Sukses

Parenting

5 Tips Anak Memiliki Kecerdasan Maksimal Sejak di Dalam Kandungan

Fimela.com, Jakarta Bisa dipastikan setiap orang tua sangat bahagia ketika memiliki buah hati yang cerdas. Memang, kecerdasan tak bisa diharapkan dengan mudah begitu saja. Ada beragam hal yang bisa berpengaruh pada kecerdasan anak. Hal tersebut mulai dari genetik, nutrisi yang dikonsumsi ibu selama mengandung, nutrisi yang diberikan ke anak sejak 1000 hari pertama usianya, faktor lingkungan dan masih banyak lagi. 

Buat Mom yang mengharapkan buah hati cerdas, otak sehat dan mengesankan, ini bisa dibentuk sejak buah hati masih di dalam kandungan. Studi menemukan jika semakin baik Mom dalam merawat dan menjaga kehamilan, akan semakin besar potensi anak lahir cerdas. Pola hidup Mom selama hamil, besar pengaruhnya pada kesehatan dan kecerdasan otak anak. 

Dilansir dari laman parents.com, ada beberapa tips yang bisa Mom lakukan selama hamil agar memiliki anak cerdas. Adapun tipsnya sebagai berikut: 

Hindari Berada di Lingkungan yang Berbahaya

Tips pertama adalah hindari berada di lingkungan yang berbahaya. Contoh lingkungan berbahaya adalah lingkungan yang bikin stres, kumuh, memiliki tingkat polisi tinggi, terpapar bahan kimia berbahaya atau radiasi dan sejenisnya. 

Tak hanya bikin Mom tak nyaman, lingkungan seperti ini juga bikin janin di dalam kandungan rentan mengalami masalah kesehatan fisik pun mental. Suasana hati Mom selama hamil, besar pengaruhnya terhadap tumbuh kembang janin di dalam kandungan. 

Makan Sehat, Jangan Lupa Olahraga

Pastikan agar Mom melakukan mengonsumsi makanan sehat selama hamil. Pastikan juga agar Mom memiliki olahraga rutin. Kedua hal ini bisa berpengaruh besar terhadap kesehatan Mom pun janin di kandungan. Kesehatan yang maksimal, memungkinan janin memiliki otak cerdas dan mengesankan ke depannya.

Studi menemukan jika olahraga ringan seperti jalan kaki, renang atau yoga selama kehamilan bisa membentuk kecerdasan pada janin dengan lebih baik. Sementara itu, asupan makanan yang berimbang, bernutrisi tinggi dan sehat, berdampak baik buat fisik pun psikis janin secara keseluruhan.

Hindari Merokok Maupun Asap Rokok

Rokok merupakan satu hal yang berdampak buruk buat kesehatan. Ibu hamil sangat disarankan untuk berhenti merokok. Bahaya dari rokok, bisa lebih mengancam dibandingkan konsumsi junkfood atau sejenisya. 

Zat nikotin pada rokok membatasi aliran darah ke otak janin yang sedang berkembang. Kebiasaan buruk Mom merokok saat hamil, bisa menurunkan kecerdasan otak anak. Tak hanya sebagai perokok aktif, Mom pun harus menghindari segala aktivitas yang memungkinkan Mom jadi perokok pasit atau terpapar asap rokok di kehidupan sehari-hari. 

Konsumsi Makanan Tinggi Asam Folat

Asam folat bermanfaat untuk mencerdaskan otak bayi sejak ia dalam kandungan. Tak hanya disarankan dikonsumsi selama kehamilan, asam folat sebaiknya juga diksonsumsi saat merencanakan program kehamilan. 

Beberapa makanan dengan asam folat tinggi antara lain ikan, alpukat, buah-buahan citrus, biji bunga matahari, bayam, brokoli dan masih banyak lagi. Usahakan untuk konsumsi asam folat degan porsi tepat selama hamil agar nutrisinya bisa ikut diserap janin di kandungan. Janin pun bisa berpotensi besar menjadi anak yang cerdas.

Santai dan Bahagia

Sebisa mungkin, jalani masa kehamilan dengan perasaan santai dan bahagia. Kebahagiaan maksimal yang dimiliki Mom selama kehamilan, besar pengaruhnya terhadap kebahagiaan janin dan kecerdasan otaknya. 

Untuk meningkatkan perasaan bahagia Mom dan janin, ajak buah hati di kandungan gemar membaca, mendengar musik klasik atau melakukan aktivitas positif lainnya. Konsumsi juga makanan bernutrisi tinggi yang bisa meningkatkan mood selama kehamilan. 

Itulah sekian cara agar bayi lebih cerdas sejak dalam kandungan. Semoga informasi ini bermanfaat. Cerdas tidaknya buah hati, pada dasarnya itu sudah menjadi takdir Tuhan. Tapi, tak ada salahnya untuk mengusahkan untuk memaksimalkan kecerdasan anak dengan beragam hal positif. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading