Sukses

Parenting

8 Jenis Makanan yang Tidak Boleh Diberikan ke Bayi Dibawah 1 Tahun

Fimela.com, Jakarta Saat usia bayi sudah mencapai 6 bulan, ia sudah bisa dikenalkan dengan beragam jenis makanan. Konsumsi ASI saja sudah tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuhnya. Meski begitu, tidak semua jenis makanan boleh diberikan ke bayi. Mengenalkan makanan ini perlu dilakukan secara bertahap. Mengingat sistem pencernaan bayi belum sempurna seperti orang dewasa. 

Mengutip dari laman mensjournal.com, ada beberapa makanan yang tidak boleh diberikan ke bayi. Memaksa anak mengonsumsi aneka makanan ini, justru bisa sangat berbahaya buat kesehatan serta tumbuh kembangnya. Makanan apa saja yang tak boleh diberikan ke bayi tersebut?

Susu Sapi

Hindari memberikan susu sapi segar ke bayi dengan usia di bawah 1 tahun. Apalagi jika susu sapi ini belum diolah secara baik dan benar. Jika Mom tidak memiliki ASI cukup atau tidak memungkinkan memberikan ASI, ganti ASI dengan susu formula yang telah diproses sesuai kebutuhan bayi. 

Madu

Madu adalah jenis makanan selanjutnya yang tak boleh diberikan ke bayi. Madu mengandung zat yang cukup berbahaya untuk bayi. Ini bisa menyebabkan botulisme pada bayi dengan usia di bawah 1 tahun.

Makanan Lengket dan Keras

Berbagai makanan yang terlalu lengket dan keras seperti marsmellow, permen atau popcorn caramel, juga tak boleh diberikan ke bayi. Makanan ini bisa meningkatkan risiko tersedak. Makanan ini juga mengandung gula berlebih yang bisa berbahaya buat tumbuh kembangnya. 

Makanan dan Minuman Mengandung Kafein

Konsumsi kafein bisa menghambat penyerapan nutrisi dari aneka makanan yang dikonsumsi bayi. Ini juga bisa menyebabkan beragam masalah kesehatan terutama kesehatan sistem pencernaan. Soda, kopi dan sejenis dengan kandungan kafein, selain jangan diberikan ke bayi bawah 1 tahun, jangan juga memberikannya ke balita.

Jus Buah

Buah-buahan memang kaya akan nutrisi serta vitamin. Tapi, konsumsi jus buah berlebih rentan meningkatkan malnutrisi pada bayi. Ini juga bisa menyebabkan diare, anemia, obesitas pada anak saat dewasa dan merusak enamel gigi yang mulai bertumbuh. 

Sayur dan Buah Mentah Serta Keras

Aneka sayuran dan buah-buahan yang bertekstur keras serta masih mentah, tidak dianjurkan untuk diberikan ke bayi usia bawah satu tahun. Sebelum memberikan sayuran dan buah-buahan ke bayi, pastikan untuk mengukusnya terlebih dahulu. Hindari juga memberikan kedua makanan ini secara berlebihan. 

Sea Food

Aneka sea food seperti kerang, kepiting, udang dan sejenis, sebaiknya juga tidak diberikan ke bayi dengan usia bawah 1 tahun. Dikhawatirkan, makanan ini bisa memicu alergi pada anak. 

Ikan Mengandung Merkuri

Sebagian ikan memiliki nutrisi yang sangat dianjurkan untuk diberikan ke anak. Tapi, beberapa ikan sangat tidak disarankan untuk diberikan ke anak. Ikan dengan kandungan merkuri tinggi seperti ikan hiu dan ikan pedang, sebaiknya dihindari untuk diberikan ke anak. 

Nah, itulah beberapa jenis makanan yang tak boleh diberikan ke anak bawah 1 tahun. Yuk Mom, lebih bijak dalam memberikan asupan nutrisi kepada buah hati setiap harinya. Semoga informasi ini bermanfaat. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading