Sukses

Parenting

5 Sikap Orangtua yang Rentan Bikin Anak Kehilangan Percaya Diri

Fimela.com, Jakarta Rasa percaya diri adalah hal yang penting dimiliki setiap anak. Rasa percaya diri yang baik, mendorong anak untuk bersosialisasi dengan lebih baik. Ini juga memungkinkan anak terhindar dari risiko perundungan yang dilakukan oleh orang-orang tak bertanggung jawab di sekitarnya. Rasa percaya diri yang baik dalam diri anak, memberikan peluang kesuksesan yang lebih besar ke anak di masa depan. 

Sayangnya, sikap orangtua sehari-hari pada anak, beberapa justru rentan bikin anak kehilangan rasa percaya dirinya. Tanpa disadari, sikap orangtua ini bikin anak semakin minder, menutup diri dan berontak. Apa saja sikap tersebut?

Menuntut

Apakah Mom dan ayah termasuk orangtua yang menuntut lebih ke anak? Studi yang dilakukan para ahli menemukan jika orangtua yang suka menuntut anak, rentan bikin anak mudah stres dan depresi. Tuntutan yang dianggap sangat berat oleh anak, bisa menurunkan rasa percaya dirinya. Terlebih, jika mereka tak bisa memenuhi tuntutan orangtua tersebut. 

Sikap Cuek dan Abai

Setiap orangtua pasti memiliki kesibukan masing-masing. Hanya saja, jangan sampai kesibukan ini membuat mereka kehilangan banyak waktu untuk anak-anaknya. Sikap cuek, dingin dan abai orangtua ke anak, sangat rentan bikin anak kehilangan rasa percaya dirinya. 

Sikap dingin orangtua, akan membuat anak merasa tak dipedulikan. Ini juga bisa bikin anak merasa kehadirannya tak dibutuhkan oleh orangtuanya. Jika sudah begitu, anak akan sangat mudah minder, menutup diri dan tak berdaya.

Tidak Memberi Perhatian ke Anak

Seberapa banyak perhatian Mom yang diberikan ke anak selama ini? Mengutip dari laman parents.com, anak yang kurang perhatian dari orangtuanya, akan sangat rentan mengalami penurunan rasa percaya diri. Mereka lebih mudah marah, emosi dan menyesali akan hidupnya. 

Over Protektif

Peduli ke anak memanglah baik. Tapi, jika kepedulian orangtua sudah berada di tahap over protketif, ini justru bikin anak kehilangan rasa percaya dirinya. Orangtua yang melarang anak untuk melakukan berbagai hal, rentan bikin anak kebingungan. 

Ini rentan bikin anak merasa tidak yakin dengan kemampuan dirinya sendiri. Anak akan menilai bahwa tidak ada hal yang aman dan bisa membuatnya merasa nyaman. Larangan dari orangtua, kerap bikin anak ketakutan atau kehilangan keberanian untuk mencoba berbagai hal baru. 

Mudah Emosi dan Marah

Orangtua yang mudah emosi dan marah, juga bikin anak kehilangan rasa percaya dirinya.  Pelan tapi pasti, anak yang kerap dimarahi akan merasa lemah dan tak berdaya. Mereka juga rentan merasa tak pernah baik di mata orang lain terutama orang tuanya. 

Itulah sekian sikap orangtua yang kerap bikin anak kehilangan rasa percaya dirinya. Yuk Mom, lebih bijak dalam bersikap ke buah hati. Sikap Mom dan keluarga terdekat anak, berpengaruh besar terhadap tumbuh kembang dan mental anak ke depannya. Semoga informasi ini bermanfaat. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading