Sukses

Parenting

Dokter Ungkap Cara Memakai Korset Setelah Operasi Caesar

Fimela.com, Jakarta Ketika hamil tubuh seorang ibu pun akan berubah, salah satunya perut yang semakin membesar bahkan setelah melahirkan. Maka tak heran kebanyakan ibu akan mencari solusi untuk mengembalikan tubuh kekeadaan normal pasca melahirkan. 

Korset menjadi salah satu cara untuk mengembalikan fungsi otot perut dan mengecilkan perut buncit setelah melahirkan. Namun tak jarang bagi ibu yang melahirkan caesar ada keraguan menggunakan korset. 

Banyak ibu yang melahirkan ada kekhawatiran takut melukai bekas luka operasi di bagian perut. Namun tak perlu khawatir, justru korset dapat mengurangi nyeri saat bergerak karena mampu menjaga perut yang kendur setelah melahirkan agar tidak terjadi gesekan pada luka bekas jahitan. 

dr. Reisa Broto Asmoro dalam akun Instagramnya menyampaikan penggunaan korset setelah melahirkan dengan operasi caesar harus berhati-hati agar tidak mengganggu penyembuhan luka pasca operasi. Maka ia mengatakan korset yang dipilih harus berbahan halus dan elastis agar tidak teriadi gesekan dengan bekas luka.

“Dan penggunaannya juga jangan terlalu ketat karena dapat menyebabkan hambatan pada aliran darah  justru dapat menyebabkan gangguan pada penyembuhan luka pasca operasi,” tulisnya. 

Cara menggunakan korset

dr. Reisa mengatakan waktu yang tepat menggunakan korset bisa disesuaikan dengan kondisi masing-masing. 

“Sebaiknya, konsultasikan dengan dokter obgyn terlebih dahulu,” tulisnya.

dr. NB Donny AM, Sp.OG, dalam akun Instagram menyampikan setelah melahirkan dengan caesar ibu diperbolehkan menggunakan korset asalkan:

Ukuran disesuaikan tubuh ibu, misalnya awalnya pakai size L. 2 minggu kemudian berat badan ibu turun ke size S, maka ukuran korset diganti ke size S. Jangan pakai terlalu ketat, salah ukuran bisa menyebabkan hambatan pada aliran darah yang justru bisa menimbulkan gangguan penyembuhan luka pasca operasi.

Rutin cuci bersih, kalau bisa, minimal punya 2 korset agar bisa dipakai bergantian setiap hari. Pakai 4-6 minggu setelah melahirkan.

“Tidak perlu pakai terus-menerus agar ibu lebih nyaman,” tulisnya. 

Pilih bahan yang halus, elastis,dan breathable, pemilihan bahan tidak bisa sembarangan agar membantu mempercepat penyembuhan luka sayatan.

Cara pakai korset yang benar, pertama tepi bawah korset jangan berada di atas luka jahitan. Kedua, korset berada 2-3 jari di bawah lipat paha (kira-kira 1/4 paha). Terakhir, pilih korset dengan pengait di bagian  bawah supaya korset tidak bergeser naik ke atas luka caesar. 

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading