Sukses

Parenting

10 Makanan Membuat Anak Cerdas, Apa Saja?

Fimela.com, Jakarta Sudah tidak heran jika memberikan makanan kepada anak cukup sulit. Orang tua harus penuh kesabaran ketika memberikan si kecil asupan makanan.

Si kecil sangat tertarik dengan makanan-makanan yang dikemas dengan bagus atau makanan cepat saji. Sayangnya, makanan ini sama sekali tidak baik pada kesehatan, pertumbuhan fisik dan otak si kecil.

Padahal sangat penting memberikan anakmu makanan sehat yang kaya akan nutrisi dan vitamin. Agar si kecil cerdas dan berenergi.

Nah, berikut ini beberapa daftar makanan yang bisa dikonsumis si kecil, melansir doctor.ndtv.com.

1. Kenari

Walnut atau kenari memiliki sumber Omega 3 yang baik untuk otak. Serta menghasilkan DHA, yang merupakan komponen penting dari sistem neurologis.

2. Alpukat

Buah hijau ini dikemas dengan lemak baik, yang penting untuk perkembangan otak yang tepat selama masa kanak-kanak.

3. Apel

Buah yang manis dan berair ini juga baik untuk otak si kecil. Apel mengandung quercetin antioksidan, yang telah terbukti melawan tanda-tanda penurunan keterampilan mental dan membuat anak fokus dan waspada.

4. Oatmeal

Oatmeal kaya akan berbagai nutrisi penting bagi tubuh. Selain itu, oat juga dikenal dapat mengurangi kolesterol jahat dalam aliran darah anak, sehingga membersihkan arteri otak dan meningkatkan daya ingat.

5. Telur

Telur mudah dimasak, memiliki banyak varian dan bergizi serta lezat pada saat bersamaan. Untuk otak, kuning telur membantu pembentukan neurotransmitter asetilkolin. Asetilkolin memfasilitasi komunikasi antar sel dan meningkatkan daya ingat pada anak-anak.

6. Yogurt

Yogurt juga enak dan kaya akan kalsium dan protein. Sementara lemak baik dalam yogurt sangat penting untuk perkembangan otak, probiotik di dalamnya telah terbukti meningkatkan suasana hati yang lebih baik, terutama saat balita mengalami berbagai temperamen.

7. Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau harus menjadi komponen penting dalam makanan anak. Sebab membantu melindungi otak dari radikal berbahaya. Mereka juga memfasilitasi fungsi neurologis dalam tubuh.

8. Ikan

Ikan berlemak seperti salmon memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi yang merupakan kebutuhan esensial untuk perkembangan otak.

9. Minyak zaitun

Minyak zaitun tinggi asam lemak tak jenuh tunggal, kebutuhan penting lainnya untuk perkembangan otak.

10. Almond

Selain asam lemak, almond mengandung protein, yang memperbaiki sel-sel otak yang rusak dan menjaga agar otak anak berfungsi dengan baik.

#changemaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Penelitian Ungkap Alasan Seseorang Kehilangan Memori Masa Kecil di Bawah Usia 4 Tahun
Artikel Selanjutnya
4 Hal yang Perlu Diperhatikan untuk Menjaga Kandungan Gizi pada ASI