Sukses

Parenting

5 Makanan Terbaik untuk MPASI Bayi 6 Bulan yang Mudah Dibuat

Fimela.com, Jakarta Saat berusia 6 bulan, bayi perlu mendapatkan asupan makanan lain selain ASI (Air Susu Ibu). Konsumsi ASI saja tidak akan cukup memenuhi kebutuhan nutrisi bayi. Jadi, Mom perlu memberikan MPASI (Makanan Pendamping ASI) untuknya. 

Ada beragam makanan terbaik yang bisa diberikan ke buah hati sebagai MPASI. Umumnya, aneka makanan ini bisa diberikan secara langsung ke bayi tanpa tambahan bahan makanan lain. Selain enak, makanan ini juga memiliki nutrisi tinggi yang dibutuhkan untuk mengoptimalkan tumbuh kembang bayi. Makanan ini juga memiliki tekstur yang sangat halus dan ramah untuk sistem pencernaan bayi. 

Apa saja makanan terbaik tersebut? Simak yang berikut ini.

Buah Alpukat

Makanan terbaik pertama yang bisa diberikan ke bayi usia 6 bulan sebagai MPASI adalah alpukat. Buah alpukat memiliki cita rasa dan tekstur yang ramah. Alpukat juga sangat baik untuk menunjang tumbuh kembang bayi. 

Kentang

Makanan selanjutnya yang baik untuk menu MPASI ada kentang. Mom bisa mengukus kentang hingga matang dan empuk kemudian penyet-penyet hingga halus. Saring kentang matang yang telah dihaluskan dan berikan ke buah hati sebagai menu MPASI. Agar lebih cair, Mom bisa menambahkan ASI atau susu ke dalam kentang.

Pisang

Pisang adalah makanan berikutnya yang baik untuk menu MPASI. Namun ingat Mom, sebaiknya pilih pisang yang ramah dengan cita rasa manis alami seperti pisang ambon. Pisang dengan cita rasa yang asam dikhawatirkan kurang baik untuk sistem pencernaan bayi.

Ubi Jalar

Mom bisa memberikan ubi jalar sebagai menu MPASI bayi 6 bulan. Caranya sama dengan kentang, rebus atau kukus kentang hingga matang dan empuk. Kemudian haluskan atau saring dan berikan ke buah hati sebagai MPASI. Ubi jalar adalah makanan yang memiliki nutrisi tinggi, kaya karbohidrat dan sumber vitamin yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang bayi.

Labu Kuning

Labu kuning merupakan makanan terbaik untuk bayi 6 bulan. Labu kuning mengandung berbagai nutrisi terbaik untuk bayi. Cara memberikan labu kuning adalah dengan mengukus labu dan menghaluskannya, atau dengan membuat labu kuning sebagai sup. 

Berikut adalah beberapa makanan terbaik untuk MPASI bayi 6 bulan. Selain makanan di atas, Mom juga bisa mulai memberikan hati, ikan, daging yang dihaluskan atau telur ke bayi. Semoga informasi ini bermanfaat. Jika Mom, ingin memberikan segala yang terbaik ke buah hati termasuk makanannya, tak apa untuk mengonsultasikan hal ini dengan dokter atau ahlinya.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading