Sukses

Parenting

Segudang Manfaat untuk Ibu dan Si Kecil Saat Bermain Bersama, Apa Saja?

Fimela.com, Jakarta Bermain adalah bagian dari proses penting tumbuh kembang anak. Tahukah Ibu bahwa sejak November 1989, Komisaris Tinggi HAM PBB menyatakan bahwa bermain adalah hak setiap anak. Selain itu, bermain juga jadi aspek penting dalam masa keemasan. Bahkan tak hanya anak yang disarankan bermain, tapi juga para ibu.

Dr. Michael Popkin, penulis seri Active Parenting, membuktikan bahwa si kecil jadi makin percaya diri saat ibu ikut bermain dengannya. Karena ibu mendampingi, anak lebih leluasa untuk mengeksplor sekitarnya dan belajar hal baru. Bermain bersama mengajarkan anak skill untuk bertahan hidup.

Riset juga mencatat kalau ibu membiarkan si kecil memilih mainannya, anak bisa belajar menentukan pilihan (decision-making skill), belajar cara berkomunikasi, meningkatkan kontrol diri atas perasaan mereka, dan lebih mudah menemukan apa yang mereka sukai.

Sayangnya, pekerjaan dan kesibukan sehari-hari membuat main tak pernah jadi bagian dari to-do list Ibu. Professional Play Coach Jeff Harry mengatakan, orang dewasa cenderung mengharapkan hasil yang pasti saat melakukan sesuatu.

“Kita selalu berpikir, ‘Buat apa main kalau nggak ada hasil dan hanya buang-buang waktu’,” ujar Harry, dikutip Selasa (19/9/2023).

Menjaga fisik dan mental ibu

Tanpa disadari, bermain bisa menjaga kesehatan fisik dan mental ibu. Saat melakukan bonding dan main bareng, tubuh menghasilkan hormon oksitosin yang membuat ibu dan si kecil jadi rileks serta bahagia.

Sentuhan antara ibu dan anak menstimulasi hormon ini untuk membentuk bonding yang lebih kuat dari sebelumnya. Untuk mewujudkan hal tersebut, Lactacyd Baby mengajak para ibu untuk ikut bermain bersama si kecil dan menciptakan ruang yang positif.

Dengan mengusung konsep Play With Your Child dalam merayakan Hari Anak Nasional 2023, ibu tidak perlu merasa takut dan khawatir. Dr. Fatimah Pitaloca selaku ahli anak, mengatakan bahwa golden age adalah masa-masa penting bagi anak untuk eksplorasi.

“Pada saat golden age, selain kebutuhan asupan gizi, untuk memaksimalkan tumbuh kembang dan mendukung aktivitas eksplorasi si kecil, orang tua juga perlu memperhatikan beberapa hal ini. Pertama, ciptakanlah lingkungan atau ruang keluarga yang damai serta positif. Hindari berteriak atau bertengkar di depan anak. Kedua, bersikaplah hangat, responsif, dan beri kasih sayang penuh," kata dia.

Dokter Pita juga ikut mengingatkan bahwa saat si kecil sedang aktif bereksplorasi, dukunglah tumbuh kembangnya dan perhatikan kesehatan serta kebersihan kulitnya, terutama setelah bermain kotor-kotoran.

Mandikan si kecil dengan Lactacyd Baby yang memiliki kandungan ekstrak susu 100% dari susu alami, Lactoserum, dan Lactic Acid. Formulasi ini teruji mampu melindungi serta melembutkan kulit si kecil. Sabun sekaligus shampo ini dapat digunakan setiap hari dan dapat digunakan dari usia newborn dengan dua varian, yakni Lactacyd Baby Gentle Care (untuk kulit sensitif) dan Lactacyd Baby Extra Milky (untuk kulit normal cenderung kering).

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading