lebih Menyenangkan