Sukses

Parenting

Pahami Kecerdasan Anak Sejak Dini, Kenalilah 8 Macam Multi-Intelegensi

Fimela.com, Jakarta Menjadi orangtua adalah tanggung jawab yang sangat besar, terutama terhadap pemantauan tumbuh kembang anak. Orangtua harus siap tanggap atas tumbuh kembang anak, salah satunya adalah teliti terhadap kecerdasan anak

Pada dasarnya multi-intelegensi adalah sebuah teori kecerdasan manusia, dimana kecerdasan ini dibagi kedalam berbagai jenis. Menurut Ahli pendidikan dari Amerika Serikat, Profesor Howard Gardner, menyatakan bahwa ada 8 jenis multiple intelligences, yaitu: linguistik, logika matematika, musik, kinestetik, visual spasial, interpersonal, intrapersonal, dan naturalis.

Maka dari itu, orangtua harus selalu teliti dalam memperhatikan tingkah laku anak. Pada dasarnya tidak semua anak memiliki kecerdasan yang sama. Ada anak yang berbakat di bidang ilmu seperti matematika, sementara ada yang lebih berbakat dalam olahraga. Bukan berarti bahwa orang yang pandai dalam matematika lebih cerdas daripada mereka yang pandai dalam olahraga. 

Faktanya semua orang itu cerdas, kunci terpenting adalah bimbingan dari orangtua. Agar dimasa depan tidak terjadi kesalahan orangtua lebih disarankan untuk memperhatikan tingkah laku anak. Hal ini dikarenakan agar kamu dapat memberikan bimbingan yang tepat untuk mereka. 

Maka dari itu Sahabat FIMELA, berikut adalah 8 tipe kecerdasan multi-intelegensi yang perlu kamu ketahui dan cara mengidentifikasikannya. Semua ini dilansir oleh Parentcircle.com yang mengutip dari pernyataan Profesor Howard Gardner.

Kecerdasan Multi-Intelegensi

Kecerdasan Linguistik

Kecerdasan Linguistik adalah kemampuan untuk memahami sebuah topik atau tindakan dengan menggunakan kalimat. Contohnya saat mempelajari apa itu gas, orang yang memiliki kecerdasan ini biasanya akan lebih mengerti jika dijelaskan dengan menggunakan konsep-konsep atau omongan.

Jika kalian menyadari kalau si kecil akan jauh lebih paham. Biasanya anak kecil yang memiliki kecerdasan ini memiliki kapasitas dalam kemampuan berbicara. Bahkan mereka akan menggunakan kata-kata untuk memahami perasaan seseorang. 

Umumnya, anak-anak yang memiliki kecerdasan linguistik akan sukan untuk membaca, menulis, dan juga berbicara. Akan tetapi,  beberapa anak akan jauh lebih unggul dalam menulis cerita, puisi, bercerita, berdiskusi, atau berdebat. 

Kecerdasan Logis-Matematika

Kecerdasan logis-matematika adalah kecerdasan yang berputar sekitar pemahaman terhadap bilangan dan perhitungan, serta pemecahan masalah yang menggunakan pola dan pemikiran logis. 

Intinya anak yang memiliki kecerdasan ini biasanya akan mudah memahami dan memperdebatkan sesuatu dengan logika yang dia miliki. Dimana si kecil dapat memanipulasi angka, kuantiti, dan sistem. Sekilas seperti cara kerja ahli matematika.

Biasanya anak-anak yang memiliki keunggulan di bidang ini akan memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah. Hal ini bisa orangtua perhatikan saat mereka memiliki minat dalam permainan teka-teki, menyusun angka atau kalimat, bereksperimen, bertanya, dan cekatan dalam menganalisis situasi atau orang lain.

Kecerdasan Bisa berupa visualisasi

Kecerdasan Visual Spasial

Kecerdasan Visual Spasial merupakan kemampuan seseorang dalam memahami sebuah konsep dengan cara membayangkan, mengingat, ataupun berfikir dalam bentuk visual. Biasanya orang-orang yang memiliki kecerdasan ini akan lebih mudah memahami sesuatu jika diberikan visualisasi.

Kecerdasan ini, akan mirip dengan cara kerja pelayar dan pilot. Mereka akan tahu setiap lokasi dengan jelas karena memiliki kemampuan visualisasi. Jika kamu rasa si kecil memiliki kecerdasan ini, mereka akan berorientasi seputar seni. Kemungkinan besar mereka juga akan memiliki pekerjaan yang sejenisnya.

Biasanya anak yang memiliki kecerdasan ini akan memiliki ketertarikan dalam bermain dengan playdough, lego, atau balok. Si kecil yang memiliki kecerdasan ini biasanya akan lebih unggul dalam geometri, sehingga mereka akan lebih unggul dalam membaca peta dan memvisualisasikan objek dan bangunan.

Kecerdasan Intrapersonal

Kecerdasan interpersonal merupakan kemampuan untuk memahami diri sendiri secara emosi dan, kekuatan, kelemahan, dan apa yang dapat memotivasi diri. Intinya orang-orang yang memiliki kemampuan ini memiliki kemampuan biasanya akan jauh lebih baik dalam memberikan respon yang tepat.

Orang-orang akan lebih tertarik dengan orang-orang yang memiliki kemampuan ini karena mereka akan tahu apa cara yang tepat dalam memahami orang lain. Anak-anak yang biasanya memiliki kemampuan ini akan tahu bagaimana cara atau tindakan yang tepat untuk membantu mereka.

Anak-anak yang memiliki kemampuan ini umumnya akan lebih tenang, matang, dan dapat mengelola diri mereka sendiri dengan baik. Mereka mampu mengintrospeksi diri dengan baik, memahami arti dan tujuan kehidupan yang baik, memiliki rasa percaya diri yang baik, dan stabil secara emosional. Mereka dapat memotivasi diri sendiri untuk melakukan sesuatu tanpa harus diingatkan oleh orangtua, memiliki kreativitas, dan bijaksana.

Kecerdasan kinestetik merupakan kecerdasan dimana pemahaman bisa dilakukan jika menggunakan gerakan fisik. Khususnya dalam mengekspresikan ide-ide. Anak-anak yang memiliki kemampuan ini akan menggunakan seluruh bagian dari tubuh mulai dari tangan, jari, dan lain-lain. Intinya mereka akan menggunakan seluruh aspek untuk memecahkan masalah

Kecerdasan Interpersonal

Kecerdasan Interpersonal adalah kemampuan dan keterampilan seseorang dalam membuat relasi, menciptakan relasi, dan mempertahankan relasi. Bahasa sederhananya adalah kemampuan bersosialisasi yang bisa menguntungkan kedua belah pihak dalam suatu situasi. 

Kemampuan ini juga bisa disederhanakan sebagai kemampuan untuk memahami seseorang. Dimana kemampuan ini biasanya dimiliki oleh seorang guru, psikolog, sales, atau politisi.

Biasanya anak-anak yang memiliki kemampuan ini mampu membangun koneksi dengan orang lain, mampu berkomunikasi secara efektif, dan memiliki keterampilan sosial yang baik. Intinya jika mereka menunjukan kemampuan seperti berikut berarti mereka memiliki kecerdasan interpersonal. 

Kecerdasan Kinestetik

Kecerdasan kinestetik merupakan kecerdasan dimana pemahaman bisa dilakukan jika menggunakan gerakan fisik. Khususnya dalam mengekspresikan ide-ide. Anak-anak yang memiliki kemampuan ini akan menggunakan seluruh bagian dari tubuh mulai dari tangan, jari, dan lain-lain. Intinya mereka akan menggunakan seluruh aspek untuk memecahkan masalah.

Biasanya orang-orang yang memiliki kemampuan ini akan berprofesi sebagai atlet, seni pertunjukan, penari, atau aktor. Anak-anak yang memiliki kecerdasan ini umumnya akan lebih atletis, mahir dalam berbagai olahraga dan aktivitas fisik, seperti menari, mengendarai sepeda, berenang, dan bermain sepak bola. Mereka juga memiliki keseimbangan tubuh yang baik. Mereka juga bisa mengekspresikan diri dengan baik melalui bahasa tubuh dan dapat dengan cepat meniru gerakan.

Kecerdasan Bisa Berupa Kecintaan dengan Alam dan Musik

Kecerdasan Naturalis

Kecerdasan naturalis adalah kemampuan untuk memahami dan bekerja secara efektif terutama di dunia alam. Maksudnya, orang-orang yang memiliki kemampuan ini biasanya akan menyukai topik yang berhubungan dengan akal.

Anak-anak yang memiliki kemampuan ini biasanya akan tumbuh menjadi seorang biologi, peternak, petani, ornitologis, dan koki. Biasanya anak-anak yang memiliki kecerdasan ini akan menunjukan ketertarikan kepada alam, tumbuhan, hewan, dan lingkungan. Mereka suka bermain di luar, menikmati alam, berkebun, dan pecinta hewan.

Kecerdasan Musikal

Kecerdasan musikal merupakan kemampuan seseorang dalam merangkai nada dan irama yang kemudian akan diekspresikan melalui aktivitas musik. Mereka juga memiliki kemampuan untuk menemukan dan mengenali pola, mengingat, bahkan memanipulasi yang kemudian akan terbentuk sebagai musik.

Moms pasti bisa menebaknya dari namanya, bukan? Jika anak-anak Anda pandai mengenali nada, irama, dan suara serta pandai menyanyi dan memainkan alat musik, itu berarti mereka memiliki kecerdasan musikal.

 Penulis:  FIMELA Sherly Julia Halim

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading