Sukses

Parenting

7 Tips Membentuk Anak yang Cerdas dan Pintar

Fimela.com, Jakarta Setiap orangtua pasti menginginkan anaknya tumbuh menjadi cerdas dan pintar, dan setiap orangtua punya cara tersendiri untuk membentuk anak menjadi cerdas dan pintar. Mulai dari pola pengasuhan, materi yang diberikan pada anak-anak atau kebiasaan sehari-hari yang bermanfaat. Masa kanak-kanak adalah tahap dimana otak berkembang dengan cepat, sehingga jumlah stimulasi yang tepat pada usia dini meningkatkan kemampuan mental anak. Dan berikut adalah 7 tips membentuk anak yang cerdas dan pintar.

1. Ajak anak berbicara

Komunikasi adalah keterampilan utama yang penting untuk meningkatkan kecerdasan anak. Ini juga membantu anak untuk terikat lebih baik dengan orangtua dan mengembangkan harga diri dan kepercayaan diri. Cobalah untuk mendorong anak untuk meningkatkan keterampilan komunikasi dengan melibatkan mereka dalam kegiatan verbal.

2. Bersikaplah terbuka, penuh kasih sayang, dan buat anak merasa dicintai.

Studi penelitian telah menunjukkan bahwa, mencintai, memeluk, berinteraksi dan bermain dengan anak-anak akan memiliki efek yang kuat dalam mengembangkan kecerdasan mereka. Selain itu, anak yang percaya diri akan berpikiran terbuka terhadap masalah dan tantangan dalam kehidupan masa depan. Cinta dan kasih sayang antara orangtua dan anak membantu mereka meningkatkan keterampilan berpikir mereka.

3. Biarkan anak mengambil risiko gagal

Anak yang tidak mengambil risiko dan mengalami kegagalan dapat mengembangkan rasa rendah diri dan putus asa. Mendorong anak mengambil risiko dan kegagalan akan mengajari mereka keterampilan hidup yang mendasar sejak masa kanak-kanak mereka. Ajari anak bahwa kegagalan sebenarnya bukanlah hal yang buruk tetapi keterampilan hidup yang hebat yang memungkinkan mereka membuat keputusan yang cerdas.

4. Mendorong rasa ingin tahu anak-anak

Anak-anak secara alami ingin tahu, tetapi rasa ingin tahu itu dapat memudar seiring bertambahnya usia jika tidak dilatih dan didorong. Merangsang rasa ingin tahu anak-anak dengan memberi mereka banyak kesempatan untuk mengeksplorasi dan menemukan hal-hal baru. Libatkan mereka dalam topik yang menjadi minat pribadi mereka sehingga mereka termotivasi dan terus mengembangkan keterampilan.

5. Biarkan anak-anak Anda bosan

Kebosanan sebenarnya tampak seperti hal yang negatif tetapi para ahli mengatakan bahwa itu membantu anak-anak Anda mendorong kemampuan mereka untuk berpikir dan menjadi kreatif. Dikatakan pula bahwa anak belajar bosan adalah bagian dari mempersiapkan diri untuk dewasa. Buat anak Anda belajar menikmati refleksi yang tenang yang memberikan ruang pikiran untuk berpikir dan berkreasi.

6. Biarkan anak melihat orangtua melakukan hal cerdas

Jika anak melihat orangtua terlibat dalam membaca buku, menulis, membuat musik atau melakukan sesuatu yang kreatif dapat membantu mereka untuk menjadi lebih pintar dalam prosesnya. Sangat penting untuk membiarkan anak mendengar orangtua berbicara tentang pencapaian dari kerja keras untuk menjadi lebih pintar.

7. Biarkan anak memiliki mindset berkembang

Orangtua harus mendorong anak-anak mereka untuk melihat belajar sebagai proses menjadi lebih pintar dan lebih baik dalam sesuatu, daripada memiliki kecerdasan tetap. Jadi, ketika anak-anak dihadapkan dengan tugas-tugas yang sulit, mereka akan melihatnya sebagai peluang untuk berkembang, bukannya melihat diri mereka sebagai kegagalan.

Anak yang cerdas terlahir dari orangtua yang cerdas pula. Sehingg besar sekali peran orangtua yang dibutuhkan untuk membentuk anak yang cerdas dan pintar. Semoga ulasan di atas bermanfaat.

What's On Fimela
Loading