Sukses

Parenting

Orangtua Wajib Tahu Tips Pergi Staycation bersama Anak

Fimela.com, Jakarta Jika diberi waktu untuk liburan singkat, staycation adalah pilihan yang tepat. Staycation merupakan alternatif bagi orang-orang yang ingin merasakan liburan tanpa perlu menghabiskan waktu dan biaya untuk bepergian jauh.

Ada beberapa aktivitas yang dapat dilakukan saat staycation, seperti mengunjungi tempat-tempat menarik di sekitar lingkungan, menjelajahi restoran atau kafe, bermain di taman, atau hanya sekadar menikmati akomodasi di tempat penginapan.

Bagi para orangtua, staycation menjadi pilihan yang pas untuk menikmati liburan singkat bersama keluarga. Jika memutuskan untuk membawa anak-anak, simak tips berikut ini supaya momen staycation berjalan dengan lancar dan tidak menjadi ribet.

Memilih hotel yang ramah anak

Pilihlah hotel yang menyediakan fasilitas ramah anak. Sebelum booking hotel, sebaiknya hubungi pihak penginapan untuk memastikan apakah hotel tersebut memiliki fasilitas ramah anak, seperti tempat tidur bayi, taman bermain, kolam renang, atau ruang bermain. Hal ini akan membantu anak-anak supaya tetap terhibur dan aktif selama staycation.

Menyusun rencana bersama anak

Sebelum melakukan staycation, ajak anak-anak untuk turut serta membuat rencana aktivitas yang ingin dilakukan selama berlibur. Tanyakan kepada anak-anak apa saja yang ingin dilakukan saat menjalani staycation atau barang-barang apa yang ingin dibawa selama menjalani liburan. Dengan begitu, anak menjadi lebih bersemangat dan merasa dilibatkan dalam perjalanan.

Siapkan barang-barang penting

Sebelum berangkat staycation, para orangtua hendaknya menyiapkan barang-barang penting untuk keperluan anak. Pastikan membawa pakaian dan popok secukupnya. Jangan lupa untuk membawa car seat supaya anak aman dan lebih nyaman saat dalam perjalanan. Bila perlu, bawa juga stroller berukuran kabin yang mudah dilipat. Untuk memudahkan orang tua mencari perlengkapan anak, seperti pakaian, selimut, jaket, dan sebagainya, sebaiknya pisahkan perlengkapan anak dengan pakaian orang dewasa.

Membawa camilan dan mainan favorit anak

Supaya anak tidak bosan dan rewel, baik saat di perjalanan, maupun saat sudah sampai di hotel, bawakan mainan favorit anak. Usahakan untuk membaqwa mainan yang praktis untuk dibawa kemana-mana. Selain itu, bawakan juga camilan dan makanan ringan untuk anak. Makanan ringan bisa membantu untuk mengisi perut anak saat anak tidak mau makan makanan yang tersedia di restoran hotel.

Lakukan aktivitas kreatif

Untuk mengisi waktu bersantai di dalam kamar hotel atau tempat penginapan, siapkan beberapa aktivitas kreatif yang dapat dilakukan bersama anak. Misalnya, seperti i mewarnai, membuat kerajinan tangan sederhana, atau membaca buku bersama. Dengan begitu, anak tidak mudah jenuh saat sedang melakukan staycation bersama orangtua.

Itulah beberapa tips bagi orang tua untuk pergi staycation bersama anak. Perlu diingat bahwa staycation adalah waktu untuk bersenang-senang dan beristirahat bersama keluarga. Cobalah untuk menyesuaikan aktivitas dengan minat dan usia anak-anak, dan nikmati waktu berkualitas bersama mereka.

 

Penulis: Denisa Aulia.

#BreakingBoundariesSeptember

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading