Sukses

Parenting

7 Rekomendasi Buku Bagus tentang Parenting dan Anak Cerdas

Fimela.com, Jakarta Menjadi orangtua memang tak selalu mudah. Kita pun perlu terus belajar dan membekali diri dengan berbagai ilmu dan pengetahuan yang cukup untuk mendidik anak agar tumbuh sehat dan cerdas. Salah satu cara membekali diri agar bisa menjadi orangtua yang lebih baik adalah membaca buku bertema pengasuhan anak atau parenting.

Kali ini, Fimela punya lima rekomendasi buku bagus tentang parenting yang bisa dibaca. Siapa tahu buku-buku ini bisa sangat membantu kita dalam usaha menjadi orangtua yang lebih baik. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

1. The Smartest Kids in The World

The Smartest Kids in The World, buku ini menyajikan studi kasus tentang tiga anak remaja Amerika Serikat yang belajar di luar negeri, yaitu di Finlandia, Korea Selatan, dan Polandia. Melalui studi kasus tersebut dan didukung oleh berbagai data, Amanda Ripley seorang wartawan investigasi Majalah TIME menuliskan banyak hal menarik tentang rahasia kesuksesan pendidikan di negara-negara tersebut. Selain itu, topik mengenai pola asuh dan sistem pendidikan juga diuraikan dengan memaparkan sejumlah ragam hal yang informatif.

2. Buku The Whole-Brain Child

The Whole-Brain Child, buku karya Daniel J. Siegel, M.D., dan Tina Payne Bryson, Ph.D ini hadir untuk menawarkan 12 Strategi Revolusioner Mendukung Perkembangan Otak Anak. Melalui buku ini, orangtua bisa mendapat banyak wawasan penting terkait membangun kecerdasan emosional anak, membantu anak mengenali emosi mereka, membangun simpati, dan sebagainya.

3. Bringing Up Bebe

Ada buku menarik soal pengasuhan anak ala Prancis. Judulnya Bringing Up Bébé, Rahasia Kedamaian Pengasuhan ala Prancis. Buku ini ditulis oleh Pamela Druckerman seorang mantan reporter The Wall Street. Setelah dipecat dari pekerjaannya, ia pindah ke Prancis dan tinggal di apartemen bersama Simon, jurnalis Inggris yang telah membuatnya jatuh cinta. Tak lama kemudian, ia pun mengandung dan memiliki anak. Setelah melahirkan anak pertama, Pamela melahirkan anak kembar. Membesarkan tiga anak di Prancis memberinya banyak pengalaman baru sekaligus memahami gaya pengasuhan ala Prancis.

4. The Montessori Toddler

The Montessori Toddler, buku ini memuat berbagai informasi penting terkait ide aktivitas Montessori yang sesuai dengan perkembangan anak, prinsip-prinsip penting untuk membangun rasa ingin tahu anak, manfaat keterampilan dasar Montessori untuk masa depan anak, berbagai cara dan pendekatan yang bisa dilakukan dalam menghadapi perilaku anak, mengarahkan anak untuk memiliki keterampilan serta sikap positif yang dapat menjadi bekal pentingnya saat dewasa nanti, hingga inspirasi-inspirasi terkait menerapkan metode Montessori di rumah.

5. Parenting tanpa Galau

Saat pertama kali punya momongan seringkali orangtua bingung memastikan tumbuh kembang si kecil berjalan dengan baik. Belum lagi dengan berbagai permasalahan baru yang harus dihadapi untuk pertama kalinya, mulai dari perawatan si kecil sehari-hari hingga memantau tumbuh kembang si kecil. Buku Parenting tanpa Galau hadir untuk memberi informasi ringkas dan komprehensif terkait tumbuh kembang bayi usia 0-3 tahun.

6. Good Childhood Memories

Menghadirkan dan memberikan kenangan baik dan positif pada anak-anak bisa memberi dampak yang luar biasa untuk tumbuh kembangnya kelak. Orangtua punya peran penting untuk menghadirkan kenangan-kenangan baik untuk anak. Hanya saja, tak semua orangtua merasa sempurna tetapi itu bukan halangan untuk mengusahakan yang terbaik dalam menghadirkan kenangan baik untuk buah hati tercinta. Buku ini berisi pengalaman penulis terkait mengasuh dan membesarkan anak dengan kenangan-kenangan baik. Ada sejumlah kiat serta panduan sederhana yang bisa diikuti untuk membesarkan anak dengan perasaan bahagia dan kenangan indah.

7. Mommyclopedia, 567 Fakta tentang MPASI

Pada usia berapa bayi perlu diberi makanan pendamping ASI (MPASI)? Seberapa penting peran MPASI pada tumbuh kembang anak? Apa yang terjadi bila kita salah langkah dalam pemberian MPASI? Perlu kita tahu bahwa seribu hari pertama kehidupan sejak janin masih berada dalam kandungan hingga anak berusia dua tahun adalah periode penting dalam menentukan kesehatan, pertumbuhan, dan perkembangan saraf optimal. Buku Mommyclopedia, 567 Fakta tentang MPASI ini hadir untuk memberi sejumlah informasi penting tentang MPASI dalam perannya untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak pada periode emasnya.

Happy reading!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading