Sukses

Parenting

5 Makanan Tinggi Kalsium Baik untuk Tumbuh Kembang Bayi

Fimela.com, Jakarta 1000 hari pertama usia bayi, adalah masa emas untuk bayi. Pada masa ini, tumbuh kembang bayi bisa berjalan secara maksimal selama orangtua memberikan nutrisi, stimulasi dan berbagai hal yang terbaik untuk bayi. Makanan yang mengandung vitamin, protein, kalsium, folat dan sejenisnya, sangat diperlukan oleh bayi. Aneka nutrisi ini penting dikonsumsi bayi sejak usianya sedini mungkin. 

Salah satu nutrisi yang sangat penting untuk bayi adalah kalsium. Ini bisa membantu pertumbuhan tulang dan gigi agar lebih maksimal. Ini juga membantu saraf, otot, jantung dan berbagai organ dalam tubuh bekerja dengan lebih baik. 

Mengutip dari laman happiestbaby.com, ada beberapa makanan tinggi kalsium yang penting diberikan ke bayi. Makanan tinggi kalsium ini penting diberikan sejak usia bayi sedini mungkin atau sejak ia mendapatkan MPASI pertamanya. Apa saja makanan tersebut?

Susu dan Olahannya

Makanan pertama yang tinggi kalsium dan baik untuk bayi ada susu serta olahannya. Makanan ini mengandung tinggi kalsium yang baik untuk tulang dan gigi bayi. Selain itu, susu juga mengandung berbagai nutrisi sehat yang mengoptimalkan tumbuh kembang bayi secara keseluruhan. Olahan susu seperti yogurt dan keju juga sangat baik untuk menutrisi bayi. 

Kacang Kedelai

Makanan tinggi kalsium selanjutnya yang baik untuk bayi ada kacang kedelai. Kacang kedelai yang diolah menjadi tempe atau tahu, juga sangat baik untuk bayi. Makanan ini tak hanya tinggi kalsium, tapi juga tinggi nutrisi lain seperti protein, lemak sehat dan berbagai vitamin. 

Brokoli dan Sayuran Hijau

Makanan dengan kalsium tinggi selanjutnya ada brokoli serta sayuran hijau. Aneka sayuran hijau tua, juga kaya akan berbagai vitamin terbaik untuk tumbuh kembang bayi. Sayuran hijau memiliki cita rasa dan tekstur yang cukup lembut serta ringan untuk menu MPASI bayi.

Kacang Hijau

Selain kacang kedelai, kacang hijau juga tinggi kalsium. Kacang hijau bahkan mengandung berbagai vitamin terbaik untuk tubuh. Kacang hijau adalah makanan yang disarankan untuk rutin diberikan ke bayi agar tumbuh kembangnya lebih optimal. 

Ikan Sarden

Ikan sarden juga termasuk makanan tinggi kalsium. Ikan sarden sangat baik untuk menutrisi tubuh bayi. Ikan sarden termasuk salah satu jenis ikan yang tinggi nutrisi dan rendah merkuri di dalamnya. Ikan bisa diolah menjadi menu campuran MPASI bayi atau lauk pada menu sehari-hari buah hati. 

Itulah beberapa makanan tinggi kalsium yang sebaiknya diberikan ke bayi. Selain makanan di atas, makanan lain yang tinggi kalsium dan baik diberikan ke bayi ada sayur bayam, kacang almond, sayur okra, biji wijen dan jus jeruk. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading