Sukses

Parenting

5 Tips Perawatan Kulit untuk Anak saat Cuaca Panas

Fimela.com, Jakarta Di usia anak-anak, mereka akan lebih sering untuk menghabiskan waktu bersama dengan teman-teman dan mencoba berbagai hal baru. Mereka mulai terbiasa untuk beraktivitas di luar ruangan dan mengeluarkan banyak energi untuk bermain dan bereksplorasi dengan lingkungan sekitar. Cuaca panas dan terik matahari pun seakan tidak menjadi penghalang.

Sayangnya, terlalu banyak terkena sinar matahari akan membuat anak berkeringat secara berlebihan sehingga menyebabkan infeksi kulit dan ruam. Kulit anak yang masih sensitif pun bisa dapat dengan mudah menimbulkan kerusakan lainnya akibat pancaran sinar UV yang terlalu kuat.

Untuk menghindari hal-hal tersebut, Mom bisa memperhatikan tips-tips berikut supaya kesehatan kulit anak bisa tetap terjaga di saat cuaca panas

 

1. Kulit Anak Harus Tetap Terhidrasi dengan Baik

Langkah awal yang paling sederhana yaitu membiasakan anak untuk rutin minum air putih. Mungkin terasa sulit, tetapi kebiasaan ini berperan penting untuk menyehatkan tubuh dan juga kulit. Buah-buahan yang banyak mengandung air juga bisa Mom kreasikan ke dalam air putih sebagai penambah rasa dan menarik perhatian anak. Tak lupa untuk selalu mengajak anak untuk konsumsi buah dan sayur yang kaya akan air, seperti semangka dan mentimun supaya tubuh mereka dapat terhindar dari dehidrasi. 

 

2. Hindari Jam dengan Intensitas Sinar UV yang Tinggi

Supaya tidak memperburuk keadaan kulit anak, maka Mom bisa membatasi aktivitasnya selama beberapa menit, terutama pada jam-jam dengan intensitas sinar matahari yang tinggi. Misalnya antara jam 10.00 hingga 15.00. Pada jam tersebut, Mom bisa mengajak anak untuk lebih banyak bermain dan beraktivitas di dalam ruangan, terutama ketika suhu panas yang begitu tinggi. 

3. Oleskan Sunscreen yang Aman untuk Anak

Produk sunscreen kini juga bisa diaplikasikan pada kulit anak karena mengandung bahan yang aman dan teruji secara klinis. Sudah banyak brand yang mengeluarkan produk skincare berupa sunscreen khusus untuk anak supaya kulit anak bisa tetap sehat alami. Mengutip dari American Academy of Dermatology, produk yang direkomendasikan adalah susnscreen dengan SPF 30 atau lebih tinggi. Re-apply sunscreen juga tidak hanya dilakukan pada orang dewasa lho, Mom, tetapi juga anak-anak. 

Mom juga bisa memperhatikan kandungan di dalam produk agar sunscreen dapat memberikan perlindungan yang efektif terhadap sinar UVA dan UVB. Contohnya seperti bahan aktif berupa bahan kimia yang dapat bekerja dengan menyerap sinar UV atau bahan fisik yang tetap berada di atas kulit dan mencegah sinar UV. 

4. Gunakan Pelembab untuk Anak

Selain sunscreen, produk lainnya yang bisa Mom oleskan untuk anak saat aktivitas sehari-hari adalah pelembab. Kulit anak akan terasa kering di saat cuaca sedang panas-panasnya. Cobalah untuk menghidrasi kulit anak dengan menggunakan pelembab yang ringan dan cocok untuk anak-anak. Usahakan untuk mencari bahan yang aman dan dapat memberikan perlindungan khusus, seperti kelapa dan shea butter

5. Lebih Baik Gunakan Produk Lotion Dibandingkan Spray

Produk-produk yang dapat melindungi sinar matahari akan lebih baik jika berbentuk lotion. Produk ini umumnya akan melapisi kulit secara lebih merata. Jika anak-anak menggunakan produk yang berbentuk spray, maka akan ada potensi untuk terhirup dan sangat berbahaya untuk anak. 

Semoga tips-tips di atas dapat berguna untuk mempertahakan kesehatan kulit anak selama cuaca panas, ya Mom! Selalu perhatikan aktivitas anak dengan baik dan jaga kesehatan mereka, baik kesehatan kulit maupun tubuh. 

 

Penulis : Syifa Azzahra

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading