Sukses

Parenting

7 Rekomendasi Buku Bagus tentang Parenting dan Inner Child

Fimela.com, Jakarta Peran dan tugas menjadi orangtua memang tidak mudah. Ada banyak hal baru yang perlu dihadapi. Berbagai tantangan baru pun bermunculan. Di sini, orangtua perlu membekali diri dengan pengetahuan wawasan yang luas tentang pengasuhan anak.

Kali ini, Fimela punya lima rekomendasi buku bagus tentang parenting dan inner child. Buku-buku ini cocok dibaca oleh para orangtua. Selain itu, sangat cocok juga dibaca oleh kita yang ingin tahu tentang cara pengasuhan anak yang tepat hingga semua hal yang berkaitan dengan inner child. Selengkapnya, simak rekomendasi bukunya di bawah ini.

 

 

 

 

 

1. Growing Up Mindful

Salah satu kecakapan penting yang perlu dimiliki anak-anak di masa depan adalah memiliki kecerdasan emosi yang baik. Kemampuan anak dalam bertahan menghadapi masa-masa sulit dan mengembangkan daya pikirnya untuk menjadi pribadi yang sukses dan bahagia di masa depan perlu dibangun sejak dini. Caranya bisa dimulai dengan melatih anak mengasah kesadaran pikirannya. Melalui buku ini, kita akan mengetahui berbagai aspek penting tentang kesadaran pikiran. Serta, ada banyak latihan yang bisa langsung dipraktikkan untuk mengasah dan mengoptimalkan kesadaran pikiran.

2. Buku The Child in You

Menjadi dewasa memang tidak mudah, apalagi bila kita memiliki inner child yang terluka. Namun, bukan berarti kita tak punya pilihan untuk menjadi pribadi dewasa yang lebih baik. Buku The Child in You bisa menjadi salah satu buku penting dan sangat membantu kita untuk bisa menjadi orang dewasa yang lebih kuat sekaligus bisa berkawan lebih baik dengan inner child kita.

3. The Power of Showing Up

Sudah tahukah bahwa kehadiran orangtua memiliki peran yang sangat penting terhadap tumbuh kembang anak? Di buku ini, kita akan diajak untuk memahami lebih lanjut tentang memenuhi kebutuhan anak akan kehadiran orangtua yang mencakup Empat S (safe (aman), seen (terlihat), soothed (ditenangkan), dan secure (aman)). Menjalin hubungan yang baik dengan anak bisa memberi pengaruh besar pada kecerdasan emosionalnya. Selain itu, membangun inner child yang baik untuk anak memang perlu diusahakan dengan usaha keras dari orangtua.

4. Good Childhood Memories

Menghadirkan dan memberikan kenangan baik dan positif pada anak-anak bisa memberi dampak yang luar biasa untuk tumbuh kembangnya kelak. Orangtua punya peran penting untuk menghadirkan kenangan-kenangan baik untuk anak. Hanya saja, tak semua orangtua merasa sempurna tetapi itu bukan halangan untuk mengusahakan yang terbaik dalam menghadirkan kenangan baik untuk buah hati tercinta. Buku ini berisi pengalaman penulis terkait mengasuh dan membesarkan anak dengan kenangan-kenangan baik. Ada sejumlah kiat serta panduan sederhana yang bisa diikuti untuk membesarkan anak dengan perasaan bahagia dan kenangan indah.

5. Bringing Up Bebe

Ada buku menarik soal pengasuhan anak ala Prancis. Judulnya Bringing Up Bébé, Rahasia Kedamaian Pengasuhan ala Prancis. Buku ini ditulis oleh Pamela Druckerman seorang mantan reporter The Wall Street. Setelah dipecat dari pekerjaannya, ia pindah ke Prancis dan tinggal di apartemen bersama Simon, jurnalis Inggris yang telah membuatnya jatuh cinta. Tak lama kemudian, ia pun mengandung dan memiliki anak. Setelah melahirkan anak pertama, Pamela melahirkan anak kembar. Membesarkan tiga anak di Prancis memberinya banyak pengalaman baru sekaligus memahami gaya pengasuhan ala Prancis.

6. Buku The Whole-Brain Child

The Whole-Brain Child, buku karya Daniel J. Siegel, M.D., dan Tina Payne Bryson, Ph.D ini hadir untuk menawarkan 12 Strategi Revolusioner Mendukung Perkembangan Otak Anak. Melalui buku ini, orangtua bisa mendapat banyak wawasan penting terkait membangun kecerdasan emosional anak, membantu anak mengenali emosi mereka, membangun simpati, dan sebagainya.

7. Parenting tanpa Galau

Saat pertama kali punya momongan seringkali orangtua bingung memastikan tumbuh kembang si kecil berjalan dengan baik. Belum lagi dengan berbagai permasalahan baru yang harus dihadapi untuk pertama kalinya, mulai dari perawatan si kecil sehari-hari hingga memantau tumbuh kembang si kecil. Buku Parenting tanpa Galau hadir untuk memberi informasi ringkas dan komprehensif terkait tumbuh kembang bayi usia 0-3 tahun.

Happy reading, Sahabat Fimela!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading