Sukses

Parenting

5 Manfaat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) untuk Buah Hati

Fimela.com, Jakarta Pendidikan anak usia dini atau PAUD bisa diberikan ke anak sejak usia 0 - 5 tahun. Pendidikan ini dinilai penting bagi perkembangan anak. UNESCO menyebut jika pendidikan anak usia dini, bisa membantu anak untuk lebih siap dalam memasuki usia sekolah. Ini juga penting untuk menyiapkan mental anak agar lebih mandiri saat memasuki usia sekolah pada jenjang yang lebih tinggi. 

Mengutip dari laman kemdikbud.go.id, PAUD bertujuan untuk meningkatkan tumbuh kembang anak dalam bidang jasmani, rohani, serta intelektual anak. Selain tujuan tersebut, ada beberapa manfaat dari pendidikan anak usia dini untuk anak. Adapun manfaat tersebut sebagai berikut:

Membentuk Kepribadian Anak yang Lebih Matang

Memberikan pendidikan sejak anak usia sedini mungkin, bermanfaat membentuk kepribadian anak yang lebih matang. Diharapkan anak lebih mandiri, bisa bersosialisasi dengan baik dan kecerdasannya lebih berkembang. Dalam sesi pendidikan anak usia dini, anak mulai dikenalkan pada aktivitas menulis, membaca dan mengasah kreastivitas dengan metode bermain yang menyenangkan.

Meningkatkan Kesiapan Anak untuk Masuk Sekolah

Memberikan pendidikan anak usia dini, juga bermanfaat meningkatkan kesiapan anak untuk masuk ke sekolah atau jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Pembelajaran menyenangkan yang diterima anak di PAUD, membuatnya lebih siap untuk menerima pembelajaran lanjutan di sekolah seperti TK atau SD.

Meningkatkan Konsentrasi dan Fokus Anak

Dengan memulai pendidikan sejak usia dini, anak bisa lebih konsentrasi dan fokus untuk belajar di jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Anak juga lebih semangat dan mengetahui berbagai hal baru termasuk teman baru serta pendidikan baru. Selain itu, dalam kelas PAUD, anak diajarkan untuk lebih bersabar dalam berinteraksi atau pun melakukan berbagai aktivitas dalam kehidupan sehari-hari.

Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak

Memasukkan anak ke PAUD sejak usia dini, bisa membantunya meningkatkan rasa percaya diri dalam dirinya. Anak akan lebih siap dalam menyelesaikan ragam masalah yang ia temui. Ia juga lebih aktif dan semangat dalam mengembangkan talenta juga minatnya dalam hal tertentu.

Mengasah Kecerdasan Anak

PAUD memberi kesempatan anak untuk belajar lebih banyak hal sejak usia dini. Pada usia dini, otak anak sedang dalam masa keemasan. PAUD akan membantu anak mengasah kecerdasan otaknya. Ini juga membantunya berpikir lebih bijak serta dewasa sejak usia sedini mungkin. 

Itulah sekian manfaat dari pendidikan anak usia dini pada anak. Selain manfaat di atas, manfaat lain yang mungkin didapat anak adalah mengajarkan anak untuk lebih baik dalam  bersosialisasi dengan teman serta guru-gurunya, anak berpikir lebih kreatif, imajinatif dan memili antusiasme belajar yang lebih baik. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading