Sukses

Parenting

Mengenal 7 Ciri-ciri Anak dengan IQ di Atas Rata-rata

Fimela.com, Jakarta Memiliki buah hati yang cerdas dengan IQ tinggi adalah impian setiap orangtua. Anak yang cerdas, tak hanya bikin orangtua merasa bahagia melainkan juga bikin orangtua merasa sangat bangga. Namun, bagaimana kita tahu bahwa buah hati memiliki kecerdasan yang mengesankan? Bagaimana orangtua tahu kalau anak punya kecerdasan di atas rata-rata? 

Sebagai orangtua atau pendidik, mengenali tanda-tanda anak cerdas bisa membantu mendukung perkembangan anak secara maksimal. Ini bisa membantu orangtua untuk lebih memahami potensi intelektual tinggi yang dimiliki anak. Berikut adalah tanda atau ciri-ciri anak memiliki IQ di atas rata-rata yang mudah dikenali. Simak baik-baik ya.

1. Sikap yang Bersemangat untuk Belajar

Mengutip dari laman Learning Liftoff, anak-anak dengan IQ di atas rata-rata cenderung memiliki minat dan semangat belajar yang kuat. Mereka akan dengan antusias menjelajahi topik-topik baru dan berusaha untuk memahami segala sesuatu dengan mendalam. 

Deary, I. J dan rekan dalam penelitiannya berjudul Intelligence and educational achievement, menemukan jika semangat belajar tinggi jadi ciri utama anak memiliki IQ tinggi atau cerdas. Semakin senang anak belajar, semakin banyak wawasan yang akan ia dapatkan. Inilah yang membuatnya memiliki pemikiran yang semakin mengesankan. 

2. Memiliki Kreativitas Tinggi

Anak dengan IQ di atas rata-rata, umumnya memiliki kreatifitas yang tinggi. Mereka cenderung berpikir di luar kotak, menemukan solusi-solusi yang inovatif, dan memiliki imajinasi yang kaya. Mereka memiliki ide-ide menarik dan mungkin saja tak pernah terpikirkan oleh orang lain. Anak ini juga cenderung mampu menyelesaikan setiap masalahnya dengan cepat serta tepat. 

 

3. Punya Rasa Ingin Tahu yang Tinggi

Anak-anak dengan IQ di atas rata-rata memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Mereka tak mudah terpuaskan pada satu penyelesaian atau satu pengetahuan. Mereka sering bertanya banyak pertanyaan, ingin tahu "mengapa" dan "bagaimana" suatu hal terjadi. Anak-anak ini bahkan tak jarang dicap bandel karena terlalu cerewet dan terlalu banyak ingin tahu akan segala hal.

4. Mampu Berpikir Analitis

Anak dengan IQ di atas rata-rata, biasanya mampu menganalisis informasi dengan mendalam. Mereka melihat hubungan antara berbagai konsep, dan merumuskan kesimpulan yang logis. Pikirannya sangat analitis dan mempertimbangan segala hal sebelum melakukan sesuatu. Mereka juga bukan tipe yang terburu-buru atau mudah panik.

5. Kemampuan Berbahasa yang Mengesankan

Anak-anak cerdas cenderung memiliki kosa kata yang kaya dan kemampuan berbicara yang lancar. Mereka mungkin menggunakan kata-kata yang lebih kompleks dan mengungkapkan ide-ide dengan jelas. Mereka juga memiliki kemampuan berbahasa yang mengesankan. Beberapa anak dengan IQ tinggi, biasanya bisa menguasai lebih dari dua bahasa sejak usianya sedini mungkin.

6. Memiliki Daya Ingat yang Kuat

Anak-anak dengan IQ di atas rata-rata sering memiliki daya ingat yang mengagumkan. Mereka mudah menghafal atau mengingat segala hal yang pernah diketahuinya. Mereka bisa mengingat fakta secara detail maupun memahami konsep yang kompleks. Mereka juga dengan mudah mempelajari banyak hal melalui daya ingatnya yang sangat kuat. 

Kretschmer, T. dan teman-temannya dalam penelitiannya berjudul The association between peer and own aggression is moderated by the BDNF Val-Met polymorphism dalam Journal of Clinical Child & Adolescent Psychology, disebutkan jika daya ingat kuat sebagai ciri utama seseorang memiliki otak cerdas. Ini juga menandakan jika seseorang memiliki kesehatan otak mengesankan. Ini bisa berlaku sejak seseorang berusia dini hingga senja suatu saat nanti.

7. Tingkat Fokus yang Tinggi

Mereka mampu fokus pada tugas-tugas yang memerlukan perhatian lebih lama tanpa banyak terganggu. Mereka bisa sangat fokus pada satu hal yang sedang dikerjakan. Mereka biasanya juga sangat teguh pendirian, tegas dan tak mudah terpengaruh oleh orang lain di sekitarnya. Mereka bisa menyelesaikan tugasnya saat suasana tenang, berisik atau panik sekalipun. 

Nah, itulah sekian tanda bahwa anak memiliki IQ di atas rata-rata. Meski begitu, perlu diingat bahwa setiap anak unik dan menarik. Ciri-ciri ini hanya beberapa indikator potensial.  Pada dasarnya setiap anak memiliki kecerdasannya masing-masing. Penting untuk mendukung anak-anak dalam keberagaman bakat dan minat mereka, serta menciptakan lingkungan yang positif bagi perkembangan intelektual mereka. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading