Sukses

Parenting

4 Cara agar Kehadiran Orangtua Bisa Membuat Anak Cerdas

Fimela.com, Jakarta Kehadiran orangtua bisa berdampak besar pada tumbuh kembang anak. Saat orangtua bisa memberi kelekatan yang aman (secure attachment) maka anak bisa menjadi pribadi yang lebih cerdas. Anak pun bisa tumbuh dengan kondisi emosional dan mental yang lebih kuat.

Mengutip buku The Power of Showing Up, kelekatan yang aman mempermudah anak-anak melewati permasalahan, terutama permasalahan dengan tantangan lebih seperti pengalaman hidup yang traumatis, tekanan lingkungan, masalah tumbuh kembang/medis/genetis, atau kesulitan dalam belajar. Untuk menciptakan kelekatan yang aman, ada sejumlah hal yang perlu dilakukan yang berkaitan dengan 4 S.

1. Membuat Anak Merasa Terlindungi (Safe)

Orangtua perlu membuat anak merasa terlindungi. Artinya membuat anak merasa terjaga secara fisik, emosional, dan rasional. Anak-anak butuh merasa dan tahu bahwa mereka terlindungi. Saat orangtua hadir dan mendampingi anak, orangtua perlu secara sadar membantu anak memahami bahwa orangtua sudah berusaha sebaik mungkin untuk membuat mereka terlindungi.

2. Membuat Anak Merasa Terlihat (Seen)

Untuk bisa mengoptimalkan tumbuh kembang anak, orangtua semestinya menyadari bahwa kehadiran mereka perlu membuat anak merasa terlihat. Hadir secara fisik seperti hadir ke pertunjukan sekolah mereka dan bermain bersama mereka bisa membuat anak merasa terlihat dan diperhatikan. Memusatkan perhatian pada perasaan, pemikiran, dan memori anak bisa berdampak positif bagi tumbuh kembang mereka.

3. Membuat Anak Merasa Tenang (Soothed)

Orangtua tidak bisa selalu memanjakan anak, tetapi bisa membantu mereka untuk bisa tenang. Membuat anak tenang bukan berarti menghalau ombak yang sudah pasti datang tetap mengajari mereka cara menaklukkan ombak yang akan datang. Orangtua perlu membangun kesadaran penuh bahwa anak tidak akan menderita sendirian di saat hidupnya bersinggungan dengan rasa sakit atau kesulitan.

4. Membuat Anak Merasa Aman (Secure)

Ketika aspek 3 S di atas (safe, seen, soothed) terpenuhi, maka orangtua bisa lebih mudah menghadirkan rasa aman (safe) untuk anak. Kehadiran orangtua perlu membuat anak merasa aman. Kembali mengutip buku The Power of Showing Up, dampak neurobiologis dari Empat S ini adalah fungsi otak akan saling berintegrasi: sistem saraf cenderung stabil dan tidak menetap pada kondisi stres berkelanjutan. Dampak positifnya pada anak adalah anak bisa menanggapi kehidupan dengan asumsi bahwa mereka aman, bahwa kasih sayang dan hubungan antarmanusia akan bersifat konsisten dan nyaa dalam kehidupan mereka, dan mereka bisa menghadapi momen-momen sulit yang pasti terjadi dalam hidup.

Saat kehadiran orangtua bisa membuat anak merasa aman dan nyaman berada di dunia, anak bisa memiliki kecerdasan emosional yang lebih baik. Dengan kemampuan ini anak pun bisa lebih mudah mengembangkan potensi dan kelebihan dirinya kelak saat dewasa.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading