Sukses

Parenting

Cara Membersihkan Telinga Si Kecil Menurut Medis

Fimela.com, Jakarta Telinga merupakan salah satu bagian tubuh yang paling vital dan sensitif. Apalagi untuk anak-anak kecil bahkan bayi. Membersihkan telinga anak, orangtua harus membersihkannya dengan hati-hati dan tidak boleh sembarangan. Kotoran telinga sendiri ada karena digunakan untuk melindungi tubuh dari kuman dan zat-zat asing.

Meskipun disisi lain kalau kotoran telinga memiliki peran tersendiri dalam melindungi tubuh. Akan tetapi, membersihkan telinga merupakan hal yang harus dilakukan untuk menghindari penumpukan kotoran. Maka dari itu sangat disarankan untuk membersihkan telinga anak dengan menggunakan cara yang benar agar tidak dapat menimbulkan kerusakan atau infeksi pada telinga.

Berdasarkan pengakuan dari Yu-Tung Wong, MD selaku dokter THT, Neurologi mengatakan kalau cotton bud tidak dapat membersihkan telinga. Menggunakan cotton bud dalam membersihkan telinga akan memberikan hasil yang buruk seperti akan mendorong kotoran makin dalam. Selain itu, penggunaan cotton bud yang terlalu dalam akan menyebabkan gendang telinga rusak. Menambahkan cotton bud juga dapat merusak struktur penting dalam telinga yang akan menyebabkan tuli total, vertigo berkepanjangan,  mual, muntah, kehilangan fungsi pengecapan dan kelumpuhan pada wajah.

 

 

Bahaya Cotton Bud

“Setiap pasien yang menggunakan penyeka kapas menekankan bahwa mereka sangat berhati-hati dalam membatasi kedalaman insersi. Namun, kecelakaan disebut kecelakaan karena suatu alasan,” ujar Dr.  Yu-Tung Wong, MD.

Ada beberapa kasus yang sering terjadi, semua orang sering mengungkapkan kalau hanya menggunakan cotton bud hanya di bagian luarnya saja. Nyatanya namanya kecelakaan bisa terjadi. Ada 1 pasien dari Dr. Wong yang membersihkan telinga menggunakan cotton bud karena keenakan jadi alhasil menjadi makin kebelakang. Alhasil cotton bud tersebut masuk jauh ke dalam liang telinga. Hal ini menyebabkan rasa sakit dan pendarahan dan gendang telinganya hampir saja hancur total.

Dr. Yu-Tung Wong, MD menyarakan semua orang menggunakan cairan lembut untuk membersihkan telinga. Berikut adalah cara aman untuk membersihkan telinga berdasarkan Aboutkidshealth.ca.

Cara Membersihkan Kotoran Telinga

Pembersihan telinga rutin

Untuk pembersihan rutin kalian bisa menggunakan kain waslap untuk membersihkan telinga bagian luar anak. Selalu ingat untuk tidak menggunakan alat seperti penyeka kapas, cotton bud, atau jepit rambut tidak diperbolehkan untuk masuk ke area telinga karena dapat membuat kotoran telinga makin jauh kebelakang dan dapat membuat kerusakan pada telinga.

Selain itu, lilin telinga dan dan pembersih peroksida sangat tidak disarankan untuk digunakan, Karena ear canceling tidak memiliki manfaat yang jelas dan beresiko.

Cara membersihkan telinga dengan kotoran telinga yang keras.

Jika kotoran telinga pada anak keras, kalian bisa menggunakan beberapa tetes dari minyak zaitun atau mineral oil.

  1. Hangatkan minyak zaitun atau mineral oil dengan cara menghangatkannya dengan suhu pada tangan,
  2. Teteskan ke dalam telinga anak,
  3. Pastikan anak kamu berbaring dan menghadap kedepan beberapa menit setelah minyak diteteskan,
  4. Ketika anak anda berdiri, kotoran telinga yang keras akan keluar sendiri.

Pergilah ke dokter saat kalian melihat ada darah, cairan, atau nanah yang keluar dari telinga kalian. Kedua saat anak kamu merasakan rasa sakit pada telinga atau mengalami perubahan dalam pendengaran. Terakhir, jika kalian melihat ada sesuatu yang menyangkut di telinga anak.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading