Sukses

Parenting

3 Permainan yang Bisa Bikin Anak Betah di Rumah

Fimela.com, Jakarta Terkadang bermain di luar rumah tidak selalu menyenangkan apalagi kondisi cuaca yang panas-panasnya. Akan tetapi jika dibiarkan di dalam rumah anak-anak akan terhipnotis dengan gadget. Salah satu solusinya adalah orangtua harus kreatif dalam menciptakan permainan.

Untuk merasa terhibur atau menghilangkan rasa bosan bisa dilakukan tanpa menggunakan gadget. Entah itu dengan permainan petak umpet atau yang lainnya. Akan tetapi, permainan tersebut masih terlalu mainstream dan membutuhkan tempat yang besar.

Maka dari itu, Sahabat FIMELA tidak perlu khawatir karena berikut adalah permainan yang bisa kamu lakukan bersama dengan anak-anakmu. Bukan hanya itu, berdasarkan Icebreakerideas.com tidak memerlukan peralatan dan caranya juga tidak begitu susah untuk dilakukan.

 

Berburu Harta Karung

Dilansir oleh Icebreakerideas.com, permainan berburu harta karung juga pilihan permainan yang menyenangkan untuk dilakukan. 

Faktanya anak-anak merupakan seseorang yang memiliki jiwa penasaran yang tinggi. Maka dari itu, permainan ini akan membuat anak-anak merasa senang dan bersemangat untuk melakukannya. Selain itu, akan melatih otak anak khususnya dalam mencari cara dan menganalisa teka-teki. 

Memang permainan ini akan terlihat ribet, tapi permainan ini akan menggunakan waktu yang lama untuk menyelesaikannya. 

Pertama kamu perlu menentukan barang-barang apa yang perlu anak-anak temukan. Kemudian buatlah petunjuk untuk menemukan barang-barang tersebut. Setelah anak-anak menemukan semua barang-barang, orang pertama yang menemukan adalah pemenangnya dan berikan mereka hadiah agar mereka termotivasi.

Kursi Bermusik

Dilansir dari Prodigygame.com, permainan kursi bermusik dapat melatih skil menari anak dan dapat membuat kenangan yang unik bersama dengan keluarga. Selain itu, permainan ini tidak membutuhkan banyak sekali peralatan. 

Yang kalian butuhkan hanyalah kursi, pengeras suara, dan gadget untuk memutar musik.

Cara melakukannya adalah susunlah kursi ke dalam bentuk lingkaran. Jumlah dari kursi juga harus kurang dari jumlah peserta. Contohnya, Jika dalam satu keluarga beranggotakan 5 orang berarti kursi yang digunakan adalah 4 buah. 

Selanjutnya, semua anggota harus mulai menari saat lagu sudah diputar. Kemudian setiap peserta harus menari sambil mengelilingi kursi. Sesaat mereka mendengar lagu sudah berhenti maka mereka harus dengan cepat duduk di kursi. Jika kamu tidak mendapatkan kursi berarti kamu kalah. Lakukan sampai tersisa satu pemenang. 

The Floor is Lava

Dilansir oleh Familyfuntwincities.com, permainan the floor is lava bisa menjadi pilihan permainan yang seru untuk dilakukan bersama anak-anak. Bukan hanya mendapatkan keseruan, tetapi imajinasi anak-anak juga bisa terlatih. 

Jika anak kamu belum pernah memainkan permainan ini jelaskan terlebih dahulu tentang cara bermainnya. Cara memainkan the floor is lava adalah dengan membayangkan kalau lantai itu adalah lava. Kemudian tentukan dimana garis finish dan pemenang akan dinilai dari siapa yang paling cepat menuju garis finish.

Hal yang membuat menarik adalah anak-anak dilarang untuk menyentuh lantai, tapi mereka boleh menggunakan bantal atau kain sebagai alat pelindung kaki. Permainan dimulai saat seseorang menyebutkan kata “the floor is lava”. 

Penulis: FIMELA Sherly Julia Halim

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading