Sukses

Parenting

Optimalkan Tumbuh Kembang Si Kecil dengan Nutrisi Esensial

Fimela.com, Jakarta Sebagai orangtua baru maupun lama, memastikan anak mendapatkan nutrisi yang cukup merupakan salah satu hal yang paling penting  untuk dilakukan. Hal ini dilakukan demi mendukung perkembangan dan pertumbuhan si kecil. Bukan hanya kalsium atau protein, nutrisi esensial seperti minyak ikan juga merupakan salah satu nutrisi yang penting untuk tercukupi dalam tumbuh kembang anak.

Nutrisi esensial merupakan sebuah nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, akan tetapi tubuh tidak bisa memproduksi nutrisi tersebut. Maka dari itu, pemenuhan nutrisi ini bisa didapatkan dengan cara mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak atau vitamin yang diperlukan. Dimana nutrisi esensial ini diperlukan untuk menambahkan nafsu makan anak terutama saat mereka kehilangan nafsu makan, dan adanya penghambatan saat perkembangan.

Nutrisi esensial merupakan salah satu nutrisi yang penting untuk dimiliki oleh si kecil terutama di masa tumbuh kembang. Dimana dalam masa pertumbuhan mereka membutuhkan nutrisi yang tepat untuk mengembangkan pertumbuhan fisik, mental, dan perkembangan emosi yang baik. Tidak bisa dipungkiri anak kecil merupakan makhluk hidup yang sangat aktif dan memerlukan kebutuhan nutrisi yang tinggi untuk mendukung perkembangan otak dan sel-sel tubuh mereka. Dimana jika anak memiliki ketercukupan terutama dalam asupan nutrisi, mereka akan mendapatkan kebaikan seperti peningkatan fungsi otak, mengoptimalkan tingkat energi, dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

“Pertumbuhan dan perkembangan emosional sang buah hati dapat diamati dari perilaku sosial di lingkungannya. Untuk tumbuh kembang yang baik, kesehatan anak harus baik dan ditunjang dengan nutrisi, stimulasi, dan lingkungan yang baik pula,” ujar Dr. dr. Bernie Endyarni Medise, Sp.A (K), MPH.

Pola makan

Minyak ikan merupakan salah satu bahan alami yang terbukti dapat meningkatkan nafsu makan si kecil. Minyak ikan sendiri merupakan kandungan penting yang hanya bisa didapatkan dari berbagai jenis ikan saripati. Dimana minyak ikan kaya akan asam lemak omega-3. Kandungan omega-3 ini juga termasuk dalam asam eicosapentaenoic

(EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA). Dimana 3 kelompok asam lemak ini dibutuhkan guna meningkatkan pertumbuhan, perkembangan dan fungsi otak sehat, serta menambahkan nafsu makan anak.

“Asam lemak omega-3 yang ada di minyak ikan adalah kelompok asam lemak tak jenuh ganda yang dibutuhkan juga oleh anak-anak untuk pertumbuhan, perkembangan, dan fungsi otak yang optimal. Sejak lahir sampai 2 tahun, otak mulai tumbuh, tetapi berkembang sepenuhnya selama masa kanak-kanak dan remaja,” ujar dr. Muliaman Mansyur, Head of Medical KALBE Nutritionals.

Asam lemak yang ada pada Omega tiga yaitu pada ikan dapat membantu meningkatkan fungsi pencernaan dan persiapan nutrisi. Selain itu Omega tiga juga memiliki sifat anti inflamasi yang kuat, seperti EPA asam lemak(asam eicosapentaenoic) dan DHA (asam docosahexaenoic), Di mana kandungan ini dapat membantu si kecil untuk mengatasi Peradangan yang terjadi saat tumbuh kembang dan meningkatkan respon imun anak terhadap infeksi. Minyak ikan juga memiliki khasiat dalam menjaga kesehatan otak dan mengoptimalkan fungsi mental. Maka dari itu si kecil tidak akan mudah Tantrum dan selera makan juga akan meningkat. Faktanya, minyak ikan mengandung nutrisi penting termasuk vitamin A dan D.

 

 

Produk susu dari KALBE

Akan tetapi nutrisi tidak akan bisa masuk ke dalam tubuh si kecil jika si kecil tidak memiliki pola makan yang bagus. Pola makan yang sehat harus mengandung serat dan protein, vitamin, karbohidrat, kalsium, zat besi, dan lain-lain.  Di mana pola makan yang sehat sangat penting untuk dimiliki oleh si kecil. Jika si kecil tidak mendapatkan pola makan yang seimbang mereka akan malnutrisi, penurunan energi dan fokus, perkembangan otak akan melambat, dan lain-lain. 

Maka dari itu Kalbe Nutritionals Merumuskan susu formula yang diberi nama “Morigro” Yang memiliki tujuan untuk membantu memenuhi nutrisi si kecil. Kandungan yang terdapat pada Morigro memiliki kandungan minyak ikan sebagai salah satu komponennya. Susu ini dapat dikonsumsi oleh anak yang berusia satu tahun ke atas guna untuk memenuhi nutrisi sehari-hari. Selain minyak ikan, Morigro Juga dilengkapi dengan kandungan vitamin A, C, E & Zing, serta kandungan protein, kalsium, vitamin D, 14 vitamin lainnya dan sembilan jenis mineral, bahkan Morigro memiliki kandungan gula yang rendah guna mengoptimalisasi tumbuh kembang si kecil.

“Salah satu cara paling penting untuk mencapai hal tersebut adalah dengan memberikan nutrisi yang tepat kepada buah hati kita. Kami percaya pemberian nutrisi yang tepat kepada anak-anak adalah investasi penting untuk masa depan mereka. Morinaga Morigo dengan formula GROMAX berusaha menyediakan solusi tepat bagi orang tua dan menjadi pilihan cerdas untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan sehat buah hati kita,” ujar Junita, Business Unit Head Morinaga GUM, KALBE Nutritionals.

 

Penulis: Sherly Julia Halim.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading