Sukses

Parenting

Review Buku The Power of Showing Up

Fimela.com, Jakarta Mengasuh, membesarkan, dan mendidik anak jelas bukan tugas yang mudah. Orangtua perlu mengupayakan semua hal terbaik demi memastikan tumbuh kembang anak bisa optimal. Meskipun tugas menjadi orangtua berat, tetapi selama kita membekali diri dengan ilmu dan pengetahuan yang tepat maka kita bisa lebih mudah dalam mengoptimalkan perkembangan buah hati tercinta.

Salah satu cara untuk bisa membantu anak bisa tumbuh dan berkembang secara optimal adalah melalu kehadiran kita untuk mereka. Kehadiran yang dimaksud bukan sekadar muncul atau tampak oleh anak. Melainkank kehadiran yang bisa membuat anak merasa terlindungi, terlihat, ditenangkan, dan aman. Saat orangtua bisa menciptakan kehadiran tersebut, maka upaya untuk membantu anak bertumbuh dengan baik khususnya dalam memastikan perkembangan emosi dan kemampuan anak untuk mengatasi masalah bisa lebih optimal lagi.

 

 

The Power of Showing Up

Judul: Buku The Power of Showing Up

Penulis: Daniel J. Siegel, M.D.,Tina Payne Bryson, PhD

Alih Bahasa: Alodia Dwinkarinardy

Editor Bahasa Indonesia: Paulin

Perwajahan dan tata letak: Marchya

Desain Sampul: Hady

Penerbit: Elex Media Komputindo

Mengasuh anak itu jelas tidak mudah. Tapi, mendampingi anak, dan benar-benar ada di sampingnya itu jauh lebih mudah. Dan nyatanya, dampak terbesar dimulai justru ketika Anda berada di tempat Anda sekarang, di hadapan anak Anda dan dirasakan kehadirannya.

Bagaimana setiap anak akan menjadi—dalam hal kebahagiaan, kesuksesan akademis, kepemimpinan, dan memiliki hubungan yang bermakna—sangat ditentukan oleh setidaknya satu orang dewasa dalam hidup mereka yang secara konsisten muncul dan selalu ada untuk mereka. Di zaman yang padat jadwal dan penuh distraksi digital, selalu ada untuk anak Anda mungkin terdengar seperti tugas yang sangat sulit. Akan tetapi, seperti yang dijelaskan secara meyakinkan oleh penulis buku terlaris Daniel Siegel dan Tina Payne Bryson, sebenarnya hal itu tidak menuntut banyak waktu, energi, atau uang. Sebaliknya, showing up berarti menawarkan kualitas kehadiran.Setiap anak perlu merasakan apa yang disebut Siegel dan Bryson sebagai Empat S:

• Safe (terlindungi): Kita tidak selalu dapat melindungi anak dari cedera ataumenghindari melakukan sesuatu yang mengarah pada perasaan terluka. Tetapi ketika kita memberi pada anak rasa terlindungi, aman, dan nyaman, maka dia akan mampu mengambil risiko yang diperlukan untuk bertumbuh dan menghadapi perubahan.

• Seen (terlihat): Benar-benar melihat seorang anak berarti kita memperhatikan emosinya—baik positif maupun negatif—dan berusaha menyesuaikan diri dengan apa yang terjadi di dalam benaknya di balik perilakunya.

• Soothed (ditenangkan): Diberi ketenangan bukan tentang memberikankehidupan yang nyaman. Ini tentang mengajari anak Anda bagaimana caramengatasi ketika hidup menjadi sulit, dan menunjukkan kepadanya bahwaAnda akan berusaha selalu ada bersamanya di sepanjang perjalanan—bahwadia tidak akan pernah menderita sendirian.

• Secure (aman): Ketika seorang anak tahu bahwa dia dapat mengandalkan Anda akan selalu muncul dan menemani—ketika Anda memberikan rasa aman, fokus untuk melihat hanya kepadanya, dan menenangkannya pada saat dibutuhkan—anak akan percaya pada perasaan kelekatan yang aman. Dan terus berkembang!

***

"Kelekatan yang aman mempermudah anak-anak melewati permasalahan, terutama permasalahan dengan tantangan lebih seperti pengalaman hidup yang traumatis, tekanan lingkungan, masalah tumbuh kembang/medis/genetis, atau kesulitan dalam belajar." (hlm. 18)

"Memahami dan sungguh-sungguh berada di sisi mereka: itulah yang dimaksud dengan hadir. Dan dari sanalah kita akan memulainya, dengan membantu Anda memikirkan sebaik apa Anda memahami pengalaman Anda dengan orangtua Anda dan bagaimana Anda mampu hadir dalam kehidupan anak-anak Anda." (hlm. 31)

"Ketika anak-anak menerima kelekatan yang aman dari pengasuh utama mereka, maka pengalaman yang diprediksi, dan oleh karena itu bisa diandalkan, akan mengurangi tingkat stres mereka dan memberi mereka kesempatan untuk mengembangkan rasa percaya diri yang selanjutnya berujung pada kemandirian. Mereka jadi belajar cara mengelola perasaan dan perilaku mereka, dan memungkinkan merekka untuk berkembang dan terus berkembang." (hlm. 35)

Buku The Power of Showing menyajikan penjelasan yang jelas dan gamblang soal pentingnya kehadiran orangtua bagi anak. Dalam buku ini juga disajikan penjelasan dan uraian tentang membuat kelekatan yang aman untuk anak. Ternyata ada banyak dampak positif yang bisa muncul dari upaya orangtua memberi kelekatan yang aman dan senantiasa memberikan kehadiran yang membantu anak tumbuh jadi pribadi yang lebih tangguh.

Kehadiran orangtua bukanlah untuk memanjakan anak. Bukan juga untuk membuat anak terlalu bergantung sehingga sulit mengatasi masalahnya sendiri. Lebih dari itu, kehadiran orangtua ternyata bisa berdampak positif terhadap perkembangan kecerdasan emosional anak serta ragam kemampuannya untuk mengatasi ragam persoalan baru yang mungkin akan dihadapi dalam hidup.

Ada banyak tips yang bisa langsung diaplikasikan dari buku ini. Khususnya langkah demi langkah yang bisa diikuti untuk menghadirkan dan memberikan kelekatan yang aman untuk anak.

Melalui buku ini kita juga diajak untuk bisa berdamai dengan pengalaman-pengalaman yang mungkin tak menyenangkan di masa kecil kita. Bukan untuk menghakimi orangtua atau pengasuh utama kita di masa lalu, tetapi untuk bisa mengambil hikmah atau pelajaran dari pengalaman yang ada sebagai bekal untuk menjadi orangtua atau pengasuh yang lebih baik untuk buah hati kita.

Bagi yang sedang mencari rekomendasi buku tentang pengasuhan anak yang bagus, The Power of Showing Up bisa menjadi referensi yang tepat. Ragam teori dan kiat praktis di buku ini sudah dilengkapi dengan hasil penelitian yang komprehensif sehingga informasi yang disajikan lebih mudah dipercaya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading