Sukses

Parenting

10 Ciri Anak Punya Otak Cerdas yang Mudah Dikenali

Fimela.com, Jakarta Anak adalah anugerah terindah yang diberikan Tuhan kepada setiap orangtua. Dengan adanya anak, keluarga akan terasa lebih lengkap dan berwarna. Kelengkapan tersebut akan bertambah ketika anak punya tubuh sehat dan otak cerdas. 

Hampir semua orangtua menginginkan buah hati yang sehat serta cerdas. Tapi, bagaimana orangtua tentang kecerdasan anak? Mengutip dari laman parents.com, ada beberapa ciri yang mudah dikenali saat anak memiliki otak cerdas. Adapun ciri tersebut antara lain sebagai berikut: 

Komunikasi

Ciri pertama adalah, anak memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Anak bisa memahami dan merespon nasehat, petunjuk pun perintah dari orangtua sejak usianya di bawah dua tahun. Ia juga bisa mengespresikan pun menunjukkan kemauannya dengan baik sejak sedini mungkin.

Kuat Secara Emosional

Anak yang cerdas dikenal memiliki kepribadian kuat secara emosional. Mereka mampu mengerti sikap positif dan negatif dari orang-orang pun suasana sekitar. Mereka umumnya memiliki pemikiran yang kompleks serta matang.

Responsif

Beberapa penelitian menemukan jika bayi cerdas sangat responsif terhadap sekitarnya. Bayi ini akan segera menoleh atau menatap mata orang yang sedang mengajaknya bicara pun menyapanya.

Milestone Lebih Awal

Anak yang memiliki milestone lebih awal dikatakan juga memiliki otak yang cerdas. Ketika anak sudah bisa duduk, jalan, merangkak atau bermain sendiri di usianya yang masih sangat belia, ini menjadi tanda ia memiliki pemikiran yang cerdas. Biasanya, anak cerdas akan memiliki milestone lebih awal dari teman-teman seusianya.

Suka Menyendiri

Beberapa anak cerdas lebih suka menyendiri atau bermain sesuka hatinya. Beberapa studi menemukan jika anak cerdas lebih pemilih terhadap teman-teman atau orang di sekitarnya. Meski suka menyendiri, anak cerdas memiliki kemampuan komunikasi dan bersosialisasi yang baik.

Tak Takut Mencoba Hal Baru

Anak ini tak pernah takut untuk mencoba berbagai hal baru bahkan yang berisiko sekalipun. Mereka suka mencari tahu banyak hal baru di sekitarnya. Mereka bahkan cenderung keras kepala dan memiliki minat besar terhadap apapun yang ia ingin ketahui.

Fokus

Anak yang cerdas umumnya sangat fokus terhadap apapun yang ia suka. Ia akan sangat fokus dalam waktu lama untuk hal yang ia suka. Tapi untuk hal yang tak disukainya, ia akan mudah bosan.

Memiliki Rasa Ingin Tahu Tinggi

Rasa ingin tahu anak yang cerdas cukup tinggi dibandingkan dengan anak-anak seusianya yang lain. Anak ini gemar sekali mengkreasikan segala sesuatu di dekatnya untuk menjadi benda baru yang lebih menarik. 

Mampu Menyelesaikan Masalah dengan Baik

Ciri anak cerdas selanjutnya adalah, anak mampu menyelesaikan setiap masalahnya dengan baik. Anak ini akan melakukan berbagai cara untuk menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi. Kalau pun ia tak mampu menyelesaikan, ia akan meminta bantuan orang terdekat di sekitarnya.

Memiliki Waktu Tidur Lebih Sedikit

Penelitian menemukan jika anak berotak cerdas biasanya lebih jarang tidur. Mereka cenderung memiliki c energi yang lebih tinggi dibandingkan dengan anak-anak seusianya. Mereka juga lebih suka berpikir dan mencari berbagai hal baru. 

Nah, itulah beberapa ciri yang mudah dikenali jika anak memiliki otak cerdas. Apakah Mom menemukan ciri ini dalam diri anak? Kecerdasan tak hanya ditentukan oleh gen semata. Nutrisi, pola asuh dan stimulasi juga sangat menentukan. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading