Sukses

Parenting

5 Tanda Anak Memiliki Mental Tangguh dan Kuat Dilihat dari Sikapnya

Fimela.com, Jakarta Banyak orang tua bertanya apakah keberanian adalah hal penting untuk diajarkan pada anak? Jawabannya adalah iya, namun tanpa mengubah karakter anak. Keberanian dan mental yang tangguh akan membuat anak mampu menghadapi tantangan terberat hidup. Mental yang kuat melibatkan tiga aspek penting, yakni cara berpikir, merasakan dan bertindak.

Mendidik anak agar memiliki mental yang kuat bukan dengan mengajarkan kekerasan. Namun pelajaran hidup dan bagaimana cara menghadapi tiap tantangan. Ingin tahu apakah anak memiliki mentak yang kuat? Melansir dar Motherly berikut tanda yang menunjukkan mental tangguh dan kuat pada anak.

1. Percaya Diri dan Tidak Takut Kalah

Tak jarang anak-anak merasa iri dengan apa yang dimiliki temannya. Anak bermental kuat dan tangguh tidak akan melakukan hal tersebut. Mereka justru akan percaya diri atas apa yang dimiliki tanpa takut kalah bersaing dengan teman-temannya. Sikap ini ditumbuhkan dari perilaku orang tua yang tidak pernah membandingkan anak dengan orang lain. Dengan begitu, anak akan selalu merasa cukup dan puas atas segala yang ia raih dan miliki.

2. Mudah Beradaptasi

Mental yang kuat akan menjadikan anak pemberani. Perubahan apapun memang tak mudah bagi anak, namun mereka akan mampu menghadapinya dengan keberanian. Umumnya anak dengan mental kuat memiliki kemampuan sosial yang baik. Mereka paham bahwa beradaptasi artinya mencocokkan diri dengan lingkungan. Anak akan mampu keluar dari zona nyaman dan beradaptasi dengan situasi yang baru.

3. Berani Mengakui Kesalahan

Anak bermental kuat tidak takut mencoba banyak hal dan ketika mereka melakukan kesalahan, mereka tidak takut untuk mengakuinya. Pendidikan dari orang tua mengajarkan mereka bahwa jujur dan bertanggung jawab adalah hal penting. Meski takut, anak akan tetap mengatakan dengan jujur bila mereka salah.

4. Tidak Mudah Menyerah

Bukan hanya orang dewasa, anak pun memiliki impian dalam hidup mereka. Misalnya keinginan sederhana untuk meraih nilai bagus di sekolah. Anak bermental kuat tidak akan mudah menyerah meski berkali-kali mendapat nilai buruk. Mereka tidak mudah putus asa dan terus bertekat mengejar impian. Sifat inilah yang membuat anak bermental kuat menjadi orang sukses di masa depan.

5. Pandai Mengungkapkan Perasaan

Menerima emosi dan menunjukkannya dengan cara yang baik adalah salah satu keahlian anak bermental kuat. Saat marah mereka tidak akan mengamuk, justru cenderung mengatakannya dengan jujur.

Anak dengan mental kuat dibentuk dari pendidikan yang tepat dari orang tua. Mental yang kuat akan membantu anak mampu menghadapi tantangan dalam hidupnya.

Penulis: Mufiidaanaiilaa A.S

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading