Sukses

Parenting

5 Tanda Bayi Memiliki IQ Tinggi yang Perlu Orangtua Ketahui

Fimela.com, Jakarta Orangtua mana yang tak bahagia mendapati buah hatinya memiliki IQ tinggi? Salah satu tanda bahwa anak memiliki kecerdasan yang mengesankan, ia memiliki IQ yang tinggi. IQ atau Intelligence Quotient merupakan kemampuan intelektual seseorang dalam memahami, memecahkan masalah, dan menghasilkan solusi yang tepat dalam situasi tertentu. Kemampuan ini bahkan bisa dilihat dari seseorang sejak ia masih bayi. 

Sejauh ini, skor IQ bisa diukur melalui tes standar seperti tes WISC (Wechsler Intelligence Scale for Children) dan Stanford-Binet Intelligence Scale. Tapi, ini berlaku untuk anak yang sudah masuk usia sekolah. Lantas, bagaimana melihat IQ yang tinggi pada bayi? Adakah tesnya untuk bayi? 

Penting untuk diketahui, IQ memang bisa memberikan gambaran tentang potensi intelektual seseorang. Namun, IQ tidak sepenuhnya mencakup semua aspek kecerdasan seperti keterampilan sosial dan emosional. Ketika bayi Mom memiliki IQ tinggi, ada beberapa tanda yang bisa ia perlihatkan. Adapun tandanya adalah sebagai berikut.

Tumbuh Kembang Lebih Cepat

Tanda pertama saat bayi kemungkinan memiliki IQ tinggi, yakni tumbuh kembangnya yang lebih cepat dari bayi seusianya. Tumbuh kembang yang baik adalah tanda anak memiliki kesehatan yang optimal. Kesehatan optimal sendiri, berpengaruh besar pada kebahagiaan dan kecerdasan bayi. Bayi yang bahagia dan cerdas, adalah bayi yang sehat dari fisik pun psikisnya. 

Fokus

Sejak anak usia bayi, Mom bisa melihat seberapa fokus mereka. Semakin fokus buah hati, semakin cerdas otaknya. Fokus adalah tanda umum dari kecerdasan atau daya ingat yang kuat. Jika biasanya bayi hanya fokus pada sesuatu selama 5 sampai 10 menit, mereka dengan IQ tinggi bisa fokus pada satu kegiatan dalam waktu yang lebih lama.

Lebih Cepat Belajar Hal Baru

Meski usia anak masih bayi, ia yang terlihat cepat tanggap dan belajar banyak hal baru di sekitarnya, menunjukkan bahwa ia memiliki otak cerdas dan IQ tinggi. Anak-anak ini menyukai segala sesuatu yang baru, mudah penasaran dan mudah mengenal baik orang-orang di sekitarnya. Bayi dengan IQ tinggi, biasanya juga bisa bicara lebih cepat dari teman-teman seusianya.

Peka dengan Sekitar

Bayi dengan IQ tinggi juga lebih waspada dengan sekitar. Ia bisa mengenal baik orang-orang yang dekat dengannya dan orang yang baru diketahuinya. Ia bisa ikut merasakan suasana sekitar dengan baik. Baik saat suasana bahagia atau sedih.

Waktu Tidur Sedikit

Bayi yang berpotensi memiliki IQ tinggi biasanya memiliki waktu tidur lebih sedikit. Mereka lebih suka terjaga dan bermain banyak hal. Hal ini terutama di siang hari. Sementara di malam hari, mereka akan tidur tepat waktu dan lebih tenang. 

Itulah sekian tanda bahwa bayi memiliki IQ yang tinggi atau kecerdasan yang mengesankan. Selain tanda di atas, bayi dengan IQ tinggi disebutkan memiliki selera humor yang baik, kreatif, daya ingatnya kuat dan lebih peka terhadap sekitar. Semoga informasi ini bermanfaat. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading