Sukses

Parenting

4 Nutrisi yang Wajib Dipenuhi untuk Mencegah Stunting pada Anak

Fimela.com, Jakarta Saat ini stunting menjadi bahasan yang tak asing lagi bagi setiap orang khususnya Mom. Pemerintah sendiri sedang menggalakkan program pencegahan stunting pada anak. Mengenai stunting, apa sih stunting itu? 

Stunting merupakan kondisi di mana anak memiliki tubuh yang lebih pendek dari usianya karena kekurangan nutrisi atau gizi. Meski pada umumnya anak stunting bertubuh pendek, tak semua anak yang pendek bisa dikatakan stunting. Mereka yang didiagnosa stunting, biasanya juga memiliki nutrisi yang kurang, kondisi kesehatan yang tak optimal dan perkembangannya terhambat.

Mengenai stunting, kondisi ini bisa dicegah sejak anak masih di dalam kandungan. Selajutnya, berikan anak nutrisi seimbang setiap harinya. Mengutip dari laman parents.com, sedikitnya ada 4 nutrisi penting yang wajib diberikan ke anak untuk mencegah stunting. Adapun nutrisi tersebut antara lain sebagai berikut:

Protein

Nutrisi paling penting pertama ada protein. Ini sangat baik dalam mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Protein berfungsi membangun otot dan tulang anak, serta organ tubuh lain secara keseluruhan. Adapun sumber protein bisa didapat dari hewan maupun tumbuhan. Antaranya yakni telur, ikan, daging, unggas, susu, kacang-kacangan dan semua olahannya.

Karbohidrat

Nutrisi penting dan wajib selanjutnya ada karbohidrat. Nutrisi ini sebagai sumber energi yang diperlukan anak dalam memaksimalkan tumbuh kembangnya. Beberapa makanan mengandung karbohidrat antaranya gandum, nasi, ketela, ubi, kentang dan masih banyak lagi.

Lemak

Lemak adalah sumber energi yang baik untuk kulit, rambut, menyerap vitamin A, D dan E serta membuat tubuh tetap hangat. Untuk menunjang tumbuh kembang anak, berikan asupan lemak cukup setiap harinya. Terlebih untuk anak-anak yang sangat aktif setiap harinya. Usahakan untuk memberikan lemak tak jenuh yang ada pada ikan salmon, ikan tuna, kacang-kacangan, dan minyak zaitun.

Vitamin dan Mineral

Vitamin dan mineral, sebagai nutrisi yang wajib diberikan ke anak sebagai pencegah risiko stunting. Kedua nutrisi ini sangat penting untuk mendukung tumbuh kembang anak setiap harinya. Ini juga berperan penting dalam menunjang kecerdasan anak yang lebih baik. Berikan anak makanan dan minuman yang kaya vitamin, mineral juga zat besi serta kalsium ke buah hati. 

Mom, itulah sekian nutrisi penting yang wajib diberikan ke anak sebagai pencegahan stunting. Semoga informasi ini bermanfaat. Selain dari nutrisi harian, mencegah stunting juga perlu dilakukan dengan menjaga kebahagiaan anak, kebersihan dan kenyamanan lingkungan sekitar mereka. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading