Sukses

Parenting

5 Ide Aktivitas untuk Menstimulasi Tumbuh Kembang Anak Usia 1 Tahun

Fimela.com, Jakarta Saat si kecil menginjak usia 1 tahun, stimulasi tubuh berperan penting dalam tumbuh kembang anak. Beragam aktivitas dapat membantu meningkatkan keterampilan motorik mereka. Tidak hanya itu, aktivitas stimulasi juga dapat melibatkan latihan sensorik yang melibatkan indra anak. Dengan aktivitas tersebut, maka dapat membantu si kecil membangun pemahaman sensorik yang lebih baik. 

Selain aktivitas yang melibatkan fisik dan motorik anak, penting untuk meningkatkan interaksi yang positif bagi si kecil. Hal ini dapat merangsang perkembangan sosial dan emosional yang mereka miliki. Mom sudah pasti tahu dong bahwa aktivitas-aktivitas tersebut sangat bermanfaat. Lantas, seperti apa saja sih aktivitasnya? Yuk, intip di bawah ini. 

1. Permainan Musik

Mom bisa mulai mengenalkan berbagai suara dan nada melalui permainan musik. Mom hanya perlu menyiapkan alat musik sederhana seperti kerincingan, drum, atau mainan apapun yang dapat menghasilkan suara. Ketika si kecil mendengar suara-suara yang muncul, mereka refleks menggoyangkan tubuhnya sehingga dapat meningkatkan perkembangan motorik serta otot-otot.

2. Permainan Balok

Untuk permainan ini, Mom hanya perlu barang-barang sederhana seperti balok susun yang aman, berbahan plastik, dan ringan. Permainan yang berbasis konstruksi akan membantunya belajar untk menyesuaikan benda sesuai letak serta melatih keterampilan motoriknya.

3. Permainan Memancing

Permainan memancing dapat dilakukan di tempat kering ataupun bak mandi. Siapkan peralatan permainan memancing yang sederhana. Letakkan mainan seperti bebek atau ikan plastik di atas air, lalu amati dia saat memancing. Kegiatan ini mampu mengembangkan keterampilan motoriknya.

4. Permainan Kata

Kegiatan yang paling mudah dilakukan adalah permainan kata. Walaupun mereka belum fasih dalam berbicara, namun setidaknya ada sepatah kata yang keluar dari mulutnya, sekalipun itu bukan kata yang sempurna. Aktivitas ini dapat merangsang kemampuannya untuk berpikir dan mengekspresikan emosinya melalui kata.

5. Membacakan Buku

Walaupun belum bisa membaca, namun si kecil akan tertarik dengan buku yang memiliki banyak gambar dan warna. Dengan membaca, perkembangan kognitif, bahasa, dan sosial yang ia miliki akan berkembang. Mom juga bisa menggunakan buku yang sama agar ia teringat dengan kata-kata yang sering muncul.

Itu dia 5 aktivitas yang bisa dilakukan bersama si kecil. Dengan semua aktivitas tersebut, si kecil akan berkembang secara optimal dalam berbagai aspek. 

Penulis : Auliani Faiziah Haspari

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading