Sukses

Parenting

7 Aktivitas Seru untuk Anak Ketika Libur Sekolah

Fimela.com, Jakarta Libur sekolah yang panjang kerap membuat anak terus mengeluh merasa bosan di rumah tanpa melakukan aktivitas. Ditambah lagi si anak tidak bisa berjumpa dengan teman yang biasa bermain bersamanya ketika di sekolah. Perlu adanya ide-ide menarik untuk memberikan anak aktivitas seru agar tak mudah bosan ketika menjalani liburan sekolah yang berkepanjangan.

Biasanya, sekolah memberikan muridnya hari libur bisa berminggu-minggu lamanya, bahkan ada yang sampai berbulan-bulan. Meskipun ini adalah momentum bagi anak untuk bisa dan terlepas dari penatnya tugas yang sudah berlalu, terkadang libur sekolah yang panjang juga membuat mereka frustasi. Memungkinkan anak menumbuhkan rasa rindu bermain bersama teman, bersenang-senang membuat kerajinan di sekolah, ataupun sekadar makan bekal saat jam istirahat. 

Semua kegiatan yang anak rindukan ini juga bisa dilakukan dari rumah. Para orangtua mulai berputar ide untuk menyiapkan beberapa aktivitas menyenangkan yang bisa anak lakukan saat masa libur sekolah. Jangan khawatir, Fimela sudah menyiapkan beberapa ide aktivitas seru dan edukatif agar anak tetap sibuk di rumah. Yuk, simak di bawah ini.

Beri tantangan membaca satu buku setiap minggu

Anak-anak sangat menyukai tantangan. Ketika diberikan tantangan, mereka akan merasa dirinya harus telihat baik dan dan menyelesaikan tugas secepat mungkin. Hal ini bisa dimanfaatkan oleh para orangtua ketika anak sedang liburan sekolah. Cobalah untuk berikan anak tantangan menyelesaikan satu buku bacaan setiap minggunya.

Berikan anak hadiah kecil ketika mereka telah menyelesaikan tantangan membaca buku setiap di akhir minggu. Selain melatih jiwa semangat anak, membaca buku juga dapat membantu mereka mempelajari kosa kata dan tata bahasa baru. Kreativitas dan imajinasi anak akan bertumbuh dengan rutin membaca buku. Pastikan untuk berikan anak buku yang juga dikemas dengan aspek-aspek edukasi. 

Nonton film bersama-sama

Biasanya, anak-anak diberikan fasilitas menonton ketika sedang makan, setelah mengerjakan tugas, ataupun sebelum berangkat sekolah. Animasi adalah tontonan kesukaan mereka, seperti Barbie, Spongebob Squarepants, Upin&Ipin, ataupun Ben10. Anak akan merasa senang dan terhibur ketika menonton film.

Ini bisa menjadi aktivitas anak yang menyenangkan selagi mengisi hari libur sekolah, sehingga ia akan merasa bahagia dan tidak bosan selama di rumah. Namun perlu diingat untuk berikan pengawasan terkait tontonan yang dipilih anak dan sebisa mungkin dampingi anak ketika menonton film. 

 

Membuat kerajinan tangan

Aktivitas yang satu ini sangat digemari oleh sebagian besar anak. Mereka cenderung menyukai hal-hal yang berbau seni dan gambar. Ketika di sekolah, anak-anak pasti seringkali diarahkan oleh gurunya untuk membuat sebuah kerajinan tangan dari origami,  bahan-bahan daur ulang, kain bekas, ataupun stik es krim. Bahan-bahan tersebut juga bisa dengan mudah ditemukan di rumah.

Manfaatkan bahan-bahan yang sudah tidak terpakai untuk dijadikan kerajinan tangan si kecil. Jangan lupa sediakan pewarna warna-warni dan sticker atau glitter untuk menambah minat sang anak. Kerajinan tangan bisa membantu mereka untuk mengembangkan keterampilan motorik halus. Selain itu, aktivitas ini juga bisa menjadi hobi baru untuk mengasah imajinasi anak.

Memperkenalkan anak pada permainan tradisional

Anak yang lahir pada zaman modern ini cenderung tidak mengenali kekayaan mainan khas Indonesia. Ini menjadi momentum untuk mengenalkan anak tentang budaya nusantara dengan cara yang menyenangkan. Mainan-mainan tradisional yang bisa diajarkan kepada anak, seperti congklak, bola bekel, kelereng, ular naga, ataupun layang-layang. Dengan ini, anak akan mengisi hari liburnya dengan sesuatu yang bermanfaat.

Ajak anak untuk memasak

Sudah bosan dengan mainan melulu? Masak bisa menjadi opsi! Anak akan mengetahui makanan kesukaan mereka dari apa yang mereka konsumsi setiap hari. Tidak sedikit dari mereka yang selalu penasaran dan ingin membantu ibunya ketika sedang di dapur. Apalagi ketika sedang bosan di rumah tanpa melakukan aktivtias apa pun. Tingkat penasaran mereka akan jauh lebih tinggi dan selalu ingin menyibukkan diri di kala kebosanan. Ajaklah anak untuk membuat makanan kesukaannya atau sekadar membantu menyiapkan bahan-bahan masakan. Siapa tahu memasak bisa menjadi hobi mereka.

Mendekorasi kamar anak

Ketika anak memiliki kamar pribadi, memungkinkan mereka untuk menghias dan mendekorasi sesuai dengan keinginan sendiri. Menggantung foto atau gambar di dinding, merias cermin, memindahkan tempat tidur, ataupun menempelkan sticker pada lemari. Aktivitas ini bisa mengisi waktu luang anak sekaligus bermanfaat bagi mereka untuk meningkatkan imajinasi dan kebiasaan bersih-bersih kamar, sehingga nantinya akan terbawa sampai dewasa untuk selalu rapi dan teratur. 

Membuat scrapbook 

Aktivitas ini Fimela rekomendasikan agar anak mampu untuk mengingat dan mengasah kreativitas serta komunikasi mereka. Buatlah scrapbook atau sejenis buku harian yang isinya berupa kegiatan apa saja yang mereka lakukan setiap hari saat libur sekolah. Hal ini akan menjadi kenang-kenangan nantinya ketika mereka sudah beranjak dewasa. Bernostalgia sambil membaca diary yang ditulisnya semasa kecil. Jangan lupa untuk merias scrapbook dengan foto-foto bersama keluarga, tulisan-tulisan lucu, sticker, dan spidol warna-warni. 

 

*Penulis: Balqis Dhia.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading