Sukses

Parenting

5 Cara Menjadi Ibu Rumah Tangga Bahagia dan Tak Diremehkan Orang

Fimela.com, Jakarta Menjadi ibu rumah tangga perlu siap menghadapi berbagai tantangan dan persoalan baru. Dengan menjalani peran penting ini pastinya ada banyak tanggung jawab yang perlu diterima. Meskipun perjalanan dan perjuangan menjadi ibu rumah tangga tidak mudah tetapi kita bisa tetap bahagia menjalaninya.

Saat kita bisa bahagia menjalani peran sebagai ibu rumah tangga, kita pun tak akan gampang merasa tertekan atau terpuruk ketika ada orang yang memandang kita sebelah mata. Berikut ini sejumlah strategi sederhana yang bisa diterapkan agar bisa menjadi ibu rumah tangga yang bahagia dan tak gampang diremehkan orang lain.

1. Memilih Fokus Melakukan Segalanya dengan Usaha Terbaik

“There’s no way to be a perfect mother and a million ways to be a good one.” —Jill Churchill

Tak perlu terlalu kerasa menuntut pada diri sendiri untuk melakukan segalanya dengan serba sempurna. Menjadi ibu rumah tangga tidak mudah sebab ada banyak hal yang perlu dikerjakan. Tanggung jawabnya pun besar. Di sini kita bisa memilih fokus untuk menjalani segala sesuatunya dengan semampunya dan usaha terbaik yang bisa dilakukan. Tak harus memaksa diri serba sempurna sebab melakukan segalanya sebaik mungkin sudah menghadirkan makna yang besar.

2. Landasi Setiap Tindakan dengan Cinta

“No language can express the power and beauty and heroism of a mother’s love.” —Edwin Chapin

Orang yang merendahkanmu atau meremehkanmu tak perlu terlalu dipedulikan. Abaikan saja. Landasi saja peranmu sebagai ibu rumah tangga dengan penuh cinta. Hadirkan cinta dan kasih atas setiap hal yang kamu lakukan. Maka, dengan sendirinya hatimu juga akan dilimpahi dengan lebih banyak cinta.

 

 

3. Apresiasi Setiap Usaha yang Sudah Dilakukan

“The natural state of motherhood is unselfishness. When you become a mother, you are no longer the center of your own universe. You relinquish that position to your children.” —Jessica Lange

Cobalah untuk mengapresiasi dan menghargai setiap usaha yang sudah dilakukan. Sudah banyak hal yang kamu korbankan dan perjuangkan sebagai ibu rumah tangga. Tidak semua orang bisa berempati atau memahami itu. Di sini cobalah untuk tetap berusaha menghargai semua hal yang sudah kamu lakukan dengan baik, dan hal ini dengan sendirinya akan mendatangkan kebahagiaan sendiri untukmu.

4. Syukuri Semua Hal yang Sudah Ada

“Motherhood is wonderful, but it's also hard work. It's the logistics more than anything. You discover you have reserves of energy you didn't know you had.” —Deborah Mailman

Bisa menjadi ibu rumah tangga merupakan hal yang patut disyukuri. Memilih untuk menjadi ibu rumah tangga pun pastinya telah menghadirkan banyak pertimbangan. Cobalah untuk mensyukuri semua hal yang sudah ada dan masih bisa kamu lakukan saat ini. Dengan begini, hati bisa lebih kuat dan mental bisa lebih tangguh lagi.

5. Miliki Support System Terbaikmu

“Women do not have to sacrifice personhood if they are mothers. They do not have to sacrifice motherhood in order to be persons. Liberation was meant to expand women's opportunities, not to limit them. The self-esteem that has been found in new pursuits can also be found in mothering.” —Elaine Heffner

Cobalah untuk menemukan dan mendapatkan support system terbaikmu sendiri. Hadirkan orang-orang yang bisa memberi pengaruh positif pada hidupmu. Orang-orang yang bisa memberi dukungan dan semangat untukmu untuk terus melangkah ke depan dalam menjalani hidup. Kehadiran orang-orang yang senantiasa suportif akan membuat hidup terasa lebih indah.

Itu tadi lima hal yang bisa dilakukan untuk menjadi ibu rumah tangga yang bahagia dan tak gampang diremehkan orang lain. Terima kasih pada dirimu yang sudah melakukan semua usaha terbaik hingga saat ini.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading