Sukses

Parenting

6 Asupan yang Baik dan Bernutrisi Bagi Kesehatan Mata Anak

Fimela.com, Jakarta Menjaga kesehatan anak, termasuk kesehatan mata sudah menjadi tanggung jawab orangtua sejak kecil. Selain itu, orangtua juga pasti berusaha memberikan yang terbaik bagi buah hatinya supaya tetap sehat. Orangtua juga memiliki peran aktif dalam tumbuh dan kembang anaknya sehingga pastikan kamu memiliki pola asuh yang benar sehingga anak tidak salah mengambil jalan ketika sudah beranjak dewasa.

Pola asuh menjadi hal yang penting sejak kecil seperti mendisiplinkan anak. Namun, bukan berarti mengekang. Terkadang anak juga memerlukan arahan sejak masih kecil untuk mengetahui yang baik dan buruk untuknya. Jangan sampai kamu memberikan contoh atau teladan yang salah kepada anak seperti memberikan gadget sejak kecil dan tidak memberikan waktu batasan bermain. 

Hal tersebut, jika dibiarkan nantinya akan menjadi kebiasaan yang buruk dan memberikan dampak negatif pada kesehatan mata anak akibat radiasi yang diberikan seperti mata minus sehingga anak harus menggunakan kacamata sejak dini. Oleh karena itu, pastikan anak tidak kecanduan terhadap perangkat elektronik dan kamu juga memberikan asupan yang baik dan bernutrisi untuk kesehatan anak, terutama mata.

 

 

Asupan yang Baik dan Bernutrisi Bagi Kesehatan Mata Anak

Pemberian asupan yang baik dan bernutrisi juga dapat berpengaruh pada kesehatan anak, terutama mata. Oleh karena itu, pastikan kamu memberikan asupan yang tepat untuk anak dalam menjaga kesehatannya. Dilansir fullscript.com, nutrisi merupakan faktor kunci untuk mendukung perkembangan visual dan berikut beberapa nutrisi penting untuk kesehatan mata yang meliputi:

Vitamin A

Vitamin A merupakan nutrisi yang sangat penting untuk menjaga kesehatan lapisan permukaan mata yaitu kornea dan konjungtiva serta kesehatan fungsi retina. Jika seseorang kekurangan vitamin A dapat menimbulkan rabun senja dan xeropthalmia atau kekeringan parah pada permukaan mata hingga kebutaan. Vitamin A dapat kamu temukan dalam berbagai produk hewani (ikan berlemak dan telur), sayuran (ubi jalar, kangkung, sawi), buah-buahan seperti mangga dan melon.

Vitamin C

Selain menjadi antioksidan kuat, vitamin C juga dapat membantu sintesis kolagen yang merupakan protein yang penting untuk banyak struktur mata, termasuk kornea, sklera, uvea, koroid, dan vitreous. Kamu dapat mengonsumsi buah-buahan dan sayuran seperti kiwi, lemon, jeruk, pepaya, stroberi, kangkung, bayam, kubis Brussel, dan brokoli untuk mendapatkan khasiat vitamin C.

Vitamin E

Vitamin E juga merupakan antioksidan yang kuat untuk kesehatan mata karena dapat membantu menjaga kejernihan lensa dan melawan kerusakan oksidatif di retina. Beberapa sumber vitamin E dapat kamu temukan dalam berbagai kacang-kacangan dan biji-bijian seperti almond, kacang pinus, biji bunga matahari, dan hazelnut. Selain itu, minyak seperti bibit gandum, alpukat, dan kemiri dan ikan seperti salmon juga menjadi sumber makanan yang kaya akan vitamin E.

 

 

Seng

Seng merupakan mineral penting yang diperlukan untuk menjaga penglihatan dan biasanya ditemukan dalam konsentrasi tinggi di makula. Makula sendiri merupakan pusat retina yang bertanggung jawab untuk penglihatan beresolusi tinggi. Selain itu, seng bekerja sama dengan vitamin A dalam siklus visual di retina. Kamu dapat mengonsumsi tiram, daging sapi, kacang panggang, dan kacang mete untuk mendapatkan makanan yang mengandung seng. 

Selenium 

Selenium merupakan trace mineral yang juga diperlukan untuk penglihatan karena tidak hanya berperan sebagai antioksidan, tetapi juga membantu penyerapan vitamin E. Sumber selenium dapat kamu temui di antara lainnya seperti kacang brazil, bayam beku, kacang panggang, tuna, kalkun, dan daging sapi.

DHA

Anak kecil sangat membutuhkan asupan asam lemak omega-3 yang dapat mendukung kesehatan penglihatan dan kognisinya. Kamu dapat menemukan DHA dan asam eicosapentaenoic (EPA) dalam minyak ikan dan sumber-sumber yang baik untuk anak seperti salmon, sarden, ikan teri, sedangkan dalam sumber DHA dan EPA nabati dapat ditemukan pada biji chia, kecambah Brussel, minyak alga, kenari, dan biji rami.

 

Dalam memenuhi asupan yang baik untuk menjaga kesehatan mata, kamu dapat mencoba membuat tropical post-run smoothie yang dikemas dengan lutein, zeaxanthin, dan vitamin C. Sebelum membuatnya kamu perlu menyiapkan beberapa bahan berikut seperti yang dilansir dari allaboutvision.com:

  • ¾ cangkir mangga beku
  • ¼ cangkir nanas beku
  • 1 cangkir bayam atau kangkung
  • 1 cangkir air kelapa

Setelah itu, masukkan semua bahan yang telah disiapkan ke dalam blender dan haluskan. Minuman dapat segera disajikan.

 

 

*Penulis: Fani Varensia

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading