Sukses

Parenting

5 Alasan Pentingnya Memberi Bayi ASI Eksklusif Selama 6 Bulan

Fimela.com, Jakarta ASI atau Air Susu Ibu merupakan asupan nutrisi paling penting bagi buah hati terutama buatnya yang masih berusia bawah 6 bulan. Semakin baik asupan nutrisi yang terserap oleh tubuh, tumbuh kembang bayi akan semakin baik. Sementara itu, ASI merupakan asupan nutrisi terbaik untuk bayi.

Melansir dari laman parents.com, bayi yang mengonsumsi ASI eksklusif selama 6 bulan, pertumbuhan dan perkembangan tubuhnya akan jauh lebih baik. Bayi ini juga akan memiliki berat badan ideal saat ia tumbuh jadi anak-anak, remaja hingga dewasa. Ia juga dinilai lebih tangguh, sehat dan kebal akan penyakit.

Ada banyak alasan ilmiah kenapa penting bagi bayi menerima asupan ASI eksklusif selama 6 bulan di usia pertamanya. Alasan tersebut antara lain sebagai berikut.

Meningkatkan Sistem Imun

ASI mengandung nutrisi terbaik yang bisa meningkatkan sistem imun bayi. Bayi dengan ASI eksklusif akan lebih kebal terhadap berbagai risiko masalah kesehatan termasuk diare, flu, alergi, asma atau sindrom kematian mendadak pada bayi (SIDS atau sudden infant death syndrome). 

Meningkatkan Kecerdasan Bayi

Bayi dengan asupan ASI eksklusif, lebih mungkin memiliki pertumbuhan dan perkembangan otak yang baik. Bayi ini lebih mungkin memiliki kecerdasan yang mengesankan jika dibanding dengan bayi tanpa ASI eksklusif. Studi menemukan jika bayi dengan ASI eksklusif memiliki kecerdasan yang lebih tinggi. 

Memaksimalkan Pertumbuhan Bayi

Untuk Mom yang ingin memiliki buah hati dengan pertumbuhan fisik menarik, penting bagi Mom untuk memberinya ASI eksklusif di enam bulan usia pertamanya. Memang, bayi dengan ASI eksklusif tak lebih gemuk dari bayi yang minum susu formula. Tapi jangan khawatir, ini justru menunjukkan bahwa nutrisi yang terserap ke tubuh bayi benar-benar baik. 

ASI sangat rendah lemak meski tinggi kalori, protein dan kandungan nutrisi lain. Bayi dengan ASI eksklusif, dipercaya mengalami pertumbuhan yang maksimal dan stabil hingga ia dewasa kelak.

Baik untuk Kesehatan Mental Bayi

Momen menyusui mendukung kuatnya ikatan antara Mom dan bayi. Ketika tercipta ikatan yang kuat, bayi tentunya akan merasa lebih bahagia. Ini berdampak baik bagi kesehatan mental anak. Bayi yang mendapat asupan ASI eksklusif, juga memungkinkan mendapat nutrisi terbaik yang tak hanya baik untuk fisik bayi tapi juga untuk psikisnya.

Mencegah Risiko Penyakit Berbahaya

Mendapat asupan ASI, bisa mencegah berbagai risiko penyakit berbahaya bagi bayi pun Mom. pencegahan ini tak hanya selama bayi mendapat asupan ASI, tetapi juga hingga ia anak-anak, remaja bahkan dewasa. 

Itulah sekian alasan kenapa bayi penting mendapat asupan ASI eksklusif selama enam bulan pertama usianya. Semoga informasi ini bermanfaat ya Mom. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading